bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Laga Derby Jatim Madura United vs Arema FC, Ambisi Champhionship Series dan Lari Dari Degradasi

Sabtu, 27 April 2024 10:47
    Bagikan  
BERSAING SINGIT
arema official/ madura united

BERSAING SINGIT - Dua tim Madura United vs Arema FC akan bersaing keras guna meraih poin penuh di laga pamungkas kompetisi Liga 1 Indonesia 2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (30/4/2024) sore.

HELOINDONESIA.COM - Pertarungan seingit bakal terjadi pada laga pamungkas kompetisi Liga 1 Indonesia derby Jatim antara Madura United vs Arema FC di Stadion Bangkalan Madura, Jawa Timur, Selasa (30/4/2024) sore.

Dalam laga ini kedua tim bakal bermain matian-matian, guna mendapatkan poin penuh untuk mencapai keinginan kedua tim.

Dalam laga kandang kali ini, Madura United harus berjuang keras dan memenangi pertandingan untuk mendapatkan tiket menuju Championship Series Liga 1 Indonesia 2024.

Baca juga: Lolosnya PSIS Semarang dan Madura United ke Championship Series Tergantung Dua Tim ini

Sementara Arema FC di laga terakhir Liga 1 Indonesia 2024 pekan ke-34 ini satu-satunya cara agar aman dari zona degradasi harus memenangi pertandingan.

Madura United saat ini berada di peringkat empat besar klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2024 dengan mengoleksi 54 poin dari 33 laga yang telah di jalani.

Sementara Arema FC berada di peringkat 13 besar dengan mengoleksi 37 poin dari 33 pertandingan yang di jalani.

Baca juga: PSIS Semarang Tatap 4 Besar Usai Gulung Persikabo 3-0, Syaratnya Menang Lagi dan Madura United Terpeleset

Posisi Arema masih belum aman bersama tiga tim lainnya yang terancam masuk zona degradasi Liga 1 Indonesia 2024.

Ketiga tim itu adalah PSS Sleman dan Persita Tangera keduanya mengoleksi 36 poin, kemudian Rans Nusantara dengan mengoleksi 35 poin.

Posisi ini Arema masih belum Aman untuk terjerumus ke jurang degradasi jika empat tim itu memenangi pertandingan terakhir di pekan ke-34 ini.

Baca juga: Membantai Borneo FC Samarinda, Madura United Semakin Dekat Mendapat Tiket Championship Series

Misalnya jika ketiga tim, Rans Nusantara, Persita Tangeran, PSS Sleman memenangi laga terakhir pekan ke-34, maka akan mendapatkan poin jauh melampau Arema FC jika skuad Singo Edan tidak mendapatkan poin penuh.

Jika Arema bermain seri melawan Madura United, posisinya tetap saja belum aman jika tiga tim lainnya itu memperoleh poin penuh.

Posisi Arema jika tidak memenangi pertandingan ini, tetap memiliki ketergantungan terhadap perolehan poin tim lain, baik kemungkinan seri maupun kemungkinan kalah.

Sementara tiga tim lain seperti PSS Sleman vs Persib Bandung, yang menganggap laga ini tidak terlalu penting lantaran posisi Persib sudah lolos Championship Series.

Baca juga: Borneo FC Lolos Championship Series, Meninggalkan Jauh Persib, Bali United, Madura United PSIS dan Persik Kediri

Sedangkan Rans Nusantara akan menghadapi PSM merupakan tim papan tengah yang sudah aman dari posisi degradasi.

Begitu juga dengan Persita Tangerang bakal menghadapi Bali United yang posisinya sama seperti Perseib Bandung sudah mengoleksi 58 poin.

Sementara posisi Madura United untuk memperoleh tiket Championship Seris harus berebut dengan PSIS Semarang yang saat ini berada di lima besar klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2024.

Hanya selisih 1 poin, PSIS Semarang lolosnya sangat tergantung dengan hasil yang dicapai Madura United dan laga yang dia hadapi sendiri.

Baca juga: Derby Jatim Menjadi Ambisi Madura United Membantai Persebaya untuk Naik Peringkat, Meski Dibayangi Persik Kediri

Minimal untuk bisa lolos PSIS Semarang harus menang dalam laga melawan Persija Jakarta yang digelar 30 April 2024 nanti.

Itu pun jika Madura United bermain seri atau kalah menghadapi Arema FC, dimana jika dengan kemenangan itu PSIS akan mengoleksi 56 poin akan melampaui Madura United, artisnya PSIS akan lolos.

Tetapi jika PSIS hanya bermain seri artinya mendapatkan 1 poin PSIS mengoleksi 54 poin sama sementara Madura United tetap dengan 54 poin, berdasarkan catatan statistik PSIS tetap akan tidak lolos karena kalah dari selisih gol yang dicapai.

Baca juga: Borneo FC Lolos Championship Series, Meninggalkan Jauh Persib, Bali United, Madura United PSIS dan Persik Kediri

Sementara Madura United dalam laga melawan Arema akan lebih aman jika memenangi pertandingan, dengan demikian akan mengoleksi 57 poin dari 54 poin yang dimiliki di pekan ke-33 ini.

Setidaknya lolosnya Madura United ke Championship Series juga sangat dipengaruhi oleh hasil yang dicapai PSIS Semarang dari hasil laga melawan Persija Jakarta.

Namun satu-satunya cara untuk lolos di empat besar kompetisi Liga 1 Indonesia yang paling aman bagi Madura United ini, harus memenangi atau memperoleh poin penuh dari Arema FC saat bermain di kandang sendiri di Stadion Gelora Bangkalan Madura, Selasa (30/4/2024) sore.

Baca juga: Tidak Ada Tempat Bermain, Balita Arema Hilang Kecemplung Kali Brantas

Berikut ini Jadwal laga terakhir Liga 1 Indonesia 2024:

1. 28 April 2024 - Persebaya vs Persik
2. 29 April 2024 - Persikabo 1973 vs Barito Putera
3. 30 April 2024 - Bhayangkara FC vs Persis Solo
4. 30 April 2024 - Dewa United vs Borneo FC Samarinda
5. 30 April 2024 - PSS Sleman vs Persib Bandung
6. 30 April 2024 - Persita Tangerang vs Bali United
7. 30 April 2024 - Madura United vs Arema FC
8. 30 April 2024 - Persija Jakarta vs PSIS Semarang
9. 30 April 2024 - PSM Makassar vs Rans Nusantara
* Seluruh pertandingan di gelar secara serentak pada sore hari pukul 15:00 WIB.

Baca juga: Perjalanan Arema di Bawah Kememimpinan Pelatih Berbeda dan Tiga Laga Berat Menghadang Singo Edan

Sementara skor klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/2024 hingga saat ini antara lain:

Enam Besar klasemen sementara:

1. Borneo FC Samarinda - 70 poin
2. Persib Bandung - 62 poin
3. Bali United - 58 poin
4. Madura United - 54 poin
5. PSIS Semarang - 53 poin
6. Persik Kediri - 48 poin

Tim zona degradasi
13. Arema FC - 37 poin
14. PSS Sleman - 36 poin
15. Persita Tangerang - 36 poin
16. Rans Nusantara - 35 poin
17. Bhayangkara FC - 26 Poin
18. Persikabo 1973 - 20 poin

* Dua tim Persikabo dan Bahayangkara FC dipastikan terkena degradasi, satu tim lagi menunggu hasil pertandingan terakhir pekan ke-34. **