Momentum Hari Jadi Pesawaran, Bupati Dendi Ajak Berbuat Nyata

Rabu, 17 Juli 2024 14:34
Bupati Dendi pimpin upacara Hari Jadi Pesawaran ke-17/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Pesawaran, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, mengajak seluruh pihak untuk bertekad dan bertindak serta beraksi nyata agar tanggap pada tantangan dan perkembangan zaman saat ini.

Dendi mengatakan, hal itu juga menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan, untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, maju dan sejahtera lahir dan batin.

"Bagi jajaran birokrasi pemerintah kabupaten, peringatan ini harus menjadi pendorong dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, pemerintahan yang memenuhi semboyan ketika rakyat bertanya, mampu di jawab dan ketika rakyat meminta mampu di beri," kata Dendi saat memberikan sambutan pada upacara peringatan HUT Kabupaten Pesawaran di Lapangan Pemkab setempat, Rabu (17/7/2024).

Ia menjabarkan, capaian yang telah diraih jajaran Pemkab Pesawaran dan berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Pesawaran meraih capaian yang membanggakan dan banyak mendapatkan penghargaan yang diperoleh baik dalam skala provinsi maupun nasional.

Baca juga: Ketum PWI Pusat Pimpin Rapat Persiapan Launching Anugerah Adinegoro 2024

"Seperti penghargaan Upakarya Wanua Nugraha oleh Kementerian Dalam Negeri, atas Apresiasi Dalam Pembinaan Kepala Desa Juara Tingkat Regional 2016 dan 2017, Desa Terbaik Kategori Sistem Padat Karya Tunai (PKT) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI tahun 2018," ujarnya.

"Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 3 kali berturut-turut oleh Kementerian Dalam Negeri, sebagai Kabupaten Sangat Inovatif Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2023, penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN Pusat Tahun 2018 dan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Republik Indonesia tahun 2022 atas keberhasilan dalam program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana di Kabupaten Pesawaran," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, prestasi Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Tahun 2023 dari BPK RI, dengan prestasi ini Kabupaten Pesawaran berhasil mempertahankan WTP selama delapan kali berturut-turut yang diperoleh dari Tahun 2016 sampai Tahun 2023, penghargaan Parahita Ekapraya dan Penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2021.

"Lalu, Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2017 dari Ombudsman RI, Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal Kategori “Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Anggaran 2023 “ dari Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2023, penghargaan BAZNAS Award 2024 (Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik) dari BAZNAS RI tahun 2024," kata dia.

Dikatakan, untuk yang terbaru Pemkab Pesawaran telah berhasil menurunkan prevalensi stunting juga tingkat kemiskinan dan masih banyak lagi prestasi dan penghargaan yang patut disyukuri dan di banggakan.

"Pemkab Pesawaran juga telah berhasil menurunkan angka stunting sebanyak 10 persen dari tahun 2022 sebesar 25,1 persen menjadi 15,1 persen di tahun 2023 serta menurunkan tingkat kemiskinan sebesar 1,03 persen dan menjadi Kabupaten dengan tingkat penurunan kemiskinan terbanyak dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung," timpalnya.

Dendi juga mengajak untuk berdo’a agar Kabupaten Pesawaran semakin maju, makmur dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif.

"Mari, kita jadikan momentum hari jadi Kabupaten Pesawaran sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi setiap detik perjuangan dengan karya, prestasi dan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini