Asisten Google Mendapatkan Peningkatan dari AI Generatif Bard, Mampu Menghasilkan Gambar, Suara, dan Teks

Sabtu, 14 Oktober 2023 14:22
AI Bard berkomunikasi dengan gambar, suara, dan teks screenshot of youtube

HELOINDONESIA.COM - Asisten Google saat ini menjadi asisten virtual terbaik di pasar, tetapi Google ingin menjadikannya lebih pintar dengan menggabungkan kemampuan AI generatif Bard, yaitu model bahasa besar yang dapat menghasilkan dan berkomunikasi dengan gambar, suara, dan teks.

Asisten baru yang disebut "Asisten dengan Bard" akan membantu pengguna dengan berbagai tugas, seperti merencanakan perjalanan, menemukan email, membuat daftar, dan menulis postingan sosial.

Para pengguna dapat berinteraksi dengan Asisten dengan Bard melalui suara, teks, atau gambar.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Sering Berada di Depan Layar

Selain itu, Asisten dengan Bard akan sadar konteks, yang berarti mereka dapat memahami maksud pengguna dan mampu memberikan respon yang sesuai dengan menggunakan input dari sensor perangkat Android, seperti kamera, suara, atau deteksi kehadiran.

Misalnya, pada perangkat Pixel, pengguna dapat memunculkan Asisten bersama Bard pada bagian atas foto untuk mendapatkan bantuan kontekstual untuk tugas pribadi, seperti memintanya menulis teks sosial.

Google menyatakan ingin membantu orang lebih mudah dalam mengetahui hal-hal penting dalam hidup mereka.

Asisten dengan Bard akan diintegrasikan dengan layanan yang sudah digunakan oleh pengguna, seperti Gmail dan Dokumen.

Contohnya, pengguna dapat meminta Bard dan Asisten untuk "Temukan email penting yang saya lewatkan minggu ini" untuk memberikan penjelasan tentang email penting yang perlu mereka ketahui.

Selain itu, perusahaan juga mengumumkan bahwa Pixel 8 Pro akan menjadi ponsel pertama yang menjalankan model AI dasar langsung perusahaan, dengan kata lain, perangkat tersebut akan memiliki kemampuan untuk menjalankan AI generatif dengan komputasi hingga 150 kali lebih banyak daripada model pembelajaran mesin (ML) terbesar di Pixel 7.

Baca juga: Oppo A18 Resmi Rilis di Indonesia, Dijual Cuma Sejuta Dengan Spek Luar Biasa

Ini akan menghasilkan pengalaman AI yang lebih baik, termasuk fitur penghapus ajaib yang diperbarui yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan.

Sebelum merilisnya ke publik dalam beberapa bulan ke depan, perusahaan meluncurkan asisten Bard untuk pengembangan awal untuk sejumlah penguji terpilih.

Artinya, kita perlu menunggu beberapa saat untuk menggunakan fitur ini.

Berita Terkini