Helo Indonesia

Jemaah Haji di Arafah Kelaparan, Putri Gus Dur Alissa Wahid Pun Dimintai Tolong

Winoto Anung - Internasional
Rabu, 28 Juni 2023 23:59
    Bagikan  
Jemaah Haji
Kemenag

Jemaah Haji - Ilustrasi. Jemaah haji di Arafah. (Foto: kemenag)

HELOINDONESIA.COM - Jemaah haji di Arafah kelaparan, jam makan tidak menentu. Mereka mengeluh lewat media sosial. Putri mantan Presiden Gus Dur, Alissa Wahid pun dimintai tolong, dan alhamdulillah, di bilang nggih (ya).

Keluhan soal makanan Jemaah haji itu seperti disampaikan akun @memangguna0, yang menyampaikan bahwa untuk makan pagi hanya diberi mie instan. Dia menyarankan, kalau pemerintah tidak mampu, ditender saja ke swasta.

:Makan pagi hanya dikasih ini (Re: foto mie instgan). Mungkin memang harus dibuka tentang pengelolaan Haji ini. Kalau kira-kira pemerintah nggak mampu ya tender saja ke swasta. Banyak yang bisa lebih baik,” tulisnya.

Keluhan lagi dari @harnadiDW, yang tidak mendapat makanan selama dua hari. Jamaah menjadi kebingungan mencari makan.

Baca juga: Polemik Pesantren Al Zaytun Dituding Pengalihan Isu Skandal Rp349 Triliun dan Kasus BTS Terkait Suami Puan

“Saya sedang di Mekkah, benar-benar hari ini konsumsi jamaah haji dihentikan. Terlepas DPR dan Kemenag, Namun hal ini membuat jamaah haji kebingungan cari makan. Mau beli sulit dan tidak ada penjual atau tidak punya uang,” tulisnya.

Alissa Wahid pun langsung menyahut, dia menanyakan kloter dan sektornya. “Kloter berapa sektor mana, pak? Menurut perencanaan kegiatan, seharusnya sudah disosialisasikan. Uang saku (living cost) sebesar 750 riyal mengandung komponen makan di waktu tidak disediakan katering. Kalau betul petugas kloter tidak mensosialisasikan, biar diberi sanksi,” ungkapnya.

Kembali, Alissa Wahid memberikan penjelasan. “Berarti ini 1 kloter bermasalah makan ya pak karena tidak ada sosialisasi? Bukan hanya sebagian? Saya bisa menghubungi Bapak di mana, untuk saya mendapat informasi selengkapnya. Kalau petugas kloter lalai, sanksinya berat pak,” kata @AlissaWahid.

Jemaah dengan akun @gabusair mengeluhkan nhal serupa. Dia makan malam sudah jam 12 malam, sudah waktunya tidur, kemudian dibangunkan diajak makan.

Baca juga: Foto Anies dan Ganjar Naik Haji Sempat Bikin Adem, Kini Ribut Akibat Foto Editan

“Di Arofah makan malam pertama jam setengah 12 saat jamaah dah pd tidur, dibangunin kelaperan rebutan. Sarapan pagi 1 porsi berdua rebutan lagi. Petugas haji larang jamaah cerita ke keluarga @AlissaWahid, tolong awasin yang benern ning haji...” tulisnya.

Alissa Wahid lnagsung menyahut nggih, artinya iya. Alissa menyatakan akan menelusuri. Ternyata ada persoalan pasokan air ke Arafah.

Nggih, ini sudah kami telusuri. Ada persoalan pasokan air Arafah sehingga dapur katering dari mashariq Saudi terganggu operasinya. PPHI mepet pihak Saudi terus & sejak pagi ada pengerjaan. Semoga segera bisa diatasi shg tidak terulang. Maturnuwun atas laporannya. Update terus ya,” ujar @AlissaWahid

Atas perhatian dan kecekatan Alissa Wahid yang juga putri mantan Presiden Gus Dur itu pun memndapat pujian dari netizen Bang Edi (@BangEdiii).

Baca juga: Ciptakan Rasa Aman Malam Takbiran, Kapolres Terjunkan Ratusan Personel

“Ssebenarnya kalau respon kayak gini tuh keren dan bikin sejuk, bukan malah membully setiap yg bersuara soal minus pada pelayanan jamaah, orang bersuara bukan buat perut sendiri kok dibully?? itu kan buat kebaikan bersama, jamaah puas, pahala penyelenggara melimpah…,” ujar @BangEdiii. (*)

(Winoto Anung)