Helo Indonesia

Latih Tanding, Kalsel Beri Pengalaman Berharga Bagi Petinju Pelatda PON Jateng

Ajie - Olahraga
Selasa, 25 Juni 2024 21:30
    Bagikan  
Latih Tanding, Kalsel Beri Pengalaman Berharga Bagi Petinju Pelatda PON Jateng

Petinju Jateng bersama tim pelatih, manajer pelatda berfoto bersama tim tinju dari Kalsel di Gedung Tinju Center. Foto: pertina jtg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim tinju Jateng yang disiapkan untuk menghadapi PON XXI/Aceh - Sumut, September 2024 mendatang, menjalani latih tanding melawan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar di Gedung Tinju Center komplek Gelora Jatidiri Semarang pada Selasa sore 25 Juni 2024.

Pelatih Jateng Agus Triyono menjelaskan, saat ini petinjunya sudah memasuki fase yang harus memperbanyak uji coba. Sehingga terus dipoles dengan menambah jam tanding melalui try in maupun try out.

Baca juga: Sekitar 12 Ribu Orang Meninggal Dunia di Kendal Masih Terdata Jadi Pemilih saat Coklit

''Jujur, kami cukup kesulitan mencari lawan latih tanding di Jawa Tengah, khususnya mencari lawan yang sepadan. Hadirnya Kalsel yang melawat ke Jateng memberi pengalaman berharga bagi anak-anak agar bisa merasakan suasana bertanding,'' kata Agus.

Disinggung soal evaluasinya pada uji coba melawan petinju Kalsel saat di Gedung Tinju Center maupun di venue Pelatda Sasana Schreuder Salatiga beberapa hari lalu, Agus melihat perlu sentuhan taktik bertinju untuk menciptakan akurasi pukulan.

''Strategi bertanding belum dimainkan secara optimal. Petinju kami masih mencari-cari timing melepaskan pukulan saat di atas ring. Mereka butuh polesan, dan Ini PR bagi tim pelatih,'' ujar mantan petinju Jateng tersebut.

Baca juga: KONI Pusat Berharap Banyak Pecah Rekornas dan Rekorin di PON Aceh-Sumut

Di PON XXI mendatang, Jateng menyiapkan empat petinju yaitu Silvania Putri Ayu Nurrohmah, Ahmad Irfan, Aria Marsiana dan Burhannudin Aduraf.

Selepas uji coba, kata Agus, pihaknya bakal melakukan evaluasi dan pembenahan terhadap kekurangan petinju. Dia berharap dengan begitu setahap demi setahap para petinju Jateng ini bisa dimatangkan.

Apalagi, lanjutnya, KONI Jateng dan Pengprov Pertina Jateng memfasilitasi dengan memanggil tiga petinju untuk menjadi lawan latih tanding anak asuhnya.

Bukan Terakhir

Sementara itu, Manajer tim Tinju Pelatda Jateng Danang Adhi Kusuma berharap Kalsel bukan lawan terakhir dalam try in. ‘’Kami terus menjalin komunikasi dengan teman-teman Pertina provinsi lain dengan harapan bisa latih tanding bersama.

Selain try in, pihaknya juga berencana menggelar try out. ‘’Kami sedang menjalin komunikasi dengan beberapa pengprov untuk mencoba latihan bersama di Bogor. Kebetulan beberapa tim dari pengprov lain tengah TC juga di sana,’’ imbuhnya. (Aji)