Lakukan Reformasi Pemerintahan Dalam Negeri, Mendagri Terima Penghargaan CNN Awards 2024

Kamis, 11 Juli 2024 12:44
CNN Awards 2024. Ist

HELOINDONESIA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerima penghargaan “Extraordinary Achievements in Reform of Domestic Governance” dalam ajang CNN Awards 2024 yang digelar di Ballroom The Zuri Hotel, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (10/7/2024). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Chairman sekaligus pendiri CT Corp Chairul Tanjung.

Penghargaan tersebut dianugerahkan kepada Mendagri atas prestasinya dalam menyelenggarakan reformasi pemerintahan dalam negeri, reformasi birokrasi, menata politik yang berakar budaya bangsa, memperbaiki layanan investasi, hingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ia dinilai telah melakukan berbagai terobosan yang memberikan dampak positif.

"Terima kasih banyak Pak CT (Chairul Tanjung-red), CNN, atas penghargaan ini, dan ini kami dedikasikan untuk teman-teman di Kemendagri," kata Mendagri.

Baca juga: Puspenkum Kejaksaan Agung Laksanakan Penyuluhan Hukum “JAGA DESA” di Kabupaten Halmahera Timur 

CNN Awards 2024 kali ini mengambil tema “Dari Bumi Sriwijaya, Merangkai Masa Depan Nusantara”. Berbagai penghargaan diberikan kepada para inspirator daerah khususnya di Sumsel yang telah menerapkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan praktik bisnis, sehingga dapat menjadi contoh serta inspirasi bagi pihak atau daerah lain. Apalagi, Mendagri Tito sendiri merupakan putra asli Sumsel, yang lahir di Palembang.

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan apresiasi kepada Chairul Tanjung dan CNN Awards. Pasalnya, acara ini turut membantu meringankan pemerintah dalam memberikan penghargaan terhadap berbagai sektor, baik bagi kementerian/lembaga, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga swasta.

“Harusnya pemerintah yang ngasih penghargaan, tapi Pak CT, CNN yang ngasih penghargaan. Itu apresiasi kita kepada beliau,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Tangsel Tanggung BPJS Ketenagakerjaan Ribuan Relawan Pemadam Kebakaran

Mendagri menyampaikan apresiasinya pula pada sosok negarawan almarhum Taufiq Kiemas yang telah mendapatkan penghargaan “Extraordinary Devotion to Unity and Nationalism”. Penghargaan tersebut diserahkan kepada anak Taufiq Kiemas, yang saat ini merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Mendagri menyebut, almarhum Taufiq Kiemas merupakan sahabat dari orang tua atau ayah Mendagri Tito dan pernah satu sekolah di SMA Negeri 2 Palembang. "Saya juga alumni sana, dan saya dari kecil sudah kenal sama almarhum, dan dari pangkat kapten sudah sering ke Kebagusan (rumah Taufiq Kiemas), selalu dipanggil Beliau diajak Bapak saya," tambahnya.

Baca juga: Tim Tabur Kejati Sumut dan Kejari Medan Amankan DPO Terpidana Kasus Penipuan Rp5,7 Miliar

Selain Mendagri dan Puan Maharani, acara ini turut dihadiri pula oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Penjabat (Pj.) Gubernur Sumsel Elen Setiadi, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, serta perwakilan para pemenang lainnya, baik dari Pemda maupun sektor swasta.

Puspen Kemendagri

Berita Terkini