Helo Indonesia

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 12 Obat Alami untuk Mengobati Sariawan di Mulut Anda

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 19 Agustus 2023 22:58
    Bagikan  
Ilustrasi
Tangkapan layar Youtube

Ilustrasi - 12 obat alami untuk mengobati sariawan.

HELOINDONESIA.COM - Jika Anda pernah merasakan sariawan, Anda pasti paham betul bagaimana rasanya sulit mengunyah, menelan, dan nyeri di sekitar area mulut.

Yah, stres memiliki peran besar dalam munculnya sariawan di mulut, bersamaan dengan malnutrisi. Memang, penyebab pasti sariawan bervariasi dari orang ke orang. Beberapa penyebab umum sariawan meliputi:

  • Kekurangan vitamin dan mineral penting dalam tubuh (B12, seng, besi dan folat).
  • Sebagai respon terhadap bakteri di dalam mulut.
  • Kepekaan terhadap makanan yang mengandung asam seperti lemon, nanas, stroberi atau makanan asam lainnya.
  • Intoleransi terhadap gluten dapat memicu pembentukan sariawan.
  • Pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate dapat menyebabkan pembentukan ulkus.

Baca juga: Cegah Keriput Hingga Obati Jerawat, Berikut Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda

Selain itu, ada beberapa jenis sariawan juga yang patut Anda ketahui, yaitu:

  • Sariawan minor, yakni jenis yang paling umum yang bisa menimbulkan nyeri, tapi bisa hilang dengan sendirinya tanpa bekas dalam waktu 1-2 minggu
  • Sariawan mayor, yakni sariawan dengan gejala yang lebih parah dan baru hilang dalam waktu 4 minggu dengan bekas luka di dalam mulut
  • Sariawan herpetiformis, yakni jenis yang paling jarang, ditandai dengan benjolan-benjolankecil berkelompok dengan rasa nyeri yang parah saat makan atau berbicara.

Umumnya, banyak obat untuk mengatasi sariawan di pasaran. Namun demikian, ada juga beberapa cara alami untuk menobatinya. Dengan beberapa obat rumahan ini, sariawan bisa segera pergi.

1. Madu

Madu bisa menjadi obat yang efektif untuk sariawan. Oleskan madu pada sariawan Anda dan dia akan bekerja dengan sendirinya.

Untungnya menggunakan madu, jika tertelan tidak akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda.

Madu memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu memperbaiki luka terbuka dengan cepat. Madu juga melindungi area tersebut dari infeksi.

Baca juga: Sudah Diteliti, Berikut 6 Obat Alami untuk Mengatasi TBC yang Mudah Dijumpai di Sekitar Rumah Anda

2. Soda Kue

Ambil soda kue dan air dalam jumlah yang sama. Campur hingga terbentuk pasta kental. Oleskan pasta ini ke sariawan dan biarkan mengering. Setelah campuran mengering, bilas mulut Anda dengan air dan kumur juga. Ini harus dilakukan tiga kali sehari.

Soda kue sebenarnya adalah senyawa kimia bernama natrium bikarbonat. Senyawa ini digunakan dalam banyak larutan pembersih rumah.

Ini juga bertindak sebagai salah satu obat sariawan terbaik, karena dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan. Soda kue menetralkan asam yang terbentuk oleh tukak, yang pada akhirnya mengobati kondisi tersebut.

3. Minyak kelapa

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan sariawan dan diamkan. Anda juga bisa mengaplikasikannya saat akan tidur di malam hari.

Mirip dengan madu, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba yang membantu mengurangi sariawan secara alami. Senyawa yang sama juga bertindak sebagai pengobatan anti-inflamasi dan analgesik untuk sariawan Anda.

4. Air garam

Campurkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Sekarang berkumurlah secara menyeluruh menggunakan cairan ini. Setelah selesai, Anda bisa berkumur dengan air biasa untuk menghilangkan rasa asin di mulut.

Dengan menggunakan prosedur ini, Anda dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang Anda alami selama sariawan. Sifat antiseptik garam sudah dikenal luas.

Baca juga: Jangan Panik, Berikut Pertolongan Pertama pada Sengatan Lebah dan Bahan Alami untuk Mengobatinya

5. Pasta gigi

Siapa yang tahu bahwa pasta gigi sederhana juga dapat membantu melawan sariawan? Namun, setiap pasta gigi yang baik mengandung sifat antimikroba yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri sariawan.

Oleskan pasta gigi di sariawan Anda. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Namun, mengoleskan pasta gigi pada sariawan bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit ini bisa diimbangi dengan mengoleskan gel lidah buaya di tempat tersebut.

6. Jus Jeruk

Jeruk adalah sumber Vitamin C yang bagus, yang dapat mencegah dan membantu sariawan. Namun, mengonsumsi jeruk utuh mungkin akan sulit dilakukan saat Anda menderita sariawan. Obat yang bagus untuk sariawan adalah minum dua gelas jus jeruk segar setiap hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Selain itu, Vitamin C dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, memungkinkan tubuh mereka untuk melawan semua jenis infeksi dan penyakit.

Baca juga: 13 Obat Alami untuk Mengatasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening yang Terjadi Karena Infeksi

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh digunakan dalam berbagai pengobatan alami, termasuk sakit gigi dan sariawan. Dalam kasus sariawan, ambil sepotong kecil kapas dan oleskan minyaknya langsung ke sariawan.

Ingatlah untuk membilas mulut Anda dengan air hangat sebelum mengoleskan minyak cengkeh. Ini akan membersihkan permukaan daerah sariawan.

Cengkeh mengandung sifat eugenol dan antimikroba yang membantu mengatasi semua masalah mulut. Rasa sakit dan peradangan juga diobati dengan mengoleskan minyak ini.

8. Santan

Gunakan santan untuk berkumur saat Anda menderita sariawan. Ini adalah salah satu obat terbaik untuk sariawan. Ketika diulang tiga sampai empat kali setiap hari, Anda akan merasakan efek menenangkan dan juga mengurangi rasa sakit yang berasal dari sariawan Anda.

9. Kunyit Bubuk

Selain melawan infeksi, kunyit juga efektif melawan peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Produk ini juga memiliki sifat antimikroba.

Ambil sedikit bubuk kunyit dan sedikit air. Campur untuk membentuk pasta kental. Oleskan pasta ini pada sariawan setiap pagi dan sore hari.

Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan benar. Anda harus segera mulai memperhatikan perbedaannya.

Baca juga: Jangan Dulu Minum Obat, 10 Cara Alami Berikut Bisa Mengatasi Masalah Gangguan Tidur Anda

10. Bawang putih

Senyawa Allisin yang ada dalam bawang putih menjadikannya antimikroba, yang membantu melawan berbagai infeksi. Untuk menggunakan bawang putih, potong satu siung menjadi dua dan oleskan pada sariawan selama satu atau dua menit.

11. Jus Kubis

Rebus kubis mentah dan haluskan sekali setelah direbus secukupnya. Minumlah jus ini tiga sampai empat kali setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.

Kubis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit di mulut Anda, memungkinkan Anda untuk mengonsumsi makanan padat dengan mudah, meskipun Anda mungkin menderita sariawan yang parah.

12. Cuka Sari Apel

Ambil satu sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan setengah cangkir air hangat. Ambil larutan ini di dalam mulut Anda dan bilas dengan itu.

Terus ulangi selama satu atau dua menit. Setelah ini selesai, bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan air biasa. Anda bisa terus mengulanginya setiap pagi dan sore, sampai maag sembuh.

Cuka sari apel memiliki sifat anti-bakteri yang akan membunuh kuman penyebab sariawan. Obat alami ini juga akan mempercepat pemulihan Anda.