Helo Indonesia

Keyakinan Pelatih Persik Kediri Menghadapi Persis Solo, Menuju Peringkat Empat Klasemen Sementara

Rabu, 21 Februari 2024 03:47
    Bagikan  
HARUS MENANG
persik official

HARUS MENANG - Pelatih Persik Kediri timnya harus menang dalam laga melawan Persis Solo, Sabtu (24/2/2024) sore

HELOINDONESIA.COM - Sejak beberapa pekan ini Persik Kediri terus meningkatkan performa timnya, untuk menghadapi Persis Solo, Sabtu (24/2/2024) sore WIB.

Pelatih Marcelo sejak beberapa pekan terakhir juga terus menggembleng anak asuhnya untuk mengembalikan stamina fisik pemain hingga mencapai 100 persen.

Hal ini dilakukan karena belum semua stamina pemain pada pada posisi terbaiknya pasca libur panjang para pemain pada bulan Desember 2023 lalu.

Baca juga: Peluang Persik Menang Lebih Besar, Empat Pemain Persis Solo Didera Cedera

Saat ini pelatih asal Brasil itu sedang bekerja keras untuk memberikan materi taktikal kepada pemain menghadapi laga di kandang lawan Stadion Manahan Solo.

Untuk menghadapi Persis Solo, pelatih Marcelo mengatakan agar pemain tidak mengangap enteng lawan dalam laga di pekan ke-25 Liga 1 2023/2024.

Hal yang paling penting dalam pertandingan adalah minyiapkan stapina, meningkatkan skill dan menguasai permain dan fokus serta bekerja keras.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu dan Yel-yel Suporter Persikmania, Jayati Persik Kediri Pasti Menang

Pelatih Marcelo sejauh ini sudah menyiapkan timnya untuk menghadapi laga melawan Persis Solo dengan berbagai persiapan yang digelar di Stadion Brawijaya Kediri.

Ada tiga tiga hal yang ingin terus diperbaiki jelang pertandingan melawan Persis yang semakin dekat dengan berbagai latihan.

Latihan yang digelar yakni menguatkan lini bertahan, mempertajam lini serang, dan memperbaiki transisi, semuanya menjadi penting dalam permainan sepakbola.

Baca juga: Tanpa Beban Bersama Persik Kediri Renan Silva Menemukan Keajaiban, Setelah Kehadiran Ze Valente yang Sering Mensuportnya

Seperti yang dikatakan Marcelo di dalam sepakbola banyak faktor yang mempengaruhi, bukan berarti tim yang menguasai permain lantas kemudian dipastikan akan menang.

Namun yang terjadi tidak demikian, apapun bisa saja terjadi atas lapangan, perbedaan sekian persen saja dapat menentukan siapa pemenangnya, itulah sepakbola.

Untuk itu Marcelo tak mau jumawa, dalam menghadapi Persis Solo, meskipun di atas kertas Persik Kediri lebih unggul, karena sejak 6 laga terakhir Persik belum pernah terkalahkan.

Baca juga: Pelatih Persik Mengeluh Kondisi Pemainnya Belum Fit 100 Persen, Sebelum Melawan Persis Sudah Harus Clear

Ini berbanding terbalik Persis Solo, belum pernah pernah memenangi laga dalam 6 laga terakhirnya, namun di laga terakhir Persis mampu bermain imbang melawan Persib Bandung.

Dengan menyebut jika di sepak bola semua hal bisa saja terjadi, yang perting bagi pemain terus fokus dan bekerja keras selama 90 menit tanpa berhenti.

Begitu juga dengan kemenangan dari tim yang bahkan tidak mendominasi jalannya pertandingan, namun di pertandingan semuanya bisa saja terjadi.

Baca juga: Jumlah Cleansheet Kiper Persik Hanya Kalah Dari Cah Kediri Asli yang Bermain untuk Borneo FC Samarinda

Oleh sebab itu latihan terus dilakukan oleh Arthur Irawan dkk, Marcelo terus memberikan motivasi dan banyak hal yang dilakukan di dalam latihan.

Dalam latihan Selasa (19/2/2024) kemarin para pemain Persik bekerja keras melakukan latihan di Stadion Brawijaya.

Dalam latihan itu, seluruh pemain ikut bergabung, yang menggembirakan tidak ada pemain yang mengalami cedera atau masalah lainnya.

Namun sayang dalam laga nanti bek andalan Persik Kediri, Al Hamra Hehanusa tak bisa memperkuat Macan Putih lantara akumulasi kartu kuning.

Baca juga: Marcelo Rospide Pelatih Terbaik Bulan Desember 2023, Momen Kebangkitan Persik untuk Terus Menang

Pelanggaran Al Hamra terjadi saat melawan Bali United, setelah Hamra melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti hingga dirinya harus menerima kartu kuning keempatnya.

Dalam hal menghadapi Persis Solo, Persik Kediri sebenarnya memiliki kemampuan cukup kuat untuk mengalahkan Persis Solo akhir pekan nanti.

Berdasarkan catatan statistik permainan Persik selalu mendominasi jalannya pertandingan, dalam urusan penguasaa bola, Persik sudah teruji.

Baca juga: Pecah Telor di Menit ke-81 Melalui Tendangan Penalti, Persik Unggul Naik Peringkat 5 Besar

Dari data statistik, seperti dilaporkan Radar Kediri, Persik diketahui berada di urutan ketiga sebagai tim dengan penguasaan bola terbanyak.

Pencapaian yang diperoleh Persik jika rata-rata mencapai 51,4 persen, artinya dalam penguasaan bola Persik memiliki kemampuan lebih.

Catatan tersebut hanya kalah dari Borneo FC dan Persija Jakarta, kedua tim tersebut mencatatkan rata-rata penguasaan bola yaitu 53,3 persen dan 53,1 persen.

Baca juga: Rahasia Menjaga Performa Tubuhnya Menu Seperti ini yang Disantap Pemain Andalan Persik Ze Valente

"Penguasaan bola adalah kunci. Kami dapat memainkan taktik jika penguasaan bola dilakukan," ujar Pelatih Persik Marcelo Rospide saat dikonfirmasi.

Berbanding terbalik dengan sang lawan, klub yang bermarkas di Stadion Manahan Kota Solo itu berada di peringkat ke-10 dengan mengoleksi 29 poin.

Dengan memiliki rata-rata penguasaan bola sebanyak 50,0 persen, meski tipis, tentu hal itu dapat menjadi penentu, namun tidak demikian di dalam sepakbola. **