Survei Terbaru Pilbup Bandung 2024 : Elektabilitas Dadang Supriatna Tertinggi 57,4 Persen

Kamis, 11 Juli 2024 17:18
Hasil Survei Dadang Supriatna istimewa

HELOINDONESIA.COM -  Lembaga survei Indonesian Political Opinion merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon Bupati Bandung di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Bandung 2024.

Hasilnya, Bupati incumbent M Dadang Supriatna meraih elektabilitas tertinggi dengan 57,4 persen mengungguli Sahrul Gunawan yang berada di peringkat kedua dengan 28,8 persen.

Survei ini merupakan survei terbaru yang dilakukan pada periode 2-6 Juli 2024 yang melibatkan 1.340 responden dan tersebar di 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung.

Baca juga: Mayoritas Masyarakat Kabupaten Bandung Nyatakan Puas Kinerja Kang DS, Pro Rakyat,

Teknik sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan multistage random sampling digunakan dalam survei ini. Margin of error diklaim +- 4% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam keterangan resminya, Indonesian Political Opinion menyodorkan tiga nama calon bupati Bandung yang dinilai memiliki elektabilitas tinggi kepada responden. Tiga nama tersebut adalah Dadang Supriatna, Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan.

Dalam survei Indonesian Political Opinion, responden ditanya "Jika hari ini dilaksanakan pemilihan Bupati Bandung, Bapak/Ib u akan memilih siapa dari nama-nama berikut ini?"

Baca juga: Lanjutkan Semangat Perubahan Kabupaten Bandung, Kang DS: Pemimpin yang Melayani dan Mendengar Keluhan Masyarakat

"Hasilnya pada skema tiga nama yang ditawarkan, posisi elektabilitas secara umum berubah. Dadang Supriatna tetap mengungguli Sahrul Gunawan dengan elektabilitas 57,4 persen. Sahrul Gunawan 28,8 persen dan Gun Gunawan di posisi ketiga 12,1 persen," bunyi keterangan Indonesian Political Opinion, Kamis (11/7/2024).

Menariknya berdasarkan hasil survei Indonesian Political Opinion, jumlah responden Kabupaten Bandung yang menyatakan tidak tahu dan tidak menjawab hanya 1,7 persen.

Berikut rincian elektabilitas calon Bupati Bandung dalam skema tiga nama yang disodorkan Indonesian Political Opinion.

Dadang Supriatna 57,4 %

Sahrul Gunawan 28,8 %

Gun Gun Gunawan 12,1 %

TT/TJ 1,7 %

Fakta lainnya yang diungkap Indonesian Political Opinion adalah mengenai tingkat keyakinan responden dalam menentukan pilihannya tersebut. Hasilnya, 39 % menjawab dengan yakin, 8 % sangat yakin, ragu-ragu 47 %, dan sangat ragu 6 %.

Survei Indonesian Political Opinion ini belum mengukur hasil survei ketika calon berpasangan. Pasalnya, hingga hari ini para calon belum mengumumkan siapa calon pasangan masing-masing untuk kontestasi Pilbup Bandung. ***

Berita Terkini