Helo Indonesia

Ada yang Beracun, Jangan Letakkan Tanaman Hias Berikut di Dalam Rumah Anda Yah

Syahroni - Ragam
Rabu, 19 Juli 2023 07:00
    Bagikan  
Philodendron.
ist

Philodendron. - Jenis tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di dalam rumah.

HELOINDONESIA.COM - Tanaman hias memang banyak sekali jenisnya dan banyak orang memanfaatkannya sebagai hiasan di rumah. Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan tak hanya dapat mempercantik rumah, tapi juga bisa memberikan kesan asri dan segar.

Akan tetapi ada beberapa jenis tanaman hias yang sebaiknya tidak diletakkan di dalam rumah. Beberapa tanaman hias ini ada yang beracun dan berbahaya bagi anak kecil atau hewan peliharaan, dan ada pula yang dipercaya membawa energi negatif berdasarkan Feng Shui.

Apa saja tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di dalam rumah? Berikut adalah daftar tanaman hias yang sebaiknya tidak diletakan di dalam rumah.

1. Philodendron

Tanaman hias yang sangat populer ini ternyata tidak boleh sembarangan diletakkan di dalam rumah sebab mengandung racun jika tertelan. Philodendron sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang mudah dijangkau anak-anak. Racun Philodendron dapat menyebabkan pembengkakkan pada saluran pencernaan, sedangkan jika tertelan hewan peliharaan dapat menimbulkan kejang-kejang.

Baca juga: Mau Dekorasi Rumah? 10 Jenis Tanaman Hias Ini Bagus Loh untuk Mempercantik Ruangan

2. Bonsai

Menurut Feng Shui, tanaman bonsai yaitu pohon berukuran kecil ini sebaiknya tidak diletakkan di dalam rumah. Menurut kepercayaan Tionghoa, bonsai yang merupakan pohon kerdil tidak bisa tumbuh dengan semestinya sehingga menghalangi atau membatasi rezeki masuk ke dalam rumah.

3. Tanaman Dolar

Populer di kalangan pecinta tanaman hias dengan nama Zanzibar Gem, tanaman dolar merupakan tanaman beracun yang mengandung senyawa oksalat di seluruh bagiannya, mulai dari daun hingga batang. Jika menyentuhnya sedikit saja kemungkinan akan menyebabkan gatal-gatal dan iritasi.

4. Kuping gajah

Kuping gajah atau caladium memang sangat menarik mata sebab warnanya cantik dan dengan corak yang unik. Sayangnya dibalik keindahannya, gaun kuping gajah mengandung racun yang bisa menyebabkan iritasi dan gangguan pernafasan.

Baca juga: Tak Sekadar Tanaman Hias, ini 5 Manfaat Minyak Esensial Bunga Melati

5. English Ivy

Tumbuhan merambat dengan daun berbentuk bintang ini sangat berbahaya jika tertelan, sebab mengandung racun. Mereka yang tidak sengaja memakan English Ivy bisa menderita demam, tenggorakan panas, diare, hingga muntah-muntah.

6. Tanaman Euphorbia

Euphorbia memiliki banyak getah lateks pada daun dan batangnya. Lateks ini dapat mengiritasi kulit dan bahkan menyebabkan reaksi alergi yang serius pada beberapa orang. Selain itu, tanaman ini juga memiliki banyak duri sehingga berbahagia bagi anak anda.

Itulah daftar tanaman hias yang sebaiknya tidak diletakkan di dalam rumah. karena berbahaya untuk anak-anak kecil.

(Jumadi)