Helo Indonesia

Berisi 24 Ribu Liter Metanol, Ban Truk Meledak Hingga Membakar Tangki Bikin Panik Pengguna Tol Jombang-Mojokerto

Jumat, 8 Desember 2023 07:08
    Bagikan  
TERBAKAR
tangkapan layar

TERBAKAR - Kebakaran hebat melanda truk pengangkut 24 ribu leter metano di tol Jombang Mojokerto, Kamis (7/12/2023) malam

HELOINDONESIA.COM - Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur akibat truk tangki meledak di ruas jalan itu, Kamis (17/12/2023) hingga tengah malam.

Kemacetan terjadi akibat terbakarnya truk tangki bermuatan 24 ribu leter metanol di KM 673/350 jalur ruas tol Jombang-Mojokerto.

Kemacetan itu terjadi pukul 20:00 hingga tengah malam, karena kebakaran hebat disertai ledakan berkali-kali membuat pengendara tak berani melintas di dekatnya.

Baca juga: Tiga Kecelakaan di Jatim Terjadi Hampir Bersamaan 6 Orang Tewas, Empat Pelajar Tulungagung Terlindas Dum Truck

Tidak ada korban jiwa, pengemudi dan awak truk berhasil menyelamatkan diri, namun truk dan isinya terbakar habis tinggal bangkai rongsokan.

Kendaraan yang terhenti di tengah jalan baru bisa melintas setelah korban api reda hingga tengah malam.

"Kebakaran hebat peristiwa kebakaran terjadi di dekat exit tol Bantar," ujar Kepala Depatermen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jombang-Mojokertp, Zanuar Firmanto.

Baca juga: Banyak Pelajar di Bawah Umur Ponorogo Terlibat Kecelakaan, Lantaran Orantua Malas Mengantarkan Anak ke Sekolah

Menurut informasi kebakaran itu terjadi ketika truk tangki nopol B 9298 CIN melaju dari arah Surabaya hendak menuju ke Semarang.

Kendaraan yang dikemudikan Dedy Agustiwan (36) warga Canggu, Jetis, Mojokerto ini saat melaju berada di jalur lambat, sementara truk mengangut 24 ribu liter metanol.

Namun ketika sampai di KM 673/350 jalur B, kendaraan tiba-tiba mengalami pecah ban pada bagian belakang bagian sebelah kanan.

Baca juga: Gara-gara Pengemudi Mabuk, Terjadi Kecelakaan Beruntun Hingga Remaja Pengendara Mio Tewas Motornya Terbakar

Ledakan ban mengeluarkan percikan api, sehingga percikan api kemudian membakar ban yang lain hingga akhirnya merembet ke tangki.

Panasnya ban yang terbakar membuat metanol di dalam tangki dengan mudah tersulut hingga mengalami kebakaran dan ledakan.

Baca juga: Kecelakaan Adu Banteng Bus Eka vs Sugeng Rahayu, Karena Menghindari Warga Menyeberang, Turut Jadi Korban

Beberapa kali terjadi ledakan, beruntung kendaraan terakhir berhasil berhenti di bahu jalan.

Setelah terbakar habis truk hanya menyisakan kerangkanya saja, hingga saat ini kerangka truk sudah berhasil dievakuasi di Pos KM 684. **