Jangan Pandang Receh Satpam, Kepolisian Membekali Ilmu Intelijen, Reserse dan Sabhara

Rabu, 10 Juli 2024 18:39
Polda Metro Jaya menggelar pembinaan anggota BPUJ di wilayah Jakarta. Ist

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Di era milenial tiap petugas keamanan (Satpam) kudu memahami ilmu intelejen, Reserse dan Sabhara. Guna bahu-membahu dengan kepolisian mewujudkan keamanan dan ketertiban warga. 

Sekaitan dengan itu, para pengelola jasa keamanan yang tergabung dalam Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) di tingkat Badan Pengurus Daerah Jakarta Raya (BPD Jaya) mengikuti pembinaan yang dilakukan Polda Metro Jaya. 

Ditbinmas Polda Metro Jaya menggelar pembinaan kepada BUJP Wilayah DKI Jakarta, bertempat di Balai Tetap Setia PP Polri di Jalan Siaga Raya, Jakarta Selatan, pada Rabu (10/7/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Badya Wijaya dan Ketua BPD ABUJAPI JAYA Komjen Pol (Purn) Mochamad Sofjan Jacoeb. Kegiatannya sendiri dikuti oleh 300 Ketua BUJP wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Tak Ada Perintah Stop, Tokoh Soksi Minta Hanan Terus Sosialisasi Bacagub

Badya mengatakan, bahwa jumlah BUJP di Wilayah DKI Jakarta sebanyak 802 organisasi. Rencana pembinaan  akan dibagi dalam tiga gelombang.

Hari ini, lanjutnya, adalah gelombang pertama pembinaan, yang diikuti sebanyak 300 Ketua BUJP Wilayah Jakarta. 

Dia katakan, selanjutnya gelombang kedua dan ketiga akan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan tempat yang ditentukan. "ABUJPI Jaya adalah salah satu badan yang menghasilkan security handal dan profesional," katanya kepada wartawan.

BUJP, lanjutnya, adalah pengemban fungsi teknis kepolisian terbatas dalam mendukung Polri mewujudkan Kamtibmas menuju Indonesia emas.

Baca juga: Jaksa Dijamin UU Ajukan Tuntutan Hukum Atas Perkara Narkoba

Badya menjelaskan, anggota-anggota BPUJI bertugas di berbagai lembaga negara, swasta dan lembaga lainnya. Mereka diharapkan mampu memberikan nuansa dan rasa aman dalam membantu tugas kepolisian.

Di kesempatan yang sama Moch. Sofjan mengatakan, karena anggota BUJP pengemban tugas kepolisian terbatas, mereka dibekali Ilmu teknis dasar kepolisian seperti Sabhara, Reserse, lalu lintas serta Intelijen.

 "Agar tidak salah bertindak dalam pelaksanaan tugas sehari-hari," ujarnya. 

Berita Terkini