SOSOK Jusuf Hamka yang Diusung Golkar jadi Calon Pilgub Jakarta 2024 Dampingi Kaesang

Sabtu, 13 Juli 2024 19:03
Rin
Jusuf Hamka, yang juga dikenal sebagai Babah Alun Wikipedia

HELOINDONESIA.COM - Jusuf Hamka, yang juga dikenal sebagai Babah Alun, kini menjadi sorotan publik karena Partai Golkar akan mengusungnya sebagai calon dalam Pilgub Jakarta 2024, didampingi oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, yang menyatakan bahwa Golkar siap mendukung pasangan ini jika Kaesang memilih Jakarta.

Meski begitu, keputusan final akan berdasarkan survei.

"Untuk mendukung tadi Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah memalang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun," kata Airlangga seperti dikutip Helo Indomesia dari kanal YouTube KompasTV Sabtu, 13 Juli 2024.

Baca juga: Polri Gelar Kapolri Cup Shooting Championship 2024

"Jadi itu pembahasan-pembahasan, kita banyak punya waktu, tidak terburu-buru, kita akan berbasis ilmiah kepada survei," ujarnya.

Jusuf Hamka, lahir pada 5 Desember 1957 dengan nama asli Jauw A Loen atau Alun Joseph, adalah seorang pengusaha jalan tol yang juga memiliki pengalaman di dunia politik, termasuk sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

Profil Jusuf Hamka

Dia berasal dari keluarga Tionghoa terpelajar; ayahnya, Joseph Suhaimi, adalah dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dan ibunya, Suwanti Suhaimi, adalah seorang guru.

Baca juga: Dico Jawab Rumor Dipasangkan dengan Kaesang Pangarep, Begini Tanggapannya

Jusuf, yang merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara, menjadi mualaf pada tahun 1981.

Meskipun pernah menempuh pendidikan di beberapa perguruan tinggi, dia tidak menyelesaikannya karena ketidaksukaannya terhadap formalitas dalam pendidikan.

Selain sebagai pengusaha besar, Jusuf juga dikenal sebagai pendiri Warung Nasi Kuning untuk kaum duafa dan Masjid Babah Alun di bawah jalan tol Ir. Wiyoto-Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Saat ini, dia menjabat sebagai staf khusus di Kementerian Keuangan.

Berita Terkini