Pembekalan Menhan RI Kepada Capaja TNI-Polri Tahun 2024

Sabtu, 13 Juli 2024 11:25
Pertama, tentara yang unggul yang mampu mempertahankan dan melindungi negara. Ist

HELOINDONESIA.COM - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara pembekalan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri Tahun 2024, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024).

Dalam sambutannya, Menteri Pertahanan RI memberikan arahan kepada para calon perwira muda yang akan mengemban profesi mulia sebagai prajurit. Beliau menekankan bahwa para perwira harus menjadi ksatria sejati yang siap membela tanah air, karena nasib bangsa dan rakyat di masa depan ada di tangan mereka.

"Kalian sebentar lagi menjadi perwira yang artinya kalian harus menjadi ksatria yang sesungguhnya dengan membela tanah air serta nasib bangsa dan rakyat berada di pundakmu, kau di seleksi dan digembleng untuk pada saatnya kau harus membela tanah airmu," ucap Menhan.

Baca juga: WAR Diperiksa Kejaksaan Agung Sebagai Saksi Perkara Impor Gula PT SMIP 

Menhan juga menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian dari Universitas Harvard, peradaban yang mampu bertahan lebih dari 300 tahun memiliki tiga unsur utama yang selalu hadir.

Pertama, tentara yang unggul yang mampu mempertahankan dan melindungi negara.

Kedua, intelijen dan Polisi yang unggul yang dapat menjaga keamanan dan ketertiban.

Ketiga, birokrasi (ASN/civil service) yang unggul yang memastikan pemerintahan berjalan dengan efektif dan efisien. Ketiga unsur ini dianggap penting untuk stabilitas dan keberlanjutan suatu peradaban.

Baca juga: JAM-Intel dan JAM-Datun Jadi Penguji Sidang Promosi Doktor di Fakultas Hukum Universitas Indonesia 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasad, Kasal, Kasau, Kasum TNI, Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU, Gubernur Akpol, Wadanjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, Asrenum Panglima TNI, Aspers Panglima TNI, Kapuspen TNI, Wairjen TNI, serta pejabat utama TNI-Polri lainnya.

Berita Terkini