Helo Indonesia

Diakui Sebagai Sayuran Paling Sehat Sedunia oleh CDC, Berikut Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Manusia

Syahroni - Ragam
Kamis, 10 Agustus 2023 19:55
    Bagikan  
selada air
pixabay

selada air - Manfaat selada air untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Selada air adalah sayuran paling sheat sedunia. Yah, lembaga Pengendalian Penyakit (Center for Disease Control–CDC di Amerika Serikat) mengakuinya sejak 2015. Selada air alias (true) watercress disebut juga super vegetable alias sayuran super!

Selada air adalah tumbuhan menahun yang cepat tumbuh, cenderung bersifat invasi. Ia bersifat akuatik atau semi-akuatik.

Sekilas, tumbuhan sayuran dari ordo Brassicales ini tampak seperti rumput liar yang menutupi perairan. Namun, begitu diolah menjadi sayur, rasanya akan menari di lidah dengan sensasinya yang nikmat.

Selain rasanya, selada air ternyata adalah sayuran pembangkit tenaga yang mengemas beberapa nutrisi penting tetapi sangat rendah kalori. sayuran ini mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Ilmu pengetahuan modern telah mengidentifikasi adanya lebih dari 15 vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam selada air. Ia memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daripada bayam, lebih banyak kalsium daripada susu, dan lebih banyak mengandung vitamin C daripada buah jeruk.

Baca juga: 8 Sayuran Hijau yang Baik untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Kandungan nutrisi dalam selada air, memberikan sejumlah manfaat yang melimpah bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menurunkan resiko kanker

Hasil penelitian menemukan adanya senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air yang memiliki sifat anti kanker yang signifikan.

Selain itu, hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air mampu menekan perkembangan sel kanker payudara.

Kandungan manfaat vitamin A dan C pada selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya, yang di picu oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan dipercaya sebagai penyebab terjadinya kanker kulit.

2. Pencegah tumor

Sebuah studi yang dilakukan di University of Southampton menemukan bahwa PEITC dalam selada air juga mampu menurunkan resiko terjadinya tumor. Saat tumor mulai berkembang dalam tubuh, senyawa tersebut dapat dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada.

Baca juga: Kesulitan Tidur Usai Meminum Secangkir Kopi? Tenang, Atasi dengan Mengonsumsi Sayuran Ini

Hal ini akan membuat aktivitas jaringan tubuh menjadi normal dan dapat mengirimkan pembuluh darah baru ke tumor untuk memberikan manfaat oksigen dan nutrisi-nutrisi lainnya.

3. Mengurangi resiko kerusakan DNA

Menurut sebuah penelitian di University of Ulser menyatakan bahwa mengkonsumsi selada air setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA pada sel-sel darah yang selanjutnya melawan kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas secara signifikan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada air segar memiliki konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Studi laboratorium menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu menjaga jaringan ikat normal, mencegah kekurangan zat besi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mejaga kesehatan tulang

Selada air merupakan sumber penghasil alami vitamin K dan manfaat kalsium. Dari 100 gram sajian selada air mampu memberikan lebih dari 200% asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin K memiliki potensi untuk membantu kesehatan tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic (pembentukan dan memperkuat tulang).

6. Mengurangi resiko kerusakan pada saraf otak (Alzheimar)

Kadar vitamin-K dalam selada air membantu mengurangi resiko kerusakan saraf di otak, dengan demikian selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

Baca juga: Beragam Jenis Tanaman dan Sayuran Dipercaya Bermanfaat Anti Kanker, Ternyata Juaranya Jengkol dan Petai

7. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan pada sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, makanan yang mengandung nitrat makanan seperti selada air telah terbukti memiliki beberapa manfaat vaskular. Hal ini termasuk mengurangi tekanan darah, menghambat agregasi platelet, dan melestarikan atau memperbaiki disfungsi endotel.

8. Mengobati diabetes

Manfaat selada air mengandung alpha-lipoic acid antioksidan, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien diabetes. Sebuah studi terhadap asam alpha-lipoic menunjukkan penurunan neuropati perifer atau neuropati otonom pada penderita diabetes.

9. Menurunkan resiko gangguan kardiovaskular

Selada air sangat kaya akan kandungan lutein. Karotenoid antioksidan ini memiliki potensi untuk mencegah timbulnya berbagai kondisi kardiovaskular, seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa leutin dalam diet dapat melindungi arteri dari kerusakan yang disebabkan oleh plak.

10. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium dalam selada air juga sangat baik dalam menjaga kesehatan gigi. Kandungan vitamin C dalam selada air juga dapat menurunkan resiko gangguan pada gusi, seperti gusi berdarah.

11. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam selada air juga sangat tinggi. Dari 100 gram sajian sayuran ini mampu memberikan +/- 106% asupan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, maupun gangguan penglihatan lainnya.

Baca juga: Dengan Sayur dan Buah Berwarna Pekat, Atlet Memiliki Penglihatan yang Lebih Tajam

12. Mencegah penuaan dini

Selada air banyak mengandung Vitamin A dan vitamin C yang merupakan manfaat antioksidan yang kuat yang dapat memerangi dampak radikal bebas. Manfaatnya pada kulit, akan memerangi tanda-tanda pada kulit seperti garis-garis halus dan kerutan yang merupakan tanda utama penuaan dini.

13. Menghilangkan racun dalam tubuh

Sebagai antidiuretik alami, selada air merupakan agen detoksifikasi dalam meningkatkan diuresis, sehingga memungkinkan usus besar akan dibersihkan dengan mendorong racun keluar dari tubuh.

14. Mempertahankan fungsi kandung empedu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan air dalam manfaat selada air memiliki potensi untuk menurunkan risiko pembentukan batu empedu.