Wujudkan Advokat Bermartabat, Ada Orasi Ilmiah Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie di Kongres KAI

Selasa, 16 Juli 2024 12:40
KNLB dan Rakernas Tahun 2024 ini mengambil tema “Mewujudkan Organisasi Advokat yang Bermartabat dan Meningkatan Kualitas Advokat di Era Didigtal”, dihadiri pengurus DPD provinsi dan advokat anggota KAI seluruh Indonesia. Foto: ist

HELOINDONESIA.COM - Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI), menggelar acara Rakernas, Kongres Nasional Luar Biasa (KNLB) dan pengukuhan kepengurusan periode 2024-2029.

Acara tersebut digelar di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto No. 18-20, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat-Sabtu 12-13 Juli 2024 kemarin.

KNLB dan Rakernas Tahun 2024 ini mengambil tema “Mewujudkan Organisasi Advokat yang Bermartabat dan Meningkatan Kualitas Advokat di Era Didigtal”, dihadiri pengurus DPD provinsi dan advokat anggota KAI seluruh Indonesia.

Baca juga: Tim KKN Tematik USM Sosialisasikan Tanggap Bencana Banjir di Kelurahan Genuksari

Untuk kepengurusan, menurut Presiden KAI terpilih Nasrullah Nawawi, tim formatur pada 13 Juni 2024 telah menyelesaikan tugas yg diberikan oleh Kongres Nasional IV KAI di Surabaya, 30 Mei 2024 lalu.

“Tim Formatur telah menyusun dan mengesahkan komposisi kepengurusan DPP KAI periode 2024-2029,” kata Presiden Nasrullah didampingi Sekjen DPP KAI, Antoni.

Pengesahan Pengurus Kepengurusan DPP KAI periode 2024-2029 tersebut telah ditetapkan, disahkan dan dibacakan pada rapat pengurus DPP KAI pada 30 Juni 2024.

Selanjutnya kepengurusan DPP KAI dilakukan pengukuhan pada 12 Juli 2024 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pilkada Pesawaran, Bawaslu Temukan 7 Pelanggaran Coklit

Berdasarkan agenda acara, sebelum pengukuhan pengurus terlebih dahulu ada orasi ilmiah yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie.

Sementara esok harinya pada 13 Juli 2024, masih di tempat yang sama juga diselengarakan Kongres Nasioanal Luar Biasa (KNLB) dengan agenda melakukan perubahan terkait masa jabatan DPD/DPC dan menghapus jabatan Dewan Pembina dalam AD/ART.

Selanjutnya akan diselenggrakan juga Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Masing-masing bidang menyiapkan program kerja untuk dipresentasikan pada Rakernas.

Presiden Nasrullah mengakui, ada beberapa hal dalam AD/ART KAI yang perlu dilakukan amandemen berkaitan dengan keberadaan DPD dan beberapa fungsi-fungsi organisasi.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala AFF U-19 2024 Digelar di Surabaya 17 Juli

“Jadi pada tanggal 12-13 Juli 2024 ini, dilakukan Rakernas untuk membahas lebih detil tentang program KAI,” katanya.

Ketua Bidang Humas dan Jaringan Medsos DPP KAI, Nur Aliem Halvaima mengatakan, saat ini KAI memiliki 28 DPD provinsi dengan jumlah anggota seluruh Indonesia sekitar 1.500-an.

"Sebelumnya juga sudah digelar rapat pengurus DPP KAI di Luxury Inn, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Minggu, 30 Juni 2024 lalu dengan tema “Melalui Rapat, Kita Tingkatkan Silaturahmi Pengurus untuk KAI Bermanfaat,” tutup Nur Aliem.



Berita Terkini