Helo Indonesia

Studi: Duduk Terlalu Lama Bisa Mempersingkat Hidup Meski Anda Sudah Rutin Berolahraga

Syahroni - Ragam
Selasa, 8 Agustus 2023 19:13
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Kebiasaan dukuk terlalu lama bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Studi yang menunjukkan buruknya kebiasaan ini salah staunya dilaporkan oleh lembaga medis bergengsi, Mayo Clinic.

Menurut laporan terbaru mereka menyebutkan bahwa semakin lama Anda menghabiskan waktu duduk, semakin besar risiko Anda terkena kematian dini akibat penyakit kardiovaskulas, kanker dan diabetes tipe 2.

"Ini artinya, kalau Anda duduk selama enam jam saja, manfaat olahraga kardiovaskuler yang Anda lakukan selama satu jam di pusat kebugaran akan hilang begitu saja," jelas Dr Kevin Campbell, kardiolog dari North Carolina, yang mengamati laporan tersebut.

Frekuensi duduk yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Berikut beberapa dampak buruk akibat duduk terlalu lama untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: Waspada, Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil dalam Jangka waktu Lama Bisa Membahayakan Anda

1. Menyakiti jantung

Para ilmuwan pertama kali menyadari ada sesuatu yang terjadi dalam sebuah penelitian yang membandingkan dua kelompok serupa: pengemudi transit, yang duduk hampir sepanjang hari, dan kondektur atau penjaga, yang tidak.

Meskipun pola makan dan gaya hidup mereka sangat mirip, mereka yang duduk dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada mereka yang berdiri.

2. Dapat Mempersingkat Usia

Anda lebih mungkin meninggal lebih awal karena sebab apa pun jika Anda duduk dalam waktu lama. Tidak ada gunanya jika Anda berolahraga setiap hari atau tidak.

Tentu saja, itu bukan alasan untuk melewatkan gym. Jika Anda melakukan waktu berolahraga, waktu hidup Anda mungkin menjadi lebih singkat lagi.

3. Meningkatkan Risiko Obesitas

Bahaya duduk terlalu lama tak bisa disepelekan. Intensitas duduk berjam-jam dengan minim gerakan dapat memicu seseorang untuk terus makan hingga tak sadar berat badan sudah bertambah banyak.

Baca juga: Terungkap Ternyata Olahraga Bisa Mencegah Kanker, Begini Penjelasanya

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak maupun orang dewasa, terlebih lagi jika tidak mengimbanginya dengan olahraga teratur.

4. Melemahnya Otot

Melemahnya otot juga merupakan gangguan kesehatan yang bisa datang akibat duduk terlalu lama. Aktivitas gerak seperti berdiri, berjalan, dan menggerakkan anggota tubuh bisa mengencangkan otot, terutama otot perut.

Sebaliknya, selama duduk, otot tak terpakai sehingga dapat melemah. Mobilitas otot pinggang pun dapat berkurang karena kaku akibat terlalu lama duduk dan terbatasnya gerak.

5. Gangguan Leher dan Tulang Belakang

Selanjutnya, duduk dengan waktu yang lama juga dapat mengakibatkan gangguan leher dan tulang belakang. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang.

Selain itu, posisi duduk yang tidak benar juga dapat memperburuk kondisi ini.

Baca juga: Tak Hanya Menguatkan Jantung, Berikut 10 Manfaat Olahraga Kardio untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Gangguan Kaki

Gangguan kaki juga dapat terjadi akibat duduk terlalu lama. Di mana posisi tersebut menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi ini menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, yang dapat berakibat pada varises, bengkak pergelangan kaki, dan bahkan gumpalan darah yang berbahaya.

7. Lebih berisiko terkena Demensia

Jika Anda terlalu banyak duduk, otak Anda bisa terlihat seperti penderita demensia. Duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang semuanya berperan dalam kondisi tersebut.

Bergerak sepanjang hari dapat membantu lebih dari sekadar berolahraga untuk menurunkan risiko semua masalah kesehatan ini.