Helo Indonesia

Dipercaya Mampu Mengobati AIDS Hingga Kanker, Berikut 7 Manfaat Ajaib Buah Merah Endemik Papua

Syahroni - Ragam
Rabu, 26 Juli 2023 20:08
    Bagikan  
Buah merah.
ist

Buah merah. - Beragam manfaat kesehatan buah merah. Dari mengobati AIDS, hingga menangkal kanker.

HELOINDONESIA.COM - Buah merah merupakan salah satu tanaman endemik Indonesia. Buah dengan nama latin Pandanus conoideus ini hanya dapat dijumpai di Papua, tepatnya di pegunungan Timika dan Jayawijaya.

Bagi masyarakat Papua, buah merah adalah tanaman yang kaya akan khasiat. Buah merah dipercaya secara turun temurun karena khasiatnya menyembuhkan berbagai penyakit berat maupun ringan.

Adalah Drs. I Made Budi M.S, orang pertama yang melakukan penelitian terhadpa buah merah ini di tahun 2000 silam. Ia merupakan seorang ahli gizi dan juga dosen di Universitas Cendrawasih (Uncen) di Jayapura.

Dalam beberapa penelitian terbatas yang dilakukan dengan metode pengobatan langsung menggunakan Sari Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yang amat tinggi dalam upaya pengobatan yang dilaksanakan terhadap beberapa penyakit.

Baca juga: Kerap Dianggap Tanaman Pengganggu, Berikut Manfaat Pegagan untuk Perawatan Kulit Kamu

Penelitian lanjutan kemudian menemukan beberapa manfaat kesehatan dari buah merah ini. Berikut daftar khasiat buah merah yang telah diteliti.

1. Mengatasi Diabetes

Kandungan tokoferol dalam buah merah membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Menambahkan buah merah dalam menu makanan diabetes membantu meningkatkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin pada tingkat yang konstan, mencegah lonjakan kadar glukosa darah dan juga menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Volume kalsium yang cukup dan mineral penting lainnya dalam buah merah juga cukup membantu memperkuat kepadatan tulang dan menjaga integritas struktural sistem kerangka. Menambahkan buah merah dalam diet secara teratur memberikan kalsium yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang, membuatnya bugar dan kuat serta mencegah risiko osteoporosis.

3. Menambah Fungsi Otak

Buah merah diketahui mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat mendukung fungsi kognitif. Kaya akan antioksidan karotenoid, buah merah juga meningkatkan kekuatan otak dan daya ingat pada anak-anak.

Baca juga: Ada yang Beracun, Jangan Letakkan Tanaman Hias Berikut di Dalam Rumah Anda Yah

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah merah mengandung banyak vitamin A, serta antioksidan -beta-karoten dan tokoferol, yang menawarkan insentif luar biasa untuk kesehatan mata. Kehadiran senyawa tumbuhan bermanfaat meningkatkan kerja retina, konjungtiva, dan saraf optik.

5. Obat AIDS

Buah Merah juga telah menunjukkan potensinya yang luar biasa dalam mengobati AIDS. Asupan ekstrak buah secara teratur membantu pasien meningkatkan berat badan, membuat kulit bersinar dan mendorong pertumbuhan rambut kembali.

Cadangan besar beta-karoten dan tokoferol dalam buah merah membantu memperkuat respons kekebalan tubuh. Selain itu, mengandung antioksidan kuat, buah merah bekerja sangat baik dalam melawan virus yang menyebabkan AIDS dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Tak Hanya Cantik Menghiasi Taman, Tanaman Tembelekan Juga Ampuh Obati Berbagai Penyakit

6. Mengobati Kanker

Buah merah membantu dalam mengidentifikasi sel kanker dalam sistem, sehingga memastikan tidak akan menyebar ke organ vital lainnya di dalam tubuh. Ini menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor.

Sarat dengan asam lemak omega 3 dan antioksidan kuat, buah merah mendukung pemulihan sel dan jaringan yang rusak pada orang yang menderita kanker payudara.

7. Mencegah Stroke

Buah merah membantu meningkatkan aliran darah dalam sistem dan memastikan bahwa semua sel dalam tubuh mendapatkan suplai oksigen yang konstan. Ini membantu mengendalikan tekanan darah dan membantu jantung memompa darah secara efisien, sehingga membuat aliran darah lebih tipis dan mengurangi risiko stroke.