Helo Indonesia

Polsek Tamansari Terjunkan Petugas Gabungan Malam Takbiran, Guna Mengantisipasi Konvoi dan Tawuran

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 16 Juni 2024 22:18
    Bagikan  
Polsek Tamansari
Ist

Polsek Tamansari - Petugas gabungan mengamankan jalannya malam takbiran di Jakarta Barat.

JAKARTA BARAT, HELOINDONESIA.COM - Menjaga keamanan dan ketertiban warga Jakarta memang kewajiban kepolisian. Apalagi malam takbiran menjelang Lebaran Haji, Kepolisian Sektor (Polsek) Metro Tamansari mengantisipasi dengan menggelar apel gabungan pengamanan malam Idul Adha 1445 H, pada Minggu malam (16/62024).

Sebanyak 97 personil gabungan dikerahkan. "Apel digelar untuk memastikan situasi kondusif selama malam Idul Adha," kata Kapolsek Metro Tamansari Kompol Adhi Wananda kepada wartawan di Jakarta Barat.

Adhi berujar, pengamanan dilakukan dengan menerjunkan personil di lapangan. Hal itu untuk memastikan situasi dan kondisi tetap kondusif selama malam Idul Adha.

Nantinya, kata dia, personil akan bersiaga khususnya di jalan-jalan raya guna menghindari adanya kegiatan negatif yang dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Baca juga: Alumni AKABRI 1994 Gelar Reuni, Guna Ciptakan Kondisi Sejuk Jelang Pilkada 2024

Dia katakana, untuk wilayah Kecamatan Tamansari sendiri, dipastikan tidak ada kegiatan malam takbir, baik itu dari organisasi masyarakat atau organisasi lainnya. Untuk perayaan Idul Adha 2024 besok, di wilayahnya  ada sekitar 33 masjid yang akan menggelar solat Idul Adha secara serentak.

"Untuk pengamanan masyarakat yang ingin beribadah, kita sudah siapkan personil," tukasnya.

Polda sendiri telah melarang diselenggarakannya takbir keliling, konvoi dan bakar petasan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Ade Ari Syam Indradi mengimbau, untuk melakukan takbiran di masjid saja agar lebih khusuk.

Ade menjelaskan, jajarannya terus berupaya meningkatkan kegiatan kepolisian di bidang Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Untuk itu pihaknya bersinergi dengan TNI, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkannya.

Baca juga: Kepolisian Melarang Takbir keliling, Konvoi, Bakar Petasan Guna Ciptakan Kamtibmas

“Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, antara lain memberi edukasi, imbauan, patroli dialogis, pengamanan giat masyarakat hingga penegakan hukum,” ujar mantan Kapolres Jakarta Selatan ini.

Ia mengingatkan, kepada seluruh orang tua agar menjaga putra-putrinya untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Seperti konvoi, menyalakan petasan dan lain-lain saat malam takbiran guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selain itu, Ade menambahkan, polisi siap mengamankan seluruh kegiatan masyarakat sehingga tidak perlu khawatir adanya ancaman dari mereka yang bermaksud jahat.