Perkokoh 4 Tahun Transformasi Organisasi, Pertamina Gelar AKHLAK Fest 2024

Rabu, 10 Juli 2024 06:06
AKHLAK Fest 2024 Ist

HELOINDONESIA.COM - PT Pertamina (Persero) menggelar AKHLAK Fest 2024 untuk memperkokoh transformasi perusahaan yang sudah dijalankan dalam 4 tahun terakhir.

Gelaran yang dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, 9 Juli 2024 ini dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Komisaris Utama Pertamina Simon Aloysius Mantiri, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati serta ribuan Perwira Pertamina.

AKHLAK Fest 2024 akan terus memperkuat budaya kerja AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adatif, Kolaboratif) yang telah menjadi landasan kuat dalam transformasi Pertamina menuju perusahaan energi kelas dunia.

Baca juga: Perluas Wifi Gratis, Diskominfo Berikan ke-58 PKBM se-Tangsel

Pada kesempatan ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi digelarnya acara Pertamina AKHLAK Fest 2024.

Ia juga menyebut Pertamina sebagai salah satu perusahaan yang konsisten membangun AKHLAK. “Saya sudah mungkin saya datang sudah dua atau tiga kali ke acara AKHLAK Pertamina,” ujarnya.

Erick juga berharap kepada seluruh Perwira Pertamina agar AKHLAK tidak semata dijadikan jargon, melainkan diterapkan dalam aktivitas keseharian.

Baca juga: Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono Beri Arahan pada Peserta Coaching Clinic Kepatuhan Performa Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia

“Dan saya lihat transformasi yang terjadi di Pertamina juga saya sudah lihat bagaimana people transformationnya juga terasa,” pungkas Erick.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan nilai-nilai AKHLAK harus terus diinternalisasi di dalam perusahaan agar Pertamina bisa terus memberikan kontribusi yang efisien bagi masa depan yang lebih baik.

“Kita harus ingat bahwa sebagai perusahaan energi, kita ingin menjadi katalis dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Perkuat Legitimasi Hasil Pilkada 2024, Mendagri Tekankan Pentingnya Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Jadi kalau pertumbuhan ekonominya itu 7%, maka kita harus bisa memprovide energi 1,8 kalinya atau 2 kalinya,” ujar Nicke.

Nicke menambahkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki tugas utama menjaga ketahanan dan mengamankan kebutuhan energi nasional.

Selanjutnya, tugas Pertamina melakukan dekarbonisasi dan penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan.

Baca juga: DPO AI Berhasil Diamankan Tim Tabur Kejati Sumsel

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan Akhlak Fest 2024 diharapkan menjadi perekat Perwira Pertamina Group dengan semangat One Pertamina sekaligus sebagai ajang showcase program budaya seluruh entitas Pertamina Group.

“Panduan budaya kerja AKHLAK telah mendorong keberhasilan transformasi Pertamina menjadi perusahaan yang lebih lincah, adaptif serta efisien sehingga kinerja perusahaan terus menunjukkan tren positif terutama dalam 4 tahun terakhir,” ujar Fadjar.

Budaya AKHLAK, imbuh Fadjar, akan terus diperkuat dalam mendukung inisiatif strategis perusahaan seperti penerapan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), Environmental, Social & Governance (ESG) dan transformasi digital.

Baca juga: Evaluasi Kinerja Jajaran di Semester I, Menteri AHY: Program Strategis Kementerian ATR/BPN Menyentuh Seluruh Lapisan Masyarakat

"Pertamina menjadikan AKHLAK sebagai identitas dan implementasi budaya kerja untuk mewujudkan perusahaan energi global terkemuka dan bereputasi ramah lingkungan serta memiliki tanggung jawab sosial dan tata kelola yang baik,” imbuh Fadjar.

AKHLAK Fest 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan talkshow, Perwira Award serta aktivasi kegiatan komunitas pekerja di Pertamina Group.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: Lantik 29 Pejabat Kementerian ATR/BPN, Menteri AHY Tekankan Kinerja Optimal untuk Capai Target 100 Hari ke Depan

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Berita Terkini