Helo Indonesia

Rekam Jejak Madura United vs Singo Edan yang Loyo Menjadi Laga Berat untuk Keluar dari Zona Degradasi

Rabu, 25 Oktober 2023 16:35
    Bagikan  
DUA ASISTEN
instagram @aremaofficial

DUA ASISTEN - Dua asisten pelatih Arema FC, Nelson Leitao dan Daniel Chaves bersama Coach Fernando Valente (tengah) bersiap menjalankan program latihan Arema FC, Senin (11/9/2023).

HELOINDONESIA.COM - Dalam pekan ke-17 merupakan laga terakhir putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023 menghadirkan laga derbi Jatim antara Arema FC vs Madura United, Sabtu (28/10/2023) jam 15:00 WIB.

Madura United yang saat ini berada di peringkat ke-2 klasemen sementara sudah mendapatkan 30 poin.

Hanya terpaut dua poin dengan Borneo FC yang kini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Aremania Saat Mendukung Skuad Singo Edan

Berdasarkan rekam jejak kedua tim ini berbanding terbalik, Madura United memiliki rekam jejak dalam bertanding yang cukup bagus.

Dari 16 laga yang dijalani selama Liga 1 2023 hingga pekan ke-16 ini, Arema FC 4 kali kalah dan 9 kali menang serta 3 kali imbang.

Sementara catatan skuad Arema FC justru sebaliknya, selama yang dijalani tercatat memenangi pertandingan baru 3 kali, dengan jumlah kekalahan sebanyak 9 kali serta bermain imbang sebanyak 4 kali.

Baca juga: Target Keluar Dari Zona Degradasi Sebelum Putaran Kedua Berat Tercapai, Jurus Apalagi yang Akan Diberikan Pelatih Arema

Namun demikian Arema FC pernah bermain imbang saat menghadapi Madura United bermain di kandang lawan dengan skor 1-1 pada 7 April 2023.

Sembilan kali kemenangan yang diperoleh Madura United itu antara lain mengalahkan Persik Kediri (3-2), Persis Solo (4-3), Barito Putra (2-1), PSIS (1-0), Persija (2-0), Persikabo (3-0) Persita (3-1), Persebaya (3-0) dan PSM Makassar (2-1).

Sedangkan Madura United bermain imbang selama ini melawan, PSS Sleman (1-1), Bhayangkara FC (0-0) Persib (1-1).

Namun ada 4 kali kekalahan Madura United saat menghadapi, Rans Nusantara (3-1), Borneo FC (2-1), PSM Makassar (2-0) dan Dewa United (4-1).

Baca juga: Madura United Dibantai Dewa United di Kandang Sendiri, Benar yang Dikatakan Pelatin Jan Olde

Meski demikian laga terakhir Madura United dipermalukan Dewa United di kandangnya sendiri dengan skor 4-1, tentu ini menjadi momen kebangkitannya saat menghadapi Arema FC.

Sementara pelatih Madura United, Mauricio Souza menargetkan pada putaran pertama Liga 1 ini berada di peringkat 4 besar.

Diakhir putaran pertama ini persaingan di papan atas sangat ketat, posisinya di runner up pun bisa terancam oleh Rans Nusantara dan Persib Bandung berada di satu dan dua tingkat di bawah Madura united.

Baca juga: Sampai Kapan Skuad Singo Edan Bermain Tanpa Dukungan Penuh Suporter Aremania

Untuk itu di laga pekan ke-17 nanti Madura United bakal berusaha maksimal menghadapi laga terakhir melawan Arema FC.

Sehingga hanya kemenanganlah yang menjadi target timnya untuk tetap bertahan di posisi peringkat 4 besar klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Sedangkan berdasarkan catatan statistik hingga pekan ke-16 Arema FC mengalami kekalahan sebanyak 9 kali dari, Dewa United (0-1), Persik Kediri (2-5), Bali United (1-3), Barito (0-4), PS IS Semarang (0-2), Rans Nusantara (0-1), Persebaya (1-3), PSS Borneo (0-1) dan PSM Makassar (0-3).

Sedangkan Arema FC bermain imbang saat menghadapi, Persib Bandung (3-3), Persis (1-1), Persija (2-2), Persita (0-0).

Baca juga: Tak Mau Terpeleset, Madura United Bertekat Kembali Meraih Puncak Klasemen Sementara Liga 1 2023/2024

Kemudian Arema FC selama ini juga mengalami 3 kali kemenangan antara lain menghadapi, Persikabo 1973 (1-0), Bhayangkara FC (2-0) dan PSS Sleman (2-1).

Arema sendiri saat ini berada di pusaran zona degradasi klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023 dengan skor 13 poin di peringkat ke-16 dan dua tim lain di bawahnya Persikabo 1973 poin 10 dan Bhayangkara FC dengan 7 poin.

Untuk mengejar ketertinggalan di satu tingkat di atasnya Arema FC masih harus menghasilkan 5 poin lain, posisinya ditempat Persita Tangeran dengan 18 poin.

Baca juga: Jika Menang Melawan PSM Makassar, Selangkah Lagi Arema FC Lolos Dari Zona Degradi

Pelatih Arema FC, Fernando Valente mengungkapkan jika mental timnya saat ini sedang drop menjelang menghadapi laga melawan Madura United, besuk Sabtu (28/10/2023).

Kekalahan beruntun sebanyak dua kali membuat pengarus mental para pemain, sehingga target keluar dari pusaran zona degradasi di akhir kompetisi putaran pertama menjadi sirna.

Perjalanan Arema FC setelah menang melawan PSS Sleman kemudian menghadapi situasi sulit setelah bertemu Borneo FC dan PSM Makassar, keduanya mempermalukan Singo Edan.

Baca juga: Pelatih Madura United Sebut Hasil Imbang Melawan Bhayangkara FC, Karena Alasan ini

Namun demikian Fernando tetap optimis dapat kembali membawa penampilan lebih baik di putaran kedua Liga 1 2023/2024 nanti.

Fernando mengatakan sejak awal dirinya membangun bagaimana cara kita bermain, ia mengaku ada masalah soal fisik pemain.

"Ada masalah fisik dengan pemain, tetapi bagaimana kami harus meningkatkan itu," kata Fernando kepada wartawan di Malang, Kamis (25/10/2023).

Baca juga: Hasil Evaluasi Borneo FC Menang Secara Hasil, Arema FC Unggul di Pertandingan, Pelatih Fernando Lakukan Langkah ini

Pemain sudah mendapatkan kepercayaan saat menghadapi PSM Makassar, mereka bermain penuh selama 90 menit.

Meski demikian pada intinya menurut Fernandi ia terus bekerja keras agar Arema FC bisa tampil maksimal disetiap pertandingannya. **