Helo Indonesia

Logo Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Rangkaian Acara Dimulai 27 September 2023

Edo - Nasional
Minggu, 13 Agustus 2023 11:14
    Bagikan  
LOGO
gontor.ac.id

LOGO - Ilustrasi logo 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang akan dimeriahkan berbagai macam acara mulai 27 September 2023 mendatang.

HELOINDONESIA.COM - Menjelang peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo, kini panita sudah menyiapkan logo dari hasil lomba logo 100 tahun Gontor 2026 mendatang.

Meski demikian logo menyambut peringatan 100 tahun Gontor telah resmi dirilis di website resmi dan berbagai media sosial Gontor, Selasa (8/8/2023).

Ketua Umum Peringatan 100 tahun Gontor, Prof Dr KH Hamid Fahmy Zarkasyi mengatakan spirit dari logo ini adalah perjuangan tanpa kenal lelah Gontor untuk berkontribusi dalam pembangunan peradaban melalui pendidikan.

Sementara makna logo sendiri memberikan makna peringatan 100 Tahun Gontor, menggambarkan perjalanan serta ikhtiar Gontor untuk terus berpera dalam membangun peradaban, melalui pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Pesyaratan Penyertaan KTP untuk Membeli LPG Subsidi Belum Waktunya, Kelangkaan di Ponorogo Sudah Ditemukan Penyebabnya

Sedangkan logo yang ditampilkan menyambut 100 tahun Gontor ini menghadirkan pengalaman visual yang tegas, lugas, elegan sekaligus dinamis.

Dari hasil lomba logo 100 tahun Gontor kemudian panitiah memilih satu logo dari dua ratus logo yang dikirim peserta lomba logo, yang berjumlah sekitar 100 peserta.

Logo yang terpilih dengan visual angka 100 yang menonjol, bagian angka satu menggambarkan sebuah ciri khas menara masjid Gontor yang tegak diikuti angka nol dua berwarna keemasan.

Sehingga gabungan visual menara masjid dan angka nol menggambarkan angka rangkaian angka 100, yang melambangkan 100 tahun usia Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Baca juga: Begini Reaksi 492 Tenaga Honorer Ponorogo Setelah Menerima SK PPPK dari Bupati Sugiri Sancoko

Dengan angka 1 berwarna hijau merupakan ciri khas menara Gontor dan dua angka 0 berwarna emas yang terjalin sebagai simbol ketakterbatasan dan kesinambungan.

Sementara di tepi angka tersebut, melingkar warna merah, hijau dan putih, yang merupakan warna panji dan sekaligus brand colour Pondok Gontor.

Kemudian di dalam angka nol terdapat tahun berdirinya Pondok Gontor Ponorogo sejak tahun 1926 dan angka 2026 yang merupakan satu abad perjalanan Pondok Gontor.

Baca juga: Kelangkaan LPG Melon di Ponorogo, Ditanggapi Komisi B DPRD, hingga Warga Diminta Kartu Keluarga dan KTP

Sementara rangkaian kegiatan 100 Tahun Gontor akan dibuka secara resmi dengan sujud syukur pada tanggal 27 September 2023 mendatang.

Saat ini seluruh sektor di PMDG sedang mempersiapkan Peringatan 100 tahun Gontor yang acara puncaknya akan diadakan pada 2026.

Baca juga: Gempa Mengguncang Wilayah Pacitan - Trenggalek - Ponorogo Magnitudo 5,7 SR

Lomba logo
Sementara ada perjalanan yang tidak singkat hingga logo ini lahir 100 tahun Gontor lahir, melalui panita peringatan 100 tahun Gontor telah dibentuk sejak tahun 2022.

Panitia kemudian membuka sayembara pembuatan logo pada tanggal 8-18 Juni 2022 dan berhasil mengumpulkan dua ratus logo dari seratus peserta.

Tim juri kemudian mengadakan dua tahap penilaian, yang pertama dilaksanakan pada Ahad, 24 Juli 2022 dan menghasilkan 31 desain nominasi.

Baca juga: Menjelang 1 Muharam di Ponorogo Selalu Ditandai Dengan Upacara Perpindahan Kota Wetan ke Kota Tengah

Sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada selasa, 26 Juli 2022 dan menghasilkan sepuluh nominasi.

Sepuluh desain logo nominasi juara tersebut lalu diserahkan ke tim Sekretariat pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) untuk diajukan kepada Bapak Pimpinan PMDG.

Saat dilaporkan, pimpinan PMDG memilih dua logo dan meminta untuk menggabungkan dua logo tersebut dengan beberapa modifikasi dan penyempurnaan.

Baca juga: Terjadi di Ponorogo, Kuda Balap Lepas Dari Kandang Tertabrak Mobil Hingga Berakhir Kematian dan Kaki Patah

Kedua logo yang menjadi finalis itu adalah karya dari Ahmad Hilmy Luqman Al Hakim asal Karawang dan Azril Wildan Adhan dari Bandung.

Setelah melewati tiga kali revisi, pada 14 Juni 2023 pimpinan PMDG menyetujui dan menetapkan logo yang telah digabungkan, dimodifikasi dan disempurnakan tersebut sebagai logo resmi peringatan 100 tahun Gontor.

Rilis resmi logo 100 tahun Gontor adalah bagian dari persiapan menuju perayaan 100 tahun Gontor. **