Perluas Wifi Gratis, Diskominfo Berikan ke-58 PKBM se-Tangsel

Selasa, 9 Juli 2024 21:07
Tak hanya PKBM yang difasilitasi internet gratis. Diskominfo telah memasang 1.063 titik gratis internet di berbagai ruang publik Ist

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus meningkatkan pemasangan internet gratis di berbagai titik. Salah satunya, pemasangan internet gratis ke 58 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin mengatakan, bahwa mekanisme pemasangan internet gratis di PKBM merupakan usulan langsung.

"Pertama sebetulnya hampir sama dengan teman-teman yang mengusulkan free internet ke kita. Jadi teman-teman PKBM mengusulkan dengan menuliskan nama dan alamat harus detail dan lengkap. Sifatnya pengajuan dulu, kalau kita langsung pasang tapi ternyata tidak dibutuhkan," ucapnya saat membuka kegiatan fasilitasi internet publik untuk PKBM Kota Tangsel, di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, pada Selasa (09/07/2024).

Baca juga: Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono Beri Arahan pada Peserta Coaching Clinic Kepatuhan Performa Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia

Bahkan beliau mengatakan free internet tersebut memiliki kecepatan sebesar 20/ Mbps, dan tahun 2025 akan ditingkatkan menjadi 50/Mbps. Sehingga diharapkan fasilitasi ini mampu memudahkan PKBM dalam kegiatan sehari-harinya.

"Jadi ini harapannya supaya PKBM terus meningkat akses digital yang sangat mudah dan kita berikan fasilitasi, sehingga PKBMnya jadi naik kelas.

Beliau juga menjamin soal keamanan kepada pengguna ketika menggunakan internet gratis. Apalagi teknis penggunaan tidak diminta memasukan nama apalagi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca juga: Perkuat Legitimasi Hasil Pilkada 2024, Mendagri Tekankan Pentingnya Tingkatkan Partisipasi Pemilih

"Tidak ada data pribadi kayak alamat atau NIK nya dan sebagainya, pasti ikhtiarnya ya aman," ujarnya.

Lebih lanjut, tak hanya PKBM yang difasilitasi internet gratis. Diskominfo telah memasang 1.063 titik gratis internet di berbagai ruang publik. Mulai dari Taman Bermain, Taman Baca, Taman Kota, Sarana Ibadah, Balai Warga, Sarana Olahraga, Posyandu dan tempat berkumpul lainnya.

"Untuk tahun depan (2025-red.) kita menargetkan 2.500 titik akan terpasang internet gratis," tutupnya.

Berita Terkini