Helo Indonesia

Bisa Gantikan Daging, 12 Macam Sayuran Kaya Protein Ini Bisa Masuk dalam Daftar Belanja Anda

Syahroni - Ragam
Minggu, 20 Agustus 2023 07:00
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Sayuran berprotein tinggi.

HELOINDONESIA.COM - Protein memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh Anda.

Selain itu, protein juga mendorong reaksi metabolisme, mempertahankan pH dan keseimbangan cairan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Protein juga mengangkut dan menyimpan nutrisi dan dapat bertindak sebagai sumber energi.

Produk hewani dikenal sebagai salah satu sumber protein terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Meski begitu, sumber protein yang tinggi juga bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran. Sayuran yang mengandung protein ini bahkan sangat banyak jenisnya dan dinilai lebih sehat untuk tubuh.

Baca juga: Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh untuk Optimalkan Pembentukan Otot? Ini Jawaban Peneliti

Berikut kami rangkum berbagai jenis sayuran yang memiliki protein tinggi yang baik untuk tubuh Anda.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang wajib dicoba. Rasanya yang lezat, membuatnya menjadi salah satu sayuran paling digemari di dunia.

Bayam ternyata menjadi salah satu sayuran yang mengandung protein. Per cangkirnya (30 gram), terdapat 1 gram protein dan juga 181% RAH vitamin K

2. Selada air

Sayuran yang mengandung protein selanjutnya adalah selada air. Dalam satu cangkir (34 gram) selada air, terdapat 0,8 gram protein dan 100% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin K!

Ditambah lagi, selada air mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin B, kalsium, mangan, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

3. Pak coy

Sawi sendok atau yang lebih dikenal dengan sebutan pak coy tidak hanya mengandung vitamin dan mineral. Ia juga menjadi sayuran yang mengandung protein tinggi. Satu cangkir (70 gram) pak coy, mengandung 1 gram protein. Selain itu, pak coy juga menjadi sumber folat, kalsium, kalium, mangan, dan zat besi yang tinggi.

Baca juga: Hindari Karbohidrat, Protein pada Menu Sarapan Lebih Sehat untuk Penderita Diabetes Tipe 2

4. Brokoli

Sepertinya tidak berlebihan jika menyebut brokoli sebagai sayuran super. Selain mengandung protein yang tinggi, brokoli juga dilengkapi berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, seperti kalium, fosfor, vitamin C, vitamin K, hingga mangan.

Lebih dari itu, brokoli mengandung glukosinolat, yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

Dalam satu cangkir brokoli, terdapat 2,6 gram di dalamnya. Super sekali, bukan?

5. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran berikutnya yang mengandung protein. Sayuran yang lezat dimasak dengan berbagai cara ini, mengandung 2 gram protein dalam satu (100 gram) cangkirnya.

Sama seperti brokoli, kembang kol juga memiliki glukosinolat, yang dianggap ampuh mencegah penyakit kanker.

6. Asparagus

Sayuran yang satu ini seringkali diolah menjadi sup maupun pendamping ketika menyantap steak. Namun belum banyak yang tahu kalau sayur asparagus yang sangat menyehatkan itu, masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung protein paling tinggi.

Satu cangkirnya (134 gram) saja, mengandung 2,9 gram protein. Selain itu, ada juga vitamin B, folat, tembaga, fosfor, hingga magnesium di dalamnya.

7. Kecambah alfalfa

Sayuran yang mengandung protein ini sangat rendah kalori. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kecambah alfalfa sangat cocok untuk dimasukkan dalam menu harian!

Satu cangkir kecambah alfalfa memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni 1,3 gram protein. Selain itu, ada banyak nutrisi penting lainnya, mulai dari folat, vitamin B, hingga zat besi.

Baca juga: Diakui Sebagai Sayuran Paling Sehat Sedunia oleh CDC, Berikut Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Manusia

8. Edamame

Selain sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan atau biji-bijian seperti edamame juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian.

Sayuran yang mengandung protein ini sering kali terlihat di restoran sushi. Rasanya yang lezat dan cocok dijadikan camilan sehat, menjadikan edamame sebagai sayuran yang mengandung protein favorit banyak orang.

Bahkan, satu cangkir berisikan edamame penuh, mengandung 18,46 gram protein. Tidak heran kalau edamame dianggap sebagai salah satu sayuran yang mengandung protein paling tinggi.

9. Kacang arab/chickpea

Sama seperti bayam, kacang arab atau chickpea adalah makanan yang mengandung protein.

Kacang arab termasuk ke dalam makanan tinggi protein. Per cangkirnya, kacang chickpea mengandung kadar protein yang tak boleh diremehkan, yakni sebanyak 14,53 gram.

10. Kacang hijau

Sering melihat tukang bubur kacang hijau yang “mangkal” di depan kantor atau tempat tinggal Anda? Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mengonsumsi salah satu makanan yang mengandung protein terbanyak ini!

Kacang hijau yang biasanya disajikan dengan santan itu, ternyata mengandung protein yang sangat tinggi. Per cangkirnya, kacang hijau memiliki 14,18 gram protein.

Baca juga: 8 Sayuran Hijau yang Baik untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

11. Kacang kapri

Masih dari keluarga kacang-kacangan, kini ada kapri, sayuran yang mengandung protein tinggi. Tidak hanya bentuknya saja yang mirip dengan edamame, tapi kandungan proteinnya juga menyerupai yang ditawarkan kudapan tersebut. Dalam satu cangkir kacang kapri, ada 8,58 gram protein.

12. Kacang polong

Kacang polong adalah salah satu sayuran yang mengandung tinggi protein. Protein kacang polong mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh manusia, dan hanya terdapat pada makanan.

Salah satu protein asam amino yang terkandung pada kacang polong adalah arginin yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah hingga menjaga kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa protein kacang polong adalah salah satu jenis protein nabati yang mudah dicerna, tidak kalah dengan jenis protein hewani lainnya.