Helo Indonesia

Putri Jakarta BIN Juarai Putaran Final Four Seri Pertama Proliga, Megawati Bilang Begini

Ajie - Olahraga
Minggu, 7 Juli 2024 20:33
    Bagikan  
Putri Jakarta BIN Juarai Putaran Final Four Seri Pertama Proliga, Megawati Bilang Begini

Para pemain putri Jakarta BIN melakukan selebrasi saat menerima hadiah sebagai juara final four putaran pertama

SURABAYA, HELOINDONESIA.COM - Tim putri Jakarta BIN memastikan diri sebagai juara putaran final four seri pertama usai menumbangkan Jakarta Popsivo Polwan dalam Kompetisi Bola Voli PLN Mobile Proliga 2024 pada hari terakhir di GOR Bung Tomo, Surabaya, Minggu 7 Juli 2024.

Pada laga penutupnya, Jakarta BIN mengungguli Popsivo Polwan dengan skor 3-0 (25-13, 37-35, 26-24).

Jumlah kemenangan dan nilai yang dikumpulkan Jakarta BIN sama dengan milik Jakarta Electric PLN, tetapi Megawati Hagestri dan kawan-kawan memiliki rasio set lebih baik.

Kedua tim, Jakarta BIN dan Electric PLN, sama-sama meraih dua kemenangan dan enam poin. Namun, rasio set dari Jakarta BIN 1,75. Sedangkan Electric PLN 1,200.

Jakarta BIN masing-masing menang 3-1 atas Jakarta Electric PLN dan 3-0 atas Popsivo. Sementara Electric PLN menang lawan Popsivo dan Jakarta Pertamina Enduro dengan skor sama 3-1.

Sebagai juara putaran pertama final four, Jakarta BIN berhak membawa pulang hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta.

“Hari ini kami bermain lebih solid dan kerja sama tim berjalan dengan baik. Kami juga sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan,” kata Asisten pelatih Jakarta BIN, Labib usai laga.

Pada dua pertemuan sebelumnya saat babak reguler, BIN harus mengakui keunggulan Popsivo dengan skor 0-3 dan 2-3. Pada pertemuan ketiga hari ini, BIN sudah menyiapkan strategi untuk meredam lawannya.

“Serangan mereka lebih sering lewat Voronkova dan Madison, itu yang kami antisipasi dengan blok-blok lebih kuat,” tambah Labib.

Kekuatan blok anak-anak Jakarta BIN sudah terlihat sejak awal set pertama ketika Kara Bajema, Megawati dan Myrasuci mendapatkan tiga angka beruntun dari blok untuk memimpin 8-4.

Jakarta BIN juga memanfaatkan kesalahan penerimaan bola pertama lawan untuk melakukan serangan balik. BIN menutup set pertama 25-13.

Popsivo bangkit pada set kedua dengan permainan yang lebih rapi dan serangan tajam melalui Irina Voronkova, Madison Kingdon, dan Arsela Nuari. Mereka mengimbangi tekanan Popsivo dan bisa menjaga asa hingga skor sama 24-24.

Kedua tim terlibat deuce panjang dan saling bergantian memimpin perolehan angka. BIN sempat mendapatkan set point 27-26, tetapi Popsivo menahannya 27-27.
Setelah itu, gantian Popsivo mendapatkan kesempatan menuntaskan set kedua saat unggul 32-31, namun BIN masih bisa mengejar 32-32. Akhirnya BIN mengambil set ini dengan kemenangan 37-35.

Persaingan sengit kembali terjadi pada set ketiga. Popsivo yang dalam posisi tertekan setelah tertinggal dua set berusaha menekan lawannya lewat Voronkova dan Madison.

Baca juga: 4 Tim Terbaik Akan Bertanding di Semifinal EURO 2024, Siapakah yang Akan Menuju Partai Puncak ?

Akan tetapi, pemain Jakarta BIN bermain tenang dengan pertahanan solid dan serangan tajam melalui Megawati, Kara Bajema dan Kenia Carcares. BIN mendapatkan match point 24-21.

Popsivo belum menyerah, mereka bisa mendapatkan tiga angka beruntun berkat smes Madison dan kesalahan lawan. Skor sama 24-24 dan kembali terjadi deuce.
Pemain Pembeda
Dalam situasi ini, Megawati menjadi pemain pembeda setelah smes tajamnya dari garis belakang tiga meter membawa BIN unggul 25-24. BIN memastikan kemenangan setelah Kara Bajema sukses memblok smes Madison.

“Sejak sebelum masuk lapangan kami sudah optimis bisa meraih kemenangan karena sebelumnya juga sudah mempelajari permainan lawan,” ujar Megawati Hagestri yang menyumbang 11 angka untuk Popsivo.

Baca juga: Tekuk Pertamina Enduro, Putri Electric PLN Puncaki Klasemen Final Four Proliga 2024

Sementara itu, Asisten pelatih Jakarta Popsivo Polwan, Lardi mengatakan secara keseluruhan timnya sudah bermain maksimal, tetapi lawan lebih jeli memanfaatkan kelemahan yang dimiliki timnya.

“Memang hari ini serangan kami lebih terfokus lewat dua pemain asing sehingga lawan bisa membacanya. Yang jelas, peluang masih ada dan kami akan memaksimalkan tiga laga pada putaran kedua di Semarang,” katanya.

Dalam pertandingan ini, Madison Kingdon menjadi top skor Popsivo Polwan dengan membukukan 23 angka, sementara Voronkova mencetak 22 angka. (Aji)