Helo Indonesia

Kerap Dianggap Tanaman Pengganggu, Berikut Manfaat Pegagan untuk Perawatan Kulit Kamu

Syahroni - Ragam
Selasa, 25 Juli 2023 20:36
    Bagikan  
Pegagan
pixabay/ Buntysmum

Pegagan - Manfaat pegagan untuk perawatan kulit sehat dan anti penuaan.

HELOINDONESIA.COM - Nama pegagan mungkin sudah tidak asing lagi buat sebagian masyarakat Indonesia. Tanaman dengan nama latin Centella asiatica ini banyak dijumpai tumbuh liar di sekitar rumah kita. 

Meski kerap dianggap sebagai tanaman pengganggu, pegagan ternyata memiliki banyak manfaat, terutama untuk perawatan kulit atau skin care. Mulai dari melembabkan, menyembuhkan luka, hingga anti penuaan, ekstrak pegagan sudah ribuan tahun digunakan oleh masyarakat Tiongkok.

Dilansir dari Cleveland Clinic, asisten dokter dermatologi Samantha Stein, PA-C memaparkan beragam manfaat pegagan untuk perawatan kulit. Adapun ia menyebut, ada 4 senyawa aktif dalam pegagan yang berfungsi sebagai perawatan kulit. mereka adalah Asiaticoside, asam asiatik, Asam Madecassic dan Madecassoside.

Manfaat pegagan dalam perawatan kulit

1. Melembabkan kulit kering dan sensitif yang rentan terhadap eksim

Salah satu alasan fpegagan begitu menonjol dalam produk perawatan kulit adalah karena senyawa tanaman ini sangat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Stein menjelaskan bahwa itu juga membantu penghalang kulit Anda mempertahankan kelembapan dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Baca juga: Skin Care Alami, Berikut Ini Manfaat Air Beras untuk Perawatan Kulit Anda

Itu sangat penting bagi orang dengan kondisi seperti eksim atau rosacea, yang dapat mengeringkan dan membuat kulit Anda sensitif. Dia juga merekomendasikan untuk menggunakan pegagan selama tahun-tahun ketika suhu sangat bervariasi, karena hal itu dapat membuat stres bahkan penghalang kulit yang paling keras sekalipun.

2. Membantu penyembuhan luka bakar dan luka

Stein mengungkapkan, senyawa pegagan kaya akan antioksidan. Senyawa ini yang memiliki peran penting dalam penyembuhan luka, termasuk luka bakar. 

“Kita membutuhkan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, yaitu molekul kecil yang memakan bagian yang baik dari sistem pertahanan kita, merusak DNA dan pelindung kulit,” jelasnya.

“Centella meningkatkan kadar antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas tersebut. Jadi, jika digabungkan dengan produk lain seperti petrolatum jelly, ini dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan luka.”

Baca juga: Beragam Manfaat dari Minyak Kembang Sepatu untuk Perawatan Kulit Maupun Rambut

3. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah bagian penting dari proses penyembuhan luka apa pun. Tapi harus ada untuk waktu yang baik, bukan waktu yang lama dalam penggunaannya. Respon imun yang terus-menerus dapat memperburuk keadaan.

“Jerawat itu peradangan. Eksim bersifat peradangan. Banyak kondisi kulit yang bersifat inflamasi, ”tambah Stein. "Menggunakan bahan aktif seperti Centella dapat membantu mengurangi peradangan bila digunakan bersamaan dengan obat lain atau produk yang dijual bebas."

4. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Centella Asiatica dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, serta munculnya bekas luka dan selulit, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengatakan sesuatu yang pasti. Yang sudah dipahami, pegagan mengandung fitokimia yang penting untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel yang membentuk jaringan ikat kita.

Empat senyawa aktif di pegagan yaitu asiaticoside, asam asiatic, asam madecassic dan madecassoside, juga dapat merangsang produksi kolagen.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Dari 5 Jenis Teh Berikut Ini, Mana yang Paling Cocok untuk Perawatan Kulit Anda?

Stein menambahkan. “Centella dapat membuat kulit Anda tampak lebih terhidrasi, montok, dan sehat,” yang semuanya dapat membantu Anda terlihat lebih muda.

Risiko dan efek samping dari pegagan

Pegagan atau Centella asiatica adalah bahan populer dalam produk perawatan kulit karena aman untuk digunakan kebanyakan orang. “Profil efek sampingnya sangat minim, karena membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan kekuatan dan kemampuan kelembapan penghalang kulit,” jelas Stein.

Faktanya, dia mencatat bahwa menambahkan senyawa pegagan ke produk dengan bahan aktif yang lebih keras adalah hal yang umum karena mengurangi risiko efek samping. Itu masih tidak menjadikannya bahan yang ideal untuk semua orang.

Baca juga: Bukan untuk Coba-coba, 3 Jenis Facial Unggulan Ini Menyesuaikan Kebutuhan Perawatan Kulit Wajahmu

Sebagai permulaan, meski jarang, Anda bisa alergi terhadap pegagan. Reaksi yang paling umum adalah sensasi terbakar atau dermatitis kontak. Itulah mengapa, seperti bahan perawatan kulit lainnya, penting untuk melakukan uji noda pada lengan.

“Centella Asiatica sangat serbaguna,” kata Stein. “Ini digunakan untuk banyak hal yang berbeda. Tapi kulit setiap orang sangat berbeda, sangat unik. Jadi, saya selalu memberi tahu orang-orang untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka terlebih dahulu.”