Pemangkasan Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Jadi Rp7.500 Per Porsi, Netizen : Gimana Mau Nyiapin Generasi

Kamis, 18 Juli 2024 05:41
Rin
(Instagram Airlangga Hartarto) Foto : Tangkapan Layar

HELOINDONESIA.COM -  Anggaran program makan bergizi gratis yang diusulkan untuk dipotong menjadi Rp7.500 per porsi menimbulkan kontroversi.

Program ini awalnya dialokasikan Rp71 triliun oleh presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, dengan janji sebesar Rp15.000 per porsi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa anggaran program ini akan disesuaikan secara fleksibel.

“(Anggaran makan bergizi gratis) dalam RAPBN masih sama,” kata Airlangga.
Karena keterbatasan anggaran dan perubahan penggunaan, harga makanan untuk setiap anak diprediksi turun menjadi Rp7.500 per porsi.

Baca juga: 2 Kandidat Ketua Faperta Unila, Bersaing Atau Kolaborasi Senior-Yunior

Ekonom Sekuritas, Heriyanto Irawan, mengungkapkan bahwa setelah dikaji, anggaran sebesar Rp71 triliun akan membuat biaya makanan per hari bisa lebih hemat dari Rp15.000, mungkin menjadi Rp9.000 atau Rp7.500. Pernyataan ini dikutip dari kanal Youtube Mandiri Investasi.

“Setelah dikomunikasikan angka Rp71 triliun, tim ekonomi presiden terpilih memikirkan apakah biaya makanan per hari itu bisa diturunkan lebih hemat dari Rp15 ribu ke Rp9 ribu atau Rp7.500. Bisa kita pahami tentunya mereka mau program itu menyentuh lebih banyak rakyat,” ujar Heriyanto.

Penurunan anggaran per porsi ini menuai kritik dari publik, terutama netizen di media sosial X, yang menilai bahwa angka tersebut terlalu rendah untuk makanan bergizi.

Baca juga: 2 ASN Garap Sendiri Proyek Perencanaan Rp1,7 M Tahun 2017-2020 di Lampura

“Kalau cuma segitu/Anak, Makan Bergizi Beli apa ? Mendingan Programnya diganti, Menjadi

"Tabungan Anak Didik" Perhari Dapat Rp.7500/Anak”

“Cukuplah..nasi uduk 1 porsi plus bawangvgoreng, sambel sama krupuk TAPI tanpa ada embel2 bergizi..cuma cukup kenyang doangan”


“nasi uduk/kuning, pake telor aja emak gue jual 12 ribu ini 7000 cmn dpt nasi+gorengan 1 doang”

“Hak Tumbuh Kembang di hargain Rp. 7500,- sama yg katanya paling peduli sama rakyat. Padahal anggaran 71T, kalo di kurangin operasional 20% aja per anak harusnya masih dapat jatah 700rb an buat program makan siang gratis.Gmn mau nyiapin indonesia emas?”

Berita Terkini

Nonton Film Sekawan Limo Full Movie

Film • 3 jam 23 menit lalu