Helo Indonesia

Dengan Menguasai Bola Akan Punya Banyak Tenaga, itu yang Dibutuhkan Skuad Singo Edan Menang Dipertandingan

Sabtu, 2 September 2023 11:54
    Bagikan  
PENCETAK GOL
instagram @aremaofficial

PENCETAK GOL - Dua pemain pencetak gol Arema FC, Ginanjar Wahyu (kanan) dan Charles Lokolingoy saat bermain di kandang lawan, Bhayangkara FC, Jumat (1/9/2023).

HELOINDONESIA.COM - Pelatih Arema FC, Fernando Valente membongkar kecerdikannya dalam mencarikan jalan keluar skuad Singo Edan untuk meraih kemenangan, dua kali berturut-turut, Sabtu (2/9/2023).

Teori yang diterapkan Valente untuk mencarikan jalan keluar untuk tim kebanggaan Aremania terbukti sesuai dengan keinginan yang diharapkan para suporternya.

Sudah dua laga sejak ditangani Fernando Falente, Arema FC memenangi pertandingan, yang pertama melawan Persikabo 1973 pada Senin (28/8/2023) dengan skor 1-0.

Baca juga: Punya Lima Pemain Siap Tempur, Coach Fernando Cari Jalan Keluar Mengalahkan Bhayangkara FC

Kemudian laga kedua bermain dikandang lawan, menghadapi Bhayangkara FC, Arema kembali merebut poin penuh dengan skor 0-2.

Kemenangan itu mendongkrak peringkat Arema FC yang semakin menjauh dari zona degradasi di peringkat 16 dengan 9 poin klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Sejauh ini, kejutan kedua Arema menekuk Bhayangkara FC semakin meningkatkan kepercayaan diri para pemain semain tinggi.

Semua itu tentu saja tidak lepas dari upaya pelatih baru Fernando Valente yang cukup cerdik mencarikan solusi terhadap situasi yang dialami para pemainnya.

Baca juga: Pelatih Fernando Valente, Sebut Pemain Arema Harus Banyak Menguasai Bola, Bukan Kebanyakan Berlari di Lapangan

Sejak awal Fernando Valente menekankan masa recovery skuad Singo Edan selalu kurang, dibanding masa recovery yang dilakukan lawan-lawannya.

Kandang Singo Edan yang berada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan pemain tinggal di Malang, lagi-lagi menjadi masalah serius dalam mengembalikan masa recovery para pemain Arema FC.

Bahkan ketika Arema menghadapi Persikabo 1973 lalu, masa latihan Arema FC harus terpotong satu hari karena hilang di perjalanan.

Padahal menurut Fernando dari laga satu ke laga yang lainnya para pemain membutuhkan masa recovery, untuk mengatasi masah itu Fernando mencari jalan keluar dalam memainkan bola.

Baca juga: Pelatih Arema Fernando Valente Sebut Ide-ide Baru Lebih Mudah Dijalankan Jika Meraih Kemenangan

"Maka dari itu, kita harus mengurangi lari dalam pertandingan. Itu sangat membantu saat kita menguasai bola, sehingga kita punya banyak tenaga," kata Fernando seperti dilansir wearemania.net, Sabtu (2/9/2023).

Itulah cara cerdas pelatih asal Portugal berusia 64 tahun ini, dalam memerikan solusi kepada skuad Singo Edan, agar tetap menjaga performa terbaiknya saat menghadapi lawan.

Bahkan menurut Valente salah satu kunci efektivitas serangan Arema FC hingga berbuah dua gol yang diciptakan Ginanjar Wahyu dan Charles Lokolingoy, hasil dari itu semua.

Baca juga: Alhamdulillah Arema Menang! Dibalik Rencana Liburan Fernando ke Indonesia, Mengubah Kebangkitan Singo Edan

Pelatih tak hanya sekedar memahami taktikal dan strategi dalam bermain bola saja, namun pelatih juga harus memahami ilmu pengetahuan.

Fernando kemudian mencontohkan akan teori dalam ilmu kesehatan tentang asupan oksigen ke otak manusia.

"Saat pemain tidak bisa mengontrol bola, teorinya bisa mengalami kelelahan. Ketika lelah, oksigen yang masuk ke otak menjadi sedikit, maka itu membuat pemain menjadi salah dalam mengambil keputusan," kata Fernando menjelaskan.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Teori itu kemudian yang dipahami oleh Fernando yang selanjutnya diterapkan ke situasi yang dialami para pemain Arema FC saat mengalami recovery yang kurang.

"Ini ilmu pengetahuan yang saya pahami, pasa saat itu terjadi, kita bisa kehilangan kontrol atas permaianan dengan mudah," tambahnya.

Salah satu pemain pencetak gol Arema FC, Ginanjar Wayu merasakan kemenangan itu bukan yang mudah di dapatkan oleh skuad Singo Edan.

Baca juga: Penyebab Arema FC Drop, Pelatih Fernando Valente Evaluasi Sesi Latihan Selama Homebase di Gianyar, Bali

Selama ini banyak pemain yang kelelahan, dari apa yang dipersiapkan oleh pelatih Fernando Valente selama itu.

"Banyangkara juga banyak waktu lebih untuk recovery, sedangkan kita hanya beberapa hari saja," kata Ginanjar.

Tetapi baginya itu tidak menjadi masalah berarti buat para pemain, karena setiap pemain pasti ingin kemenangan, seperti yang alami Arema FC ini.

Baca juga: Manajemen Arema Ngebet Pindah Homebase, Selain Gajayana Dulu Pernah Disebut Stadion Supriadi Blitar

Seperti kita ketahui Ginanjar Wahyudi merupakan pemain Arema yang berhasil membobol gawang Bhayangkara FC perdana dimenit ke-13, membawa Arema lebih dahulu unggul 0-1.

Sementara gol kedua diciptakan oleh Lokolingoy melalui gol yang cukup cepat pada menit 1 di babak kedua hasil assist Dedik Setiawan, hingga Arema unggul 0-2. **