Edarkan Uang Palsu, Kontraktor Ready Mix Wang Ming Masuk Penjara

Kamis, 14 Maret 2024 11:16
Koh Wang Ming, uang Palsu, dan rekan kerjanya saat tertangkap di Lampura (Foto Screenshot/Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Terungkap, kontraktor ready mix yang videonya viral karena membeli BBM jenis solar eceran pakai uang palsu ternyata warga Surabaya, Jawa Timur. Dari mobilnya, ada 25 juta uang palsu. Dia tinggal di Kabupaten Lampung Tengah. 

Sang kontraktor membeli solar pakai uang palsu di Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Selasa (12/3/2024). Setelah pemilik kios tahu uang palsu, Edison mengejar pelaku dan berhasil ditangkap di Desa Tanjungwaras, Bukit Kemuning.

Dari dalam mobil Toyota Inovanya, warga menemukan Rp25 juta uang palsu pecahan Rp100 ribu hingga Rp20 Ribu. Mereka lalu menggelandang tersangka ke Mapolres Lampung Utara, Polda Lampung. Rekan kerjanya bebas, Dizy bebas karena tak tahu yang itu palsu. 

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadillah Astutik mengatakan tersangka bernama Joko Hadianto alias Wang Ming. Dia berdalih tidak mengetahui jika uang itu palsu. Setelah mobilnya digeledah, banyak uang palsu pecahan Rp100 ribu, Rp 50 ribu dan Rp 20 ribu.

Untuk sementara, dia mengaku mendapatkan uang palsu itu dari beli di pasar di Kabupaten Lampung Tengah. Nilainya, Rp3, 5 juta uang asli dapat Rp15 juta uang palsu. 

Usai ditemukan barang bukti tersebut, Joko Hadianto dibawa ke Mapolres Lampung Utara untuk dilakukan pemeriksaan. Dia dijerat dengan Pasal 36 Undang-undang Republik Indonesia nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang Palsu.(HBM)

 - 

Berita Terkini