Helo Indonesia

13 Khasiat Oyong atau Gambas untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung Hingga Asam Urat

Syahroni - Ragam
Kamis, 10 Agustus 2023 17:22
    Bagikan  
Oyong atau gambas.
Tangkapan layar Youtube

Oyong atau gambas. - Manfaat oyong atau gambas untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Oyong atau gambas merupakan salah satu jenis syuran yang cukup populer dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oyong memiliki bentuk memanjang dan memiliki kulit yang kasar dan terdapat tonjolan dipermukaan kulitnya.

Oyong biasanya dikonsumsi dengan cara ditumis atau dibuat sayur bening. Selain menyegarkan, ternyata oyong ini memiliki vitamin A yang dapat mencegah degenegerasi makula dan vitamin B5 yang baik untuk mengurangi kolestrol dalam tubuh.

Selain itu, oyong juga mengandung mineral mangan yang berfungsi dalam proses glukoneogenesis sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca juga: Beragam Jenis Tanaman dan Sayuran Dipercaya Bermanfaat Anti Kanker, Ternyata Juaranya Jengkol dan Petai

Berikut beberapa manfaat sayur oyong bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Berat Badan

Oyong atau gambas merupakan asupan yang rendah kalori serta rendah lemak jenuh. Oyong juga dapat membantu tubuh mencerna protein, karbohidrat, dan lemak dalam makanan secara segera setelah dicerna.

Selain itu, oyong juga dapat mencegah penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Sehingga sayur oyong sangat cocok bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

2. Mencegah Diabetes

Kandungan mangan dalam oyong sangat penting dalam memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh. Mengkonsumsi sayur oyong secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Oyong mengandung vitamin B5 yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu, kandungan serat dan kalium dalam sayur oyong membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Baca juga: Kesulitan Tidur Usai Meminum Secangkir Kopi? Tenang, Atasi dengan Mengonsumsi Sayuran Ini

4. Mencegah Nyeri Otot

Oyong mengandung kalium yang sangat berguna untuk menstabilkan cairan dan mereksasikan otot. Ketika kita kekurangan kalium dalam tubuh justru maka akan menyebabkan nyeri otot.

5. Mencegah Penyakit Mata

Vitamin A yang terkandung pada oyong juga sangat berguna untuk kesehatan mata kita. Kandungan vitamin A di dalamnya dapat mencegah degenerasi makula yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kebutaan

6. Mengatasi peradangan

Peradangan pada sendi akan disertai rasa sakit, kaku, bengkak, dan keterbasan gerak. kandungan kandungan flavonoid dan asam fenolik pada biji oyong ini bersifat anti radang sehingga dapat meredakan nyeri dan kaku pada persendian.

7. Menjaga Fungsi Otak

Di dalam sayur oyong terdapat kandungan zat besi yang penting untuk otak. Zat besi sangat berperan penting di dalam otak karena saat kekurangan zat besi dapat menyebabkan oksigen di dalam otak berkurang sehingga menurunkan produktivitas.

Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mudah lalai, gelisah, dan juga mudah lupa.

Baca juga: Dengan Sayur dan Buah Berwarna Pekat, Atlet Memiliki Penglihatan yang Lebih Tajam

8. Membuat Kulit sehat

Kandungan vitamin C pada oyong mampu mencegah keriput, mengurangi kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

9. Mengobati Anemia

Kandungan B6 pada oyong mampu menghasilkan hemoglobin dalam darah. Sehingga membantu membawa zat besi dan oksigen ke semua sel dalam darah.

10. Menyembuhkan Luka

Kandungam vitamin C pada oyong merupakan faktor penting dalam produksi protein untuk membangun otot, pembuluh darah, dan kulit yang mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Baca juga: 8 Sayuran Hijau yang Baik untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

11. Meredakan Sembelit

Sayur oyong mengandung tinggi serat dan banyak mengandung air yang tinggi, sehingga dapat meredakan sembelit dan memperlancar buang air besar.

12. Mengatasi alergi

Dalam beberapa studi dijelaskan bahwa kandungan ekstrak sayur oyong seperti, histamin, sulfur, dan galphimia glauca dalam semprotan hidung homeopati dapat mengatasi berbagai gejala rhinitis alergi.

13. Mengatasi asam urat

Sayur oyong memiliki kandungan vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang dapat mengatasi peradangan. Hal ini tentunya dapat meredakan nyeri otot dan sendi yang disebabkan oleh asam urat yang berlebih.