Helo Indonesia

Percikan Api Velk Ban Penyebab Kebakaran Bus Pahala Kencana di Tol Jombang Mojokerto KM 705

Rabu, 17 April 2024 11:47
    Bagikan  
BUS TERBAKAR
tangkapan layar

BUS TERBAKAR - Bus Pahala Kencana berpenumpang 43 orang terbakar di ruas Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Rabu (17/4/2024) pagi WIB

HELOINDONESIA.COM - Penyebab kebaran bus Pahala Kencana B 7426 TK di Tolo Jombang Mojokerto akhirnya diketahui pihak kepolisian Polda Jatim, Rabu (17/4/2024).

Kebakaran bus itu terjadi di ruas Jalan Tol Jombang-Mojokerto KM 705 akibat kecelakaan tunggal saat bus mengalami pecah ban di bagian belakang, pada pukul 05:40 WIB.

Kanit PJR Jatim III Satuan PJR Ditlantas Polda Jatim, AKP Yudiyono menduga kuat kebaran bus terjadi akibat percikan yang timbul akibat gesekan velk ban yang pencah dengan aspal.

Baca juga: Berisi 24 Ribu Liter Metanol, Ban Truk Meledak Hingga Membakar Tangki Bikin Panik Pengguna Tol Jombang-Mojokerto

Berikut ini adalah kronologi terjadi kecelakaan bus hingga menimbulkan kebakaran hingga menghabiskan seluruh bagian bus sehingga hanya menyisakan kerangka bus.

Kebakaran terjadi ketika bus Pahala Kecana yang dikemudikan Ade Lili (58), warga Desa Dharmawangi, Kecamatan Tomo, Sumedang, Jabar melaju dari Bandung menuju Denpasar, Bali atau dari arah Jombang ke arah Mojokerto.

Awalnya perjalanan lancar tidak ada tanda-tanda akan terjadinya kecelakaan, namun sesampai di KM 705 A bus yang dikemudian tiba-tiba mengalami pecah ban.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Bus Wisata Asal Gunung Kidul di Tol Jombang Mojokerto

Akibat pecah ban itu pengemudi Ade berhasil menggendalikan bus hingga berhenti di jalur lambat paling kiri, namun setelah bus berhenti tiba-tiba muncul bau asap, hingga akhirnya terbakar.

Di saat bersamaan suluruh penumpang bus yang berjumlah 34 penumpang dengan seorang kernek berhasil meninggalkan bus yang terbakar, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Menurut AKP Yudiyono terjadinya kebakaran itu diduga kuat akibat velek ban yang meletus bergesekan dengan benton jalan tol, hingga menimbulkan percikan api.

Baca juga: Truk Tronton Asal Pemalang Sasak Tiga Pengendara di Jombang Seorang Remaja Tewas

"Nah, hal itulah yang menimbulkan percikan api. Dugaan awal, hal tersebut yang menimbulkan bus terbakar," ujar AKP Yudiyono seperti dilansir beritajatim.com, Rabu (17/4/2024).

Dikatakan oleh Yudiyono, jika posisi terakhir kendaraan di bahu jalan menghadap ke timur, saat kejadian arus lalu lintas lancar sementara cuaca cerah.

AKP Yudiyono memastikan dalam insiden itu tidak ada korban dalam kebakaran hebat itu.

Baca juga: Prilaku Konyol Selfie Saat Kereta Lewat Santri Jakarta Mondok di Jombang Terkapar di Pinggir Rel KA Hingga Tewas

Sopir bus, Ade Lili (58), kemudian kernet bus Supiyono (44), warga Cimahi Jawa Barat, selamat, begitu juga puluhan penumpang lainnya.

Dijelaskan setelah terbakar bus hanya menyisakan rangka atau bangkai besi, karena seluruh bagian bus terbakar habis.

"Kerugian material ditaksir mencapai Rp300 juta. Namun demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Juga tidak ada kerusakan di fasilitas jalan tol," jelas Yudiyono.

Baca juga: Geger Gengster Bacok Warga Jombang Libatkan Enam Remaja Tinggal Menangis di Kantor Polisi

Terbakarnya bus Pahala Kencana ini menambah satu kejadian kebakaran kendaraan bermotor yang sebelumnya terjadi serupa selama Mudik Lebaran 2024 di Tol Jombang-Mojokerto KM 689+200 A, Jumat (12/4/2024).

Kendaraan yang ditumpang 6 orang ini terbakar akibat korsleting listrik, kebakaran menimpa kendaraan mobil Honda Accord AG 1061 ER ini diduga akibat korsleting listrik.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena seluruh penumpang berhasil dievakuasi saat kebakaran terjadi. **