Pandawara Ungkap Maksud dan Tujuan Bersih-Bersih Pantai Sukaraja

Senin, 10 Juli 2023 14:10
Para anak muda yang tergabung dalam Pandawara saat menjelaskan masudnya bersih-bersih Pantai Sukaraja

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Tiktokers @Pandawara menyatakan tak bermaksud saling menyalahkan soal sampah Pantai Sukaraja, Kota Bandarlampung. Mereka berkeinginan menyampaikan pesan kepada pemerintah dan masyarakat agar laut bersih dari sampah karena berdampak pada biota laut dan warga tepi pantai.

"Stop, tidak saling menyalahkan dan itu bukan solusi, sebenarnya ini tanggung jawab kita bersama selama hidup di bumi untuk menjaga ekosistem," ujar Gilang mewakili empat temannya yang tergabung dalam Tiktoker @Pandawara saat bersih-bersih di pantai tersebut, Senin pagi (10/7/2023).

Dia juga tak bermaksud memviralkan masalah sampah yang menumpuk puluhan tahun di Pantai Sukaraja, Bumiwaras, Kota Bandarlampung. Tiktoker @Pandawara berkeinginan menyatukan semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan pantai.

"Kita selalu ekspose apa yang ada di Indonesia dan tidak dikurangi atau ditambah-tambahkan, Pandawara hanya ingin memberikan masukan ke pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat untuk mengimbau agar laut kita bersih dari sampah," tuturnya.

Baca juga: Viral Lautan Sampah, Wali Kota Eva Bilang Pantai Wewenang Provinsi

Gilang mengatakan pihaknya mempunyai rekan-rekan setiap daerah yang memberikan masukan adanya beberapa pantai yang dipenuhi sampah. Diakuinya, pihaknya sering diserang ketika ke pantai-pantai yang penuh sampah tapi ya terus bergerak.

"Jadi kita tidak saling menyalahkan siapa-siapa, dengan adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah setempat mari kita berusaha agar sampah di pesisir pantai ini tidak lagi menumpuk, yang bisa merusak ekosistem biota laut," tukasnya.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana dan seribuan aparatnya ikut membersihkan sampah. Forkopimda dan elemen masyarakat juga ramai-ramai berpartisipas bersih-bersih sampah di pantai.

Sebelumnya, viral unggahan Tiktokers @Pandawara yang mengundang siapapun membersihkan sampah di Pantai Sukaraja. Berdiri di atas tumpukan sampah, salah seorang mengatakan pantai Lampung terkotor kedua di Indonesia.

Baca juga: Pemkot Kerahkan 1000 Aparat Bersihkan Sampah Sukaraja 30 Menit Sebelum Tiktoker

Para anak muda itu tak bermaksud menjelekkan wajah Kota Bandarlampung. Mereka malah mengajak semua pihak berkolaborasi membersihkan tumpukan sampah di Jl. Ikan Selar, Kecamatan Sukaraja, Kota Bandarlampung, Senin (10/7/2023), pukul 07.00 WIB.

Satu per satu tim @pandwara mengajak semua pihak bersama-sama "pesta" membersihkan sampah. "Help reduce the waster that is here" tulis videonya.

Mereka anggap juga gerebek sampahnya sebagai party (pesta). Para tiktoker ini mencari 1000 relawan orang Lampung untuk menggarap sampah tersebut. "Warga Lampung lets joint in party," ujarnya.

Kelima tiktoker itu memilih konsen terhadap lingkungan. "Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban acuhnya kita terhadap lingkungan," ujar tiktoker terakhir.

Dia menilai perlu kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah Provinsi Lampung untuk menanggulangi masalah ini. Video lalu ditutup dengan pernyataan anak-anak sekitar lokasi yang menginginkan pantainya bersih. (Hajim)

Berita Terkini