Helo Indonesia

Menparekraf: Persiapan Fair and Expo di World Water Forum ke-10 Masuk Tahap Final

M Ridwan - Internasional
Jumat, 17 Mei 2024 17:33
    Bagikan  
Event internasional,
Ist

Event internasional, - Tema utama World Water Forum ke-10 adalah Water for Shared Prosperity atau Air untuk Kesejahteraan Bersama.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan persiapan pelaksanaan Fair and Expo yang menjadi bagian dari kegiatan "World Water Forum ke-10" di Nusa Dua, Bali, mencapai tahap akhir.

"Persiapan World Water Forum telah mencapai tahap yang sudah terfinalisasi. Kami telah melakukan beberapa update termasuk beberapa nanti akan dilakukan gladi kotor dan gladi bersih untuk memastikan event internasional ini berjalan lancar," kata Menparekraf Sandiaga usai mengikuti "Rapat Koordinasi Panitia Nasional Penyelenggaraan World Water Forum ke-10", Kamis (16/5/2024) di The Laguna, Nusa Dua, Bali.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) secara khusus mendapat tanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan Fair and Expo.

Baca juga: TN Alias AN Tersangka Kasus Timah, Rumah Mewahnya di Sumarecon Serpong Disita Kejagung

Expo akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center dan Bali International Convention Center. Sementara untuk fair akan berlangsung di kawasan Bali Collection juga Museum Pasifika.

Total akan ada 257 booth yang terdiri dari 155 booth untuk kegiatan expo dan 102 booth untuk kegiatan fair. Keseluruhan booth sudah dipastikan akan diisi oleh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya UMKM untuk melakukan promosi serta penjualan produk.

"Ini sudah dalam persiapan semuanya dan kami pastikan bahwa UMKM dilibatkan," kata Sandiaga.

Baca juga: APTIKNAS Kembali Ikut Sukseskan Taiwan Expo 2024 di JCC

Berkolaborasi dengan dengan berbagai pihak, Kemenparekraf/Baparekraf juga akan menghadirkan berbagai program dan aktivasi yang dapat dinikmati lebih dari 50 ribu peserta World Water Forum yang akan hadir.

Rangkaian kegiatan di dalamnya antara lain prosesi Melukat yang dapat diikuti oleh para delegasi. Melukat atau Balinese Water Purification Ceremony merupakan ritual adat khas Bali dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi.

Kemenparekraf/Baparekraf secara khusus juga memberikan dukungan dengan menghadirkan Indonesia Pavilion pada Expo World Water Forum 2024.

Baca juga: Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

Di dalam Indonesia Pavilion, Kemenparekraf menyediakan berbagai atraksi menarik. Seperti konten dan aktivasi gim bernama “Lokapala” dari Anantarupa yang mengangkat kebudayaan dan cerita rakyat yang sangat kental dengan unsur kearifan lokal Indonesia.

Kemudian aktivitas partisipatif virtual reality (VR) dengan konten pariwisata Indonesia bekerja sama dengan Go Virtual. Selanjutnya, penghitungan potensi dampak pelaksanaan kegiatan World Water Forum 2024 terhadap lingkungan melalui carbon footprint yang berkolaborasi dengan Jejak.in. Ada pula penjualan paket wisata low carbon/climate positive/regenerative tourism.

Kemenparekraf juga memfasilitasi dan menyediakan konten informasi mengenai UNESCO Global Geopark yang telah ada di Indonesia, yang disandingkan dengan desa wisata yang berkelanjutan. Selain itu, Kemenparekraf menyediakan planogram untuk penjualan produk UMKM ekonomi kreatif yang telah dikurasi serta penyediaan suvenir dan goodie bag Wonderful Indonesia.

Baca juga: Ajak 15 Startup ke Singapura, MenKopUKM Sebut Startup Lokal Siap Go Global

Kemenparekraf juga akan menyiapkan kunjungan bagi delegasi ke berbagai destinasi salah satunya Desa Wisata Jatiluwih yang terkenal dengan sistem subak. Subak sendiri merupakan organisasi tradisional yang mengatur sistem irigasi yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali. Jatiluwih ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada 2012.

Keseluruhan pelaksanaan World Water Forum 2024 di Bali akan sepenuhnya lekat dengan nilai-nilai budaya Indonesia khususnya Bali. Seperti pada upacara pembukaan, gala dinner, acara penutupan, akan diisi dengan ragam suguhan budaya dan kuliner khas nusantara.

"Kita harapkan para peserta akan mendapatkan kenangan yang tidak terlupakan selama di Bali. Termasuk juga kegiatan-kegiatan seperti carbon footprint offsetting yang akan kita lakukan dengan penanaman mangrove, juga trip ke Jatiluwih yang banyak peminatnya," ujar Sandiaga.

Baca juga: Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Menparekraf Sandiaga berharap dengan kolaborasi dari berbagai pihak pelaksanaan World Water Forum ke-10 dapat berjalan dengan lancar dan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi MICE kelas dunia.

"Ini 10 tahun kepemimpinan Pak Jokowi, memantapkan posisi Indonesia sebagai destinasi MICE kelas dunia. Tidak hanya Bali tapi juga Yogyakarta, Batam, juga Labuan Bajo. Destinasi MICE ini kita harapkan di pemerintahan presiden terpilih Pak Prabowo juga akan semakin ditingkatkan karena magnet dan daya tarik Indonesia sebagai penyelenggara MICE ini memiliki reputasi yang baik," ujar Sandiaga.

World Water Forum sendiri merupakan sebuah forum internasional yang menghimpun para pemangku kepentingan di bidang air. Forum global yang diselenggarakan setiap tiga tahun sejak 1997 ini mengajak semua pihak untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan praktik nyata dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Telah Dimulai, Menteri PANRB: Jangan Percaya Ada Orang Bisa Meloloskan

Tema utama World Water Forum ke-10 adalah "Water for Shared Prosperity" atau Air untuk Kesejahteraan Bersama. Pemilihan tema tersebut relevan dengan kondisi global saat ini, di mana ketersediaan air bersih masih menjadi tantangan bagi banyak negara.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Staf Ahli Pengembangan Bidang Usaha Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti; serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.