Omahe Opa Waterpark Kendal, Serunya Bermain Ombak dan Spot Selfie Keren di Atas Bukit

Minggu, 7 Juli 2024 15:40
Keindahan Omahe Opa di Patean Kendal dengan ragam wahana air, spot selfie unik, dan cottage. Rombongan wisatawan dari Kelurahan Cangkiran berpose bersama di Omahe Opa. Foto: Istimewa/Aji

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - ''Saya suka berjalan karena itu menjernihkan pikiranmu, memperkaya jiwa, menghilangkan stres, dan membuka matamu ke dunia yang sama sekali baru,''

Petikan kalimat inspiratif dari ahli kesehatan Claudette Dudley terlihat di salah satu sudut di wisata Omah'e Opa Waterpark di Dusun Pakeman, Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Narasi itu mengirim pesan, betapa bermanfaatnya jalan kaki, apalagi untuk melangkah ke tempat wisata baru nan indah.

Omahe' Opa atau diartikan ''Rumahnya Kakek'' adalah destinasi wisata keluarga di Patean Kendal yang terletak di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Wisata seluas 17 hektare ini dinamai Omah'e Opa diambilkan dari kisah hidup sang owner dr H Utomo DS Sp OG bersama istri, anak, dan cucu. Dia adalah tokoh, pengusaha, juga pemilik RS Permata Medika Ngaliyan Semarang dan RS Permata Bunda Purwodadi.

Baca juga: Wisata Kuliner Londer di Kendal, Healing sambil Nikmati Menu Tradisional di Tengah Alam Pedesaan

Menjelajahi Omah'e Opa, kita serasa berada di taman luas dengan aneka spot pilihan yang menarik. Ya, di sini tersedia wahana air seperti kolam ombak buatan, kolam renang semi olympic, spot selfi yang keren, flying fox, arena outbound serta arena camping atau berkemah dengan lanskap hijaunya alam perbukitan.

Wisatawan pun dijamin betah, karena tersedia tersedia rumah joglo, cottage dengan harga terjangkau, dormitory (asrama) yang berisi 14 bed dan kafe, restoran, Ruang Pertemuan (Meeting, Gathering, Komunitas, event, dll) dan fashion outlet. Pengunjung pun dibuat nyaman dengan area parkir yang luas, tempat mandi, ruang ganti yang bersih serta masjid.

Karyawan pemasaran Omah'e Opa, Setiawan Nugraha menjelaskan, wisata yang sudah beroperasi dua tahun ini memang didesain one stop tourism and entertainment. Artinya, dengan sekali datang, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang ditawarkan.

Tak hanya itu, konsep pariwisata MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) telah diterapkan, dengan adanya acara pentas jathilan (kuda lumping), wisuda sekolah, pertemuan kedinasan, gathering instansi di sekitar Karesidenan Semarang.

''Jadi setiap pengunjung ke sini, apa pun ada. Valuenya di situ. Kalau kolam renang di mana-mana ada, penginapan, outbound, wisata edukasi juga begitu. Tapi yang memadukan itu, semua ada di sini,'' ujar karyawan pemasaran Omah'e Opa, Setiawan Nugraha saat ditemui Sabtu 6 Juli 2024.

Menurut pria enerjik yang akrab disapa Wawan itu, wisatanya pihaknya bersyukur pada musim liburan sekolah saat ini, wisatanya ramai dikunjungi. Wisata ini buka pukul 08.00 - 17.30 saat weekday (hari biasa), dan pukul 07.00 - 18.00 WIB saat weekend (Sabtu-Minggu-Hari Libur).,

Menurutnya, sejumlah tokoh penting pernah singgah ke wisata ini, diantaranya Menparekraf Sandiaga Uno. Tempat rekreasi yang masuk wisata Jawa Tengah ini juga pernah disambangi sejumlah turis asing dari India, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Inggris.

Harga Tiket

Berwisata ke Omah'e Opa, untuk harga tiket masuknya baik weekday  dan weekend  sama yaitu 15 ribu, tapi hanya masuk area dan spot selfie. Untuk paket terusan dikenakan Rp 35 ribu, di mana wisatawan selain masuk area dan berswafoto, bisa masuk 3 kolam renang, yaitu kolam ombak, arus, dan semi olympic dengan kedalaman 1 meter, 1,3 meter dan 1,7 meter.

Hal menarik dari Omah'e Opa adalah tersedianya tiga kereta berkapasitas 17 orang yang siap mengantar pengunjung mengitari spot-spot yanga ada di wisata ini. Dengan membayar tiket Rp 5 ribu/orang, pengunjung akan dipandu menyaksikan panorama area wisata, semisal lokasi camping ground, spot selfie, dan deretan cottage satu lantai, dan dua lantai serta family cottage yang menyerupai i villa.

Salah satu wisatawan dari Kota Semarang, Evi yang memimpin rombongan ibu-bu Dasa Wisma ''Jahe 1'' Kelurahan Cangkiran itu mengaku sudah tiga kali ke Omah'e Opa. Menurutnya, sebagai destinasi wisata keluarga, tempat ini recommended.

''Tempatnya nyaman. Airnya kolam renang juga segar bikin anak-anak kerasan. Mereka suka berlama-lama karena bisa berselancar, bermain ombak, dan mandi busa. Pokonya keren deh,'' ujar ketua Dawis ini.

Pengunjung lainnya, Budi, pun menilai, keunggulan wisata ini adalah lengkapnya wahana yang ditawarkan. Dia menyarankan agar wisatawan bawa pakaian ganti (jika ingin menikmati berenang di atas bukit), dan siapkan kamera pribadi karena banyak spot foto menarik di Omahe Opa Waterpark Kendal.

Baca juga: Curug Sewu Kendal Suguhkan Spot Wisata Alam Curug Pelangi di Pagi Hari

Untuk menuju Omah'e Opa, wisatawan bisa melakukan perjalanan dari Bundaran Sukorejo – Curug Sewu – Manggung – Dusun Pakeman, Patean. Jika dari Kota Semarang, maka lajukan kendaraan Anda menuju ke Ngaliyan – BSB City – Cangkiran.

Begitu sampai di Terminal Bus Cangkiran Semarang, lalu ambil arah ke kanan menuju ke Boja. Selanjutnya menuju Singorojo - Patean – Sidodadi hingga sampai ke lokasi dengan jarak tempuh 15 km. (Aji)


Berita Terkini