Mabes TNI Selenggarakan Ceramah Rohani Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

Kamis, 11 Juli 2024 05:03
Ujian keimanan sekaligus menjadi sarana pembentukan akhlak dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih bermartabat. Ist

HELOINDONESIA.COM - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar kegiatan ceramah rohani dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M, bertempat di Masjid Panglima Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutannya yang dibacakan Irjen TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto menyampaikan bahwa peringatan Tahun Baru Hijriah pada hakekatnya merupakan sarana atau kesempatan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. "Sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah, hijrah itu dilakukan bukan saja karena perintah Allah SWT, tetapi juga merupakan ujian keimanan sekaligus menjadi sarana pembentukan akhlak dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih bermartabat," jelasnya.

"Makna hijrah perlu direnungkan bagi umat Islam setiap memperingati Tahun Baru Hijriah.

Landasan batin semacam ini merupakan akhlak yang resmi dibentuk dan dikembangkan agar seorang muslim mau dan mampu berhijrah dari hal yang buruk ke hal yang baik, dari yang salah menuju yang benar, yaitu perilaku yang merugikan menuju ke perilaku yang bermanfaat," tegas Panglima TNI.

Baca juga: Kapolri Minta Personelnya Tingkatkan Kinerja Untuk Jaga Kepercayaan Masyarakat

Sementara itu di kesempatan yang sama, dalam tauziahnya DR. Othman Omar Shihab, LC., M.A. yang dalam kesehariannya sebagai salah satu Dosen Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta menerangkan bahwasannya hijrah secara maknawi sebagai ujian untuk meningkatkan keimanan, perjuangan, perubahan kepada yang lebih baik, kesungguhan dalam berjuang dan kesabaran.

"Ibnu Yusuf dalam kajian filsafatnya menyampaikan, bahwa makna bersyukur hidup ini simpel, mudah, sangat sempurna kalau kita memahami lima hal, yakni belajar hidup ini untuk tidak merasa memiliki sesuatu, belajar hidup ini untuk tidak dimiliki oleh sesuatu, berbuatlah kepada sesuatu bukan karena sesuatu itu tapi karena Allah, kalau diambil jangan kecewa karena pada hakekatnya semua yang kita miliki merupakan titipan Allah dan yang terakhir siapa yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, pasti akan dikabulkan semua permintaannya," ungkap DR. Othman Shihab.

Baca juga: KPK Beri Wawasan ke Wartawan Soal Jurnalisme Data, Investigasi, dan Pencegahan Korupsi

Acara yang mengambil tema "Jadikan Semangat Muharam Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonsia Emas 2045", turut dihadiri Pejabat Utama Mabes TNI, Prajurit dan PNS di lingkungan Mabes TNI.

Berita Terkini