Helo Indonesia

Kabakaran Hutan di Jatim Mencapai 500 Hektar, di Ponorogo Saja Terjadi di 17 Titik Kasus Kebakaran

Senin, 21 Agustus 2023 20:10
    Bagikan  
PEMADAMAN
bpbd mojokerto

PEMADAMAN - Petugas memadamkan lahan yang terbakar di kawasan hutan lindung di wilayah Kabupaten Mojokerto yang terjadi pada bulan Agustus 2023.

HELOINDONESIA.COM - Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim terdapat 500 hektare hutan dan lahan terbuka terbakar selama musim panas hingga pertengahan Agustus tahun 2023.

Kebakaran hutan dan lahan terbuka itu terjadi di 14 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah provinsi Jawa Timur.

Kebakaran yang terjadi sebanyak 54 kejadian kebakaran hutan dan lahan terbuka, titik terbanyak di Ponorogo dan Bondowoso.

Di Ponorogo menurut radio gemasuryafm.com kebakaran terjadi di 17 lokasi dalam kurun waktu selama dua bulan saja, bulan Juli dan Agustus 2023.

Baca juga: Tekab 308 Pesawaran Kejar Remaja Putri Penipuan Rp1 M Hingga Jatim

Kebakaran yang terjadi Ponorogo berada dibeberapa lokasi wilayah hutan dan lahan terbuka di 10 wilayah kecamatan.

Sepuluh kecamatan itu masing-masing adalah wilayah Kecamatan Sambit dan Sawoo merupakan kecamatan paling banyak titik kebakarannya.

Wilayah kecamatan Sambit ada 4 titik kebakaran hutan dan lahan terbuka sedangkan di wilayah Kecamatan Sawoo ada 3 titik lokasi kebakaran.

Selain itu juga terjadi di wilayah Kecamatan Jenangan dan Bungkal masing-masing terjadi dua lokasi kejadian kebakaran hutan dan lahan terbuka.

Baca juga: Gubernur Jatim Tetapkan Tarif Ojol, Dengan Standar Sebesar ini

Selebihnya terjadi di Kecamatan Balong, Sampung, Slahung, jambon, Pulung dan Mlarak, masing-masing terjadi di satu titik kebakaran.

Menurut data dari BPBD Ponorogo kebakaran terbanyak terjadi pada bulan Agustus 2023 sudah ada kebakaran sebanyak 13 kejadian, lebih banyak di banding bulan Juli 2023 lalu.

Sedangkan hutan dan lahan terbuka yang terbakar luasnya mencapai 35,5 hektar, dengan rician 21,5 hektar di hutan lindung di 10 lokasi.

Sedangkan untuk hutan rakyat jumlah lahan yang terbakar mencapai 14 hektar terjadi di 7 lokasi lokasi kebakaran.

Baca juga: Inilah Daftar Halte Pemberhentian Rute Baru Trans Jatim Mojokerto - Bungurasih Harga Tiket Lima Ribu

Berbeda dengan di Ponorogo, kebakaran hutan dan lahan terbuka di wilayah Kabupaten Bondowoso terjadi di satu blok wilayah bukit di kawasan hutan di Desa Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso dan api berhasil dipadamkan pada Kamis (10/8/2023)

Luas kebakaran hutan dan lahan terbuka di Bonwoso mencapai 35 hektare yang terjadi di blok Gunung Roti petak 91 D, 92 D dan blok kawah warung 90 A.

Kebaran di tiga petak itu, di petak 91D seluas 33,5 hektare, petak 92C seluas 0,5 hektar dan petak 90A seluas 1 hektar.

Baca juga: Alhamdulillah Angka Kematian Ibu di Jawa Timur Menurun Signifikan di Tahun 2022

Sementara kebakaran hutan dan lahan terbuka juga terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Sekitar 18 hektare hutan terbakar terjadi di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R Soerjo, Kecamatan Gondang, Mojokerto pada Rabu (16/8/2023).

Kebakaran terjadi diduga akibat ulah pemburu hewan liar, akibat adanya aktivitas pembakaran hingga merembet ke lahan Tahura R Soerjo.

Baca juga: Inilah Tujuh Kasus Kebaran Hutan Mendapat Reaksi DPRD Jatim, Belum Diketahui Penyebabnya

Sebanyak 18 hektar lahan di blok Jati Sawit area di Desa Gumeng terbakar hingga kebakaran diperkirakan terjadi sekitar 7,5 jam.

Pada awal bulan Agustus 2023 juga terjadi kebkaran lahan hutan milik perhutani seluas 1,5 hektar di Desa Sumberjati, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto dikabarkan terbakar.

Belum diketahui penyebab kebakaran ini terjadi hingga sekarang, kebakaran terjadi selama beberapa jam dan pada sore hari sudah berhasil dipadamkan. **