Mantan Bupati Demak HM Natsir Tutup Usia, Dikenang karena Kebijakan Berbusana Tradisional bagi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 07:02
Almarhum HM Natsir

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Kabar duka diterima masyarakat Kabupaten Demak. Mantan Bupati Demak HM Natsir tutup usia, pada Jumat (12/07/2024 karena sakit.

Pemakaman mantan Ketua PGRI Kabupaten Demak dan mantan Ketua Kwarcab Demak itu direncanakan hari ini pukul 10.00 di TPU Sentono Ratu Demak Bintoro.

Bupati periode 2016-2021 itu meninggal dunia setelah sempat dirawat beberapa hari di RSUD Sunan Kalijaga. Suasana duka mendalam terlihat dari banyaknya pelayat yang hadir di rumah duka Jalan Kiai Turmudzi.

Baca juga: Pecah Telur, STIN BIN Rasakan Kemenangan Final Four Proliga Usai Bungkam Bank SumselBabel

Meski sebagian masa kepemimpinannya sempat dihantam pandemi covid-19, namun tak sedikit penghargaan berhasil diraih untuk mengharumkan Kabupaten Demak. Termasuk menerapkan kebijakan mengenakan busana tradisional khas Demak bagi ASN di lingkup Pemkab Demak pada tanggal 28 setiap bulannya, sebagai upaya melestarikan budaya leluhur.

"Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Terlebih saat ini generasi muda kita banyak mendapatkan gempuran pengaruh gaya hidup modern yang sungguh dahsyat. Jika tidak segera di-'pagar' dengan menghidupkan kembali kekhasan daerah, bisa luntur khasanah budaya kita," ujarnya saat itu.

Lewat Perbup

Bahkan sebagai wujud keseriusan dan komitmen Pemkab Demak atas upaya melestarikan budaya nasional, telah diterbitkan Perbup Nomor 37/2017. Tentang aturan mengenakan seragam dinas tertentu pada hari-hari tertentu, yang satu di antaranya adalah mengenakan busana khas Demak pada tanggal 28 setiap bulannya.

Baca juga: Kemenko Polhukam RI dan BNPT Sepakat Sukseskan Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

Atas nama jajaran Pemkab Demak Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE pun menyampaikan bela sungkawa. Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, sebagaimana hasil pembangunan yang telah dilaksanakan selalu memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Demak. (Jati)

Berita Terkini