Helo Indonesia

Inilah Daftar Halte Pemberhentian Rute Baru Trans Jatim Mojokerto - Bungurasih Harga Tiket Lima Ribu

Edo - Nasional
Senin, 21 Agustus 2023 14:36
    Bagikan  
RUTE BARU
humas pemprov jatim

RUTE BARU - Trans Jatim rute baru Koridor II Terminal Kertajaya, Mojokerto - Terminal Bungurasih (Purabaya) Sidoarjo dibuka, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

HELOINDONESIA.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan terus memaksimalkan layanan transportasi di Jawa Timur dengan inovasi layanan publik terintegrasi.

Salah satunya dengan adanya transportasi bus antar kota jurusan Surabaya-Gresik-Sidoarjo yang disebut Trans Jatim Koridor I.

Kabar terbaru, kini Gubernur kembali membuka rute baru Trans Jatim Koridor II jurusan Mojokerto-Sidoarjo, yang dimulai dari Terminal Purabaya atau Bungurasih.

"Mudah-mudahan Trans Jatim Koridor II memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, kita akan terus memaksimalkan layanan transportasi publik," kata Gubernur Khofifah saat meresmikan terminal Kertajaya di Mojokerto, Minggu (20/8/2023).

Baca juga: Inilah Tujuh Kasus Kebaran Hutan Mendapat Reaksi DPRD Jatim, Belum Diketahui Penyebabnya

Seperti kita ketahui Koridor II Trans Jatim rute Terminal Kertajaya (Mojokerto) - Terminal Purabaya (Sidoarjo) dan Integrasi Pembayaran Transjatim dan Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMP) di Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono mengatakan armada bus yang disiapkan untuk Trans Jatim koridor II rute Mojokerto-Sidoarjo sebanyak 22 unit.

Menurut Nyono 20 armada untuk operasional, dan 2 armada untuk cadangan, dengan Kartu Multi Trip, tiketnya bisa terusan dari koridor sebelumnya, waktu maksimal 2 jam tidak usa bayar lagi.

Baca juga: Ratusan Warga Surabaya Demo Meminta PT KAI Tidak Sewenang-wenang

Untuk harga tiket Trans Jatim ditetapkan sebesar Rp5000 untuk umum dan Rp2500 untuk pelajar atau santri dan mahasiswa.

Sedang jam operasional bus Trans Jatim akan beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB, yang dilengkapi dengan teknologi dan aplikasi AJAIB atau aplikasi Jatim Informasi Bus di Google Play Store.

Sedangkan rute bus Trans Jatim Koridor II dimulai dari Terinal Kertajaya Mojokerto hingga Terminial Purabaya, Sidoarjo akan melintasi 8 halte, yakni:

1. Terminal Kertajaya Mojokerto
2. Halte Gunung Gedangan 1
3. Halte Mertex 1
4. Halte Mlirip 1
5. Halte Singkalang 1
6. Halte Bypas Barat 1
7. Halte Jabaran 1
8. Terminal Purabaya (Bungurasih) Sidoarjo

Baca juga: Beberapa Hari Buka Pendaftaran, Fakultas Kedokteran Unesa Surabaya Sudah Diserbu Ratusan Peminat

Sedangkan rute bus Trans Jatim Koridor II Terminal Bungurasih (Purabaya) - Mojokerto (Terminal Kertaja) akan melintasi halte sebagai berikut:

1. Terminal Purabaya (Bungurasih) Sidoarjo
2. Halte Bungurasih
3. Halte Krian
4. Halte Jabaran 2
5. Halte Bypass Barat 2
6. Halte Ciro 2
7. Halte Singkalan 2
8. Halte Mlirip 2
9. halte Mertex 2
10. halte Gunung Gedangan 2
11. Terminal Kertajaya Mojokerto.

Baca juga: Istri Wali Kota Surabaya Pamerkan Kawasan Dolly Dari Kawasan Merah Menjadi Hijau Kepada Tamu Asing

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono tujuan utama penambahan koridor untuk memperbaiki wajah transportasi Jatim.

Harapannya para pengguna sepeda motor, mobil ini bisa beralih naik Bus Trans Jatim yang nantinya akan terintegrasi dengan transportasi lainnya.

Nyono mengatakan, kedepan akan memprioritas lalu lintas untuk bus Trans Jatim.

Misalnya pada saat pengguna lalu lintas lain sedang lampu merah, Trans Jatim akan lewat lajur khusus.

Baca juga: Angka Stunting Jawa Timur di Bawah Standar WHO, Gubernur Khofifah Menekankan Kepada Ibu-ibu Seperti ini

Di sisi lain Nyono juga mengatakan konsepnya Trans Jatim seperti Bus Way di Jakarta bedanya kita tidak punya jalur khusus, sehingga wajar kalau ada keterlambatan 1-5 menit.

Tapi aplikasi Trans Jatim ini memberikan kepastian, bahwa bus yang kita pesan sudah sampai dimana. Ini kepastian waktu untuk menunggu sehingga Bus Trans Jatim saat ini menjadi idola.

Penambahkan, dibukanya Bus Trans Jatim Koridor II ini untuk menggantikan bus mini hijau (Surabaya – Mojokerto) yang sudah berusia di atas 25 tahun.

Kehadiran Bus Trans Jatim, tidak menyingkirkan bus Hijau, karena pengemudi bus mini hijau akan menjadi pengemudi Bus Trans Jatim, sehingga mereka tidak kehilangan pekerjaan. **