Helo Indonesia

Mau Dekorasi Rumah? 10 Jenis Tanaman Hias Ini Bagus Loh untuk Mempercantik Ruangan

Syahroni - Ragam
Minggu, 16 Juli 2023 12:30
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

HELOINDONESIA.COM - Tanaman hias berfungsi untuk mempercantik ruangan sehingga lebih terlihat nlebih segar dan hidup. Selain memberikan kesan segar dan tidak monoton pada ruangan, menempatkan tanaman di dalam ruangan juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan.

Menurut jurnal yang diterbitkan Environmental Health Perspectives,
tanaman hias adalah penyaring udara yang berguna. Selain fotosintesis dasar yang menghilangkan karbon dioksida dan mengembalikan oksigen ke air, tanaman dapat menghilangkan racun dari air dan tanah setidaknya dalam dua cara.

Pertama, mereka dapat memetabolisme beberapa bahan kimia beracun, melepaskan produk samping yang tidak berbahaya, dan kedua, mereka dapat memasukkan bahan beracun seperti logam berat ke dalam jaringan tanaman, sehingga mengasingkan mereka.

Tanaman hias dalam ruangan mampu membantu menghilangkan racun dan polutan di udara. Bagi perokok, Sangat disarankan menaruh tanaman di ruangan karena dapat menyerap zat-zat berbahaya yang ada di udara dalam ruangan.

Baca juga: Tak Sekadar Tanaman Hias, ini 5 Manfaat Minyak Esensial Bunga Melati

1. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua dikenal juga dengan sebutan Sansevieria. Bentuknya berupa daun panjang dan runcing degan tekstur tebal dan keras. Ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning, ada pula jenis yang berwarna hijau tua. Lidah mertua dipercaya sebagai tanaman hias dalam ruangan yang kaya akan manfaat. Selain menghasilkan banyak oksigen, lidah mertua juga mampu menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan.

2. Sirih Gading

Sirih gading termasuk tanaman hias dalam ruangan yang sangat mudah dirawat.
Tanaman hias dalam ruangan ini bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam melalui media tanah maupun air. Bentuknya menjuntai sehingga sangat bagus jika diletakkan pada rak atau ambalan yang menempel di dinding. Tanaman ini sangat baik dalam menyerap racun di udara.

3. Peace Lily (Lili Perdamaian)

Selain memiliki nama unik, bentuknya pun sangat cantik. Ya, tanaman hias lili perdamaian juga termasuk salah satu tanaman yang cocok di dalam ruangan karena mampu menyerap polutan dengan baik. Lili perdamaian pun termasuk tanaman hias dalam ruangan yang “tahan banting”! Bentuknya yang unik tak jarang tanaman ini digemari banyak orang. Jika kita bersalah karena terlalu banyak menyiram tanaman, cobalah memelihara Spathiphyllum (lili perdamaian). Tanaman ini bahkan dapat tumbuh di tangki air. Lili perdamaian tidak memerlukan banyak cahaya matahari untuk bisa tetap hidup, karena itu sangat cocok ditaruh di dalam ruangan.

4. Aloe Vera/ Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Tanaman ini juga menyukai cahaya matahari yang tidak langsung, jadi memang baik untuk diletakkan di teras atau dalam ruangan. Selain menyegarkan ruangan, aloe vera juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan ruam, luka bakar, dan iritasi kulit. Tanaman hias dalam ruangan yang penuh antioksidan ini juga baik bagi sistem pencernaan dan dapat mengobati sembelit.

Baca juga: Tak Hanya Cantik Menghiasi Taman, Tanaman Tembelekan Juga Ampuh Obati Berbagai Penyakit

5. Bromeliad

Tanaman hias dalam ruangan selanjutnya adalah Bromeliad. Bromeliad ternyata mampu menghilangkan lebih dari 80% dari enam senyawa organik yang berbahaya. Untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai penyerap polutan, kiya dapat memerhatikan ukurannya dibandingkan dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangan, sebaiknya bromeliad yang ditaruh juga semakin banyak atau ukurannya semakin besar.

Bromeliad berasal dari family bromeliaceae. Tanaman ini dapat bertahan lama dengan selalu menghasilkan tunas samping yang akan menggantikan tanaman aslinya. Bromeliad dapat disimpan pada suhu 70 derajat F (sekitar 21 derajat Celsius), yang membuatnya ramah di dalam rumah.

6. Lili Paris

Bentuknya unik dengan banyak daun dan dapat menyerap polutan. Tanaman hias dalam ruangan ini cocok digantung maupun diletakkan di meja sudut.Perawatannya sangat mudah, kita tidak perlu menyiramnya setiap hari, cukup 2 atau tiga hari sekali.Pastikan tanahnya tidak terlalu basah agar akarnya tidak cepat membusuk.

7. Monstera

Bagi penyuka tanaman hias dalam ruangan, monstera pasti sudah tidak asing lagi. Apalagi monstera ini termasuk tanaman kekinian. Meski termasuk tanaman tropis, tapi monstera ternyata cukup kuat juga. Monstera cocok di simpan di dalam ruangan karena tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung dan tahan pada ruangan berpendingin udara.Ciri khas dari daunnya yang lebar-lebar, membuat banyak orang hampir sulit membedakannya dengan tanaman hias jenis palem.

Baca juga: Tanam 8 Pohon Berikut Ini, Ular Tidak Akan Berani Masuk ke Halaman Rumah Anda Lagi

8. Dragon Tree

Dragon tree juga masuk dalam kategori tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari dan cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan.Cocok untuk yang ingin mempercantik rumah mungilnya. Daun yang tidak begitu lebar, membuat
ilusi dalam ruangan menjadi lebih luas. Merawat tanaman ini tidak terlalu sulit, karena mereka dapat hidup di tempat gelap sekalipun dengan baik.

9. Palem Bambu

Masih dalam kategori tanaman palem, tanaman hias dalam ruangan ini juga tak kalah cantik. Palem bambu adalah jenis tanaman pembersih udara yang memerlukan cahaya terang untuk dapat tumbuh subur. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak energi untuk merawatnya. Sirami tanaman ini beberapa hari sekali dengan air sedikit. Ia dapat tumbuh subur di area lembap, namun juga membutuhkan cahaya yang pas.
Palem bambu dapat menangkal sejumlah racun, seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida, xylene, chloroform, dan lainnya.

10. Lavender

Tanaman hias dalam ruangan ini juga tak kalah cantik, yakni Lavender. Dengan ciri khas bunga berwarna ungu, tanaman ini cukup banyak diminati karena manfaatnya. Minyak lavender dipercaya memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi, yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan dan gigitan serangga. Ia banyak ditemukan dalam ramuan herbal essential oil. Manfaat lavender juga digunakan untuk membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala, keseleo, serta sakit gigi.

Itulah beberapa tanaman hias yang bisa kita simpan di dalam ruangan. Selain membuat udara lebih segar, tampilan ruangan pun jadi terasa lebih asri.

(Jumadi)