Helo Indonesia

Komentar AlzierJelang Pelantikan Samsudin sebagai Pj Gubernur Lampung

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Minggu, 16 Juni 2024 00:02
    Bagikan  
PILGUB LAMPUNG
Helo Lampung

PILGUB LAMPUNG - Alzier dan Samsudin (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Gubernur terpilih Alzier Dianis Thabranie yang tengah menuntut pelantikannya sejak 20 tahun lalu menyambut baik bakal dilantiknya Samsudin sebagai penjabat (pj) gubernur Lampung.

Menurut Mantan 3 Periode Ketua Golkar Lampung itu, masyarakat daerah ini patut bersyukur putra daerah asal Kabupaten Pringsewu terpilih jadi pj gubernur Lampung yang rencana dilantik di Kemendagri, Rabu (19/6/2024).

Menurut Alzier, Samsudin yang menyelesaikan S-1 dan 2 di Universitas Lampung memiliki sifat rendah hati, bisa diajak komunikasi, santun, menghormati senior, tak arogan, dan sombong. "Itu yang penting buat saya," katanya kepada Helo Indonesia, Sabtu (15/6/2024).

Dia berharap kepemimpinan Samsudin membawa angin segar dari provinsi ini. "Semoga kepemimpinan Samsudin ada perubahan-perubahan mendasar dan signifikan buat kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung. 

Menurut Sekretaris Bara JP Relly Reagen, Pesiden Jokowi telah menandatangani putusan penjabat (pj) gubernur Lampung adalah Samsudin, alumni Universitas Lampung, yang kini menjabat staf ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Rencana dilantik Rabu (19/6/2024) di Kemendagri, Jakarta, kata Sekretaris Bara JP Relly Reagen yang kini jadi staf ahli di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kepada Helo Indonesia, Jumat (14/6/2024).

Setelah dilantik, katanya, sertijab di Lampung. Sejak Rabu (12/6/2024), Lampung dipimpin pelaksana harian Sekdaprov Fahrizal Darminto setelah habis masa jabatan Arinal Djunaidi yang berakhir 12 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.

Sebelumnya, santer terdengar kandidat kuat pj gubernur Lampung adalah Lucky Agung Binarto (LAB), staf ahli Kemenkumham. Diduga, munculnya nama LAB terjadi tarik menarik antara keduanya.

Samsudin kelahiran Subang, 15 Juni 1967, lulusan sarjana Pendidikan Kimia tahun 1992 di Universitas Lampung. Pada tahun 2006, dia melanjutkan kuliah Magister Bidang Magister Pendidikan di Universitas Lampung.

Doktor Manajemen Pendidikan diperolehnya dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Karirnya, dia pernah menjabat kepala Biro Perencanaan dan Organisasi (2016), Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastruktur Olahraga (2016), Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (2018), dan hingga kini staf ahli Bidang Hukum.

Sebelumnya, 31 Mei 2024, namanya sudah masuk bursa DPRD Lampung. Selain Samsudin, nama lainnya adalah Sekprov Lampung Fahrizal Darminto dan Sekretaris Jenderal DPD RI Rahman Hadi.

Senin (10/6/2024), muncul Lucky yang konon sudah siap dengan pakaian pelantikan yang dijadwalkan Selasa (11/6/2024).Ternyata meleset, dirinya yang diusulkan oleh Kemenkumham kabarnya tergeser Syamsudin.

Anggota DPRD Lampung Yozi Rizal mengataka ada dua nama yang sama-sama kuat, yakni Lucky dan Samsudin. Namun, ia sendiri mengaku tidak tahu siapa yang bakal gantikan Arinal Djunaidi. (HBM)