Helo Indonesia

Sehatkan Rambut Hingga Jantung, Berikut 13 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Syahroni - Ragam
Minggu, 30 Juli 2023 21:43
    Bagikan  
Jeruk bali atau pomelo
Pexels/ Ron Lach

Jeruk bali atau pomelo - 13 manfat kesehatan jeruk bali atau pomelo.

HELOINDONESIA.COM - Nama jeruk bali mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pun demikian, di luar negeri, buah asal asia tenggara termasuk Indonesia ini lebih dikenal dengan nama pomelo.

Meski namanya sama, jeruk bali atau pomelo sangat jauh berbeda dengan jeruk biasa jika dilihat dari ukurannya. Umumnya, pomelo memiliki ukuran yang cukup besar dengan ukuran berat bisa mencapai 1-2 kg per buahnya.

Perbedaan menonjol lain antara pomelo dan jeruk biasa adalah di bagian kulitnya. Kulit pomelo sangat tebal untuk melindungi daging buahnya yang memiliki bulir lebih besar. Di Indonesia, kulit jeruk ini dahulu banyak dipakai untuk membuat beraneka macam kerajinan seperti mainan dan lain-lain.

Jeruk pomelo sendiri banyak digemari karena rasanya yang menyegarkan dan kandungan nutrisinya yang melimpah. Vitamin C yang terkandung pada buah dengan nama latin Citrus grandis, C maxima ini juga cukup tinggi.

Baca juga: 10 Manfaat Kulit, Daun, dan Perasan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Tak salah, sejak zaman dahulu jeruk pomelo telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti demam, masalah pencernaan, dan batuk. Berikut kami lansir dari berbagai sumber manfaat mengonsumsi pomelo untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk pomelo kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas. Senyawa ini juga meningkatkan pembunuhan mikroba dan fagositosis.

Kandungan asam askorbat yang tinggi dalam jeruk pomelo juga meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk melawan dan mencegah infeksi.

Selain itu, antioksidan juga dapat mengobati dan mencegah infeksi sistemik dan banyak masalah pernapasan. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk pomelo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Jeruk pomelo Pomelo mengandung serat makanan yang dikenal untuk meningkatkan metabolisme. Serat makanan membantu menjaga pergerakan usus normal, mencegah sembelit, dan menghindari wasir.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cina menunjukkan bahwa menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda dapat membantu menjaga kesehatan mikroba usus Anda.

Baca juga: Beragam Manfaat Jeruk Nipis untuk Keindahan Rambut dan Kulit Kepala Anda

Selain itu, serat buah seperti yang ditemukan dalam jeruk pomelo juga dikaitkan dengan faktor kesehatan lain seperti peningkatan kepadatan tulang, pemeliharaan berat badan yang sehat, dan penurunan risiko penyakit kronis tertentu.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat pada jeruk pomelo dapat bertahan di perut lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Mereka juga cukup lama untuk diolah di dalam perut sehingga tubuh terus merasa kenyang.

Selain itu jeruk pomelo juga mengandung kalori yang relatif sedikit per sajian. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan, makanan jeruk pomelo dapat membuat Anda menambah jumlah makanan yang Anda makan tanpa menambah jumlah kalori.

4. Mencegah kanker

Jeruk pomelo kaya akan Antioksidan. Zat ini yang dapat menangkal Rrdikal bebas yang dapat merusak sel-sel kita. Antioksidan membantu memerangi kerusakan itu, dan karena itu membantu mengurangi risiko kanker.

Pomelo kaya akan vitamin C, antioksidan kuat, serta beberapa senyawa antioksidan lainnya. Naringenin dan naringin merupakan antioksidan utama yang terdapat pada buah pomelo, dan sering ditemukan pada buah jeruk. Likopen antioksidan juga ditemukan dalam buah pomelo.

Baca juga: Biar Rasanya Kecut, Jeruk Nipis Ampuh Loh untuk Atasi Berbagai Masalah pada Kulit Anda

5. Membentuk tulang yang sehat dan kuat

Jeruk pomelo mengandung mineral seperti kalsium, besi, tembaga, seng, mangan. Mineral ini sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi jeruk pomelo yang disertai latihan fisik secara rutin dapat membantu tulang Anda menjadi sehat dan kuat.

6. Menjaga kesehatan jantung

Makan jeruk bali dapat bermanfaat bagi jantung Anda dengan mengurangi jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah Anda.

Satu studi yang dilakukan dengan ekstrak pomelo pekat yang diberikan kepada tikus menunjukkan penurunan trigliserida (hingga 21%), dan LDL - atau kolesterol jahat (hingga 41%).

Studi lain menunjukkan bahwa pomelo dapat mengurangi lemak berbahaya dalam aliran darah dengan mencegahnya diserap selama pencernaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini secara definitif pada manusia.

7. Dapat mencegah tekanan darah tinggi

Jus jeruk pomelo mengandung potasium, yang merupakan nutrisi utama untuk mengatur tekanan darah. Kalium adalah vasodilator yang melepaskan ketegangan di pembuluh darah untuk menjaga tekanan darah. Minum jus pomelo dan makan pomelo di malam hari membantu menjaga tekanan darah Anda dan mencegah hipertensii.

Baca juga: Terbukti Secara Ilmiah, Berikut 10 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Anda

8. Mencegah penuaan dini

Jejruk pomelo juga mengandung spermidine, zat yang melindungi sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan sel. Dengan demikian, ini dapat membantu memerangi kerutan dan penuaan kulit untuk membuat kulit Anda tampak awet muda, cerah, dan lembut.

Namun, masih sangat sedikit bukti ilmiah yang mendukung efek spermidine pada jeruk pomelo dan pengaruhnya terhadap kesehatan kulit.

9. Mengobati infeksi

Jeruk pomelo memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengobati jenis infeksi tertentu. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Nasional Vietnam menemukan minyak esensial pomelo efektif melawan jamur Penicillium expansum.

Studi lain yang dilakukan peniliti dari University of Bucharest juga menemukan bahwa minyak esensial pomelo bisa menghambat perkembangan biofilm bakteri pada lensa kontak lunak. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek pomelo pada infeksi mikroba lainnya.

10. Menjaga gula darah penderita Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 20 penderita diabetes menemukan bahwa meskipun pomelo memiliki indeks glikemik (Gi) yang tinggi, ia dapat berfungsi sebagai buah dengan beban glikemik (GL) rendah jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Dengan demikian, ini dapat membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes.

Baca juga: Dipercaya Mampu Mengobati AIDS Hingga Kanker, Berikut 7 Manfaat Ajaib Buah Merah Endemik Papua

11. Dapat Mencegah Kram

Kekurangan cairan, kekurangan hidrasi, dan kekurangan elektrolit (seperti natrium, kalium, dan magnesium) adalah akar penyebab kram otot. Jeruk pomelo adalah sumber potasium yang kaya. Oleh karena itu, minum jus jeruk bali dapat memasok tubuh Anda dengan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan untuk mencegah kram otot.

12. Membuat rambut sehat

Jeruk pomelo kaya akan beberapa mineral seperti seng, besi, dan vitamin A, B6, B12, dan E. Semua nutrisi dan mineral ini membantu meningkatkan kesehatan rambut.

13. Mencegah masalah Gigi dan gusi

Jeruk pomelo merupakan sumber vitamin C (asam askorbat) yang bagus. Asam askorbat telah diketahu berhubungan dengan perkembangan gingivitisi. Karena itu, Anda dapat mulai makan jeruk bali untuk memperkuat gusi dan mencegah masalah gigi.