Helo Indonesia

Anggapan Kemarin Semua Salah! Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau, Tapi Uston Nawawi Belum Berkomunikasi

Senin, 11 September 2023 20:38
    Bagikan  
PELATIH BARU
persebaya surabaya/facebook

PELATIH BARU - Pelatih baru Persebaya, Josep Gombau asal Spanyol. Foto kanan: Uston Nawawi masih sibuk melatih Persebaya menghadapi Madura United pekan depan.

HELOINDONESIA.COM - Persebaya Surabaya akhirnya menentukan pelatih barunya, pasca keluarnya pelatih Aji Santoso, dia adalah pelatih muda asal Spanyol, yakni Josep Gombau.

Pria berusia 47 tahun ini menjadi pilihan manajemen Persebaya, untuk menjawab hiruk-pikuk tentang pelatih Persebaya yang tertuju pada tiga nama, yakni Paul Munstur, Divaldo Alves hingga Luis Milla.

Hebatnya pelatih kelahiran Ampos ini memiliki catatan apik dalam mengorbitkan pemain-pemain sepakbola berkelas dunia.

Baca juga: Diam-diam Pelatih Arema Fernando Valente Nonton Laga Persebaya Duduk di Antara Bonekmania, Begini Alasannya

Josep juga memiliki catatan penting dalam turut mengarsiteki klub berkelas di Eropa seperti Espanyol dan FC Barcelona, yang juga pernah merebut wionners tahun 2028/2029 dan 2024/2025.

Dilansir dari disway.id, sebelum bersepakat dengan Persebaya Surabaya, Josep Gombau sempat melatih klub di Liga India bersama Odisha FC.

Selain itu Josep Gambau pernah sukses memimpin bakat muda Espanyol tahuh 2001, bertuga mencari talenta muda dan mendatangkan serta mempromisikan ke klub.

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu Suporter Persebaya Dalam Mendukung Tim Kebanggannya

Pria kelahiran 5 Juni 1976 ini, memiliki keahlian menganalisis potensi pemain (skouting) untuk memenuhi kebutuhan klub, hingga jabatan ini mengantarkan dirinya menjadi Direktur Teknik Espanyol tahun 2002/2003.

Dari situlah kemudian karir Josep di sepakbola terus melejit hingga ia diminati raksasa sepakbola Eropa, FC Barcelona, yang didatangkan ke Camp Nou 1 Juli 2003.

Josep ditunjuk menjadi tim scouting bersama Barca, bahkan ia telibat dalam mempromosikan legenda sepakbola Spanyol, Andres Iniesta, hingga membawa Timnas Spanyol meraih gelar piala dunia pertama 2010.

Baca juga: Uston Nawawi Bawa Persebaya Masuk Peringkat 5 Besar Klasemen Sementara Liga 1 2023/2024

Ada beberapa nama lain yang berhasil didapatkan Barcelona selama Gombau berperan di tim scouting yakni Ricardo Queresma, Edgar Davids, Deco, Samuel Eto'o hingga Ronaldinho.

Selain itu Josep Gombau juga pernah mengarsiteki sejumlah klub besar seperti Kitchee SC Honglong, Adelaide United FC Australia, WS Wanderers Australia, Queensboro Amerika Serikat.

Ditingkat Timnas, Gembou juga pernah menjadi pelatih timnas Junior Australia merangkap asisten pelatih timnas Senior.

Baca juga: Empat Klub Jatim Madura United Terhebat, Persebaya Menyusul, Persik dan Arema Masih Menunggu Waktu

Sejumlah gelar di level klub juga pernah diraihnya seperti Australian FFA Cup, Hong Kong FC Cup, Hong Kong Comunity Shield.

Ia pun juga memiliki sejumlah penghargaan pribadi atas prestasinya memimpin klub seperti A-League All-Stars Coach, Hong Kong All-Star Coach dan Best Coach Hong Kong.

Melihat sosok pelatih Josep Gombau seperti itu, merupakan orang yang sangat mempuni dalam bidang sepakbola level dunia.

Baca juga: Uston Nawawi Tak Mau Hari Terakhirnya Melatih Persebaya Kalah Melawan Borneo FC

Jika memang benar dia adalah sosok pelatih Persebaya, maka manajemen Persebaya harus segara mengumumkan.

Persebaya sendiri juga dibayangi denda sebesar Rp100 juta jika dalam waktu ditentukan tidak segera mengumumkan pelatihnya.

Pengumuman pelatih baru ssudah harus diumumkan pada laga pekan ke depan saat menghadapi Madura United.

Baca juga: Sebelum Gabung Timnas Singapura, Song ingin Sumbangkan Gol Kemenangan untuk Persebaya, Simak Tekatnya

Seperti kita ketahui hingga saat ini Uston Nawawi pun masih mengurusi skuad Bajol Ijo menjelang derby Surabaya Madura.

Uston Nawawi sendiri berharap kondisi pemain tetap prima 100 persen siap untuk menjajal kemampuan skuad Sape Kerrap.

Latihan Persebaya kembali digeber pasca mengembalikan fisik para pemain setelah libur beberapa hari jeda FIFA Matchday 2023.

Baca juga: Uston Nawawi Pantas Tukangi Persebaya, Sayangnya Terkendala Masalah ini

Terkait pelatih baru Uston Nawawi mengaku dirinya berlum berkomunikasi baik terkait para pemain maupu hal lain yang berkaitan dengan Persebaya.

"Sampai saat ini belum berkomunikasi. Kalau ingin tahu lebih banyak tanya manajemen," kata Uston seperti diberitakan kantor berita Antara.

Uston juga menyakini bahwa tren positif saat ini sedang dimiliki para pemain Persebaya, meskipun ada pelatih baru yang masuk.

"Semua harus positif, kan tujuannya untuk Persebaya," kata Uston menambahkan. **