Helo Indonesia

Tanam 8 Pohon Berikut Ini, Ular Tidak Akan Berani Masuk ke Halaman Rumah Anda Lagi

Syahroni - Ragam
Kamis, 8 Juni 2023 21:34
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - 8 jenis tanaman ini ampuh mengusir ular dari rumah anda.

HELOINDONESIA.COM - Ular merupakan salah satu reptile berbahaya yang harus dijauhkan dari lingkungan rumah Anda. Meski di alam ada beberapa predator yang siap menjadi penyeimbang populasi binatang melata ini, namun Anda bisa berjaga-jaga dengan menanam tanaman yang tidak disukai ular di rumah Anda loh.

Namun demikian, tidak ada satu tanaman ajaib yang akan menangkal semua jenis ular, catat Lindsay Hyland, pakar berkebun dan pendiri Urban Organic Yield. "Tanaman yang berbeda memiliki sifat berbeda yang mungkin menarik atau tidak menarik bagi jenis ular tertentu, jadi itu sangat tergantung pada jenis ular yang Anda coba tangkal dan di lingkungan seperti apa." Jelasnya seperti dikutip dari Bestlife Online.

Tanaman pengusir ular secara luas menyaring ke dalam salah satu dari dua kategori, menurut Georgina Ushi Phillips, DVM, seorang penulis untuk The Reptile Room dan seorang dokter hewan yang berbasis di Florida. Yang pertama adalah fisik: Mereka tidak nyaman untuk dirayapi, jadi ular menjauhi. Yang lainnya adalah penciuman: Ular menghindarinya karena baunya menyengat. Keduanya akan berhasil, tetapi teruslah membaca artikel ini untuk mendengar dari pakar hama tentang tanaman terbaik untuk mencegah ular masuk ke halaman Anda.

Baca juga: Tekokak, Tanaman Liar Ajaib yang Bisa Turunkan Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Jantung

1. Tanaman lidah mertua (Sansevieria)

Tanaman lidah mertua sudah cukup dikenal sebagai tanaman pengusir ular. Karena itu, disebagian wilayah, tanaman ini juga disebut tanaman ular bukan hanya karena kemampuannya mengusir ular, namun juga karena bentuknya yang menyerupai hewan melata itu. Penampakan ini telah memberinya suasana yang hampir bersifat mitologis, bahwa ular menjauh karena mereka takut padanya.

"Sering dikatakan bahwa penampilan visual [tanaman ini] adalah yang menghalangi ular, tetapi saya belum menemukan bukti yang mendukungnya," catat Phillips. Sebaliknya, dia mengatakan "kemungkinan daun yang tajam dan kaku" yang mendorong ular menjauhi tanaman ini.

Bonusnya adalah tanaman ular atau lidah mertua cukup mudah dalam segi pemeliharaannya. Tak salah jika tanaman ini dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk pemula yang baru mulai belajar menanam.

2. Tanaman Holly (Ilex aquifolium)

Seperti tanaman ular, tanaman holly yang dikenal karena memiliki buah beri merah dan daun berduri, dapat mencegah ular datang berkat permukaan daunnya yang tajam.

Baca juga: Bermasalah Dengan Kolesterol? Tanaman Ini Ampuh Jadi Obat

"Tekstur yang tidak menyenangkan biasanya cukup mudah untuk dihindari ular," kata Phillips. Untuk pengusir ular tambahan, dia menyarankan untuk menyebarkan daun holly di sekitar halaman Anda.

3. Krisan (Chrysanthemum)

Tanaman yang memiliki bunga cantik tidak hanya bisa memperindah halaman rumah, namun juga pengusir ular yang sangat manjur.

"Ada banyak tumbuhan yang bisa mengusir ular, tapi yang paling efektif adalah yang mengandung bahan kimia yang disebut piretrum. Bahan kimia alami ini berasal dari bunga krisan dan mematikan bagi ular." kata Hyland.

Selain ular, bunga krisan juga akan menjauhkan banyak serangga. Faktanya, menurut National Geographic, bahan kimia tersebut dapat diekstraksi dan digunakan untuk membuat insektisida alami yang disemprotkan petani pada tanaman untuk melindunginya dari tungau, semut, dan kutu daun tanpa membahayakan kesehatan siapa pun.

4. Marigold (Tagetes)

Hyland juga menunjukkan tanaman lain dengan aroma kuat yang membuat ular pergi, termasuk marigold, yang merupakan pengusir ular yang biasa digunakan.

"Marigold mengeluarkan bau yang kuat yang menurut banyak ular sangat mengganggu, jadi mereka akan menghindari area di mana bunga ini ditanam," kata Hyland. Seperti krisan, marigold juga sangat efektif sebagai tanaman pengusir serangga.

"Tanam di sekeliling taman Anda atau di area di mana Anda ingin mencegah ular," saran Benita Middleton, kepala tukang kebun di Benita's Garden Services.

Baca juga: Peneliti Temukan Rahasia Bagaimana Tanaman Herbal Kopiah Berduri Bisa Melawan Kanker

5. Apsintus

"Saat membangun taman besar di area yang terkenal dengan satwa liar ularnya, saya selalu merekomendasikan menanam apsintus di sekitar tepi teras atau sekeliling taman," kata Granger McCollough, pendiri dan CEO Elite Patio Direct, kepada Best Life. "Ular tidak tahan dengan bau apsintus."

Terlebih lagi, karena apsintus cukup besar — tanaman dapat berukuran dua hingga tiga kaki — ia juga dapat menghalangi ular secara fisik selain mengganggu indra penciumannya. Dan tanaman itu juga dikenal ampuh untuk mengusir lebah.

6. Kemangi (Ocimum basilicum)

Tanaman ini banyak dipakai pada makanan karena baunya yang luar biasa. Tapi ular, di sisi lain, menganggap bau kemangi menjijikkan. "Ular tidak tahan dengan bau kemangi. Kemangi juga bisa tumbuh di dalam ruangan jika masalah ular Anda melebihi teras atau taman Anda.," kata McCollough.

7. Bawang putih (Allium sativum)

Ketika datang ke masakan Italia, kemangi dan bawang putih berjalan seiring. Dan ternyata, keduanya juga mengusir ular. "Beberapa orang percaya bahwa bau bawang putih yang kuat mengusir ular, Menanam bawang putih di sekitar kebun Anda atau menggunakan semprotan berbasis bawang putih dapat memberikan pencegahan " jelas Middleton.

8. Sereh/ serai (Cymbopogon citrates)

Ramuan lain yang ular tidak tahan baunya adalah serai. Faktanya, seperti yang dicatat oleh Bryan Clayton, CEO di GreenPal, aroma serehnya sering digunakan dalam penolak serangga dan hewan melata.

Baca juga: Aromatherapy Minyak Atsiri Tanaman Nilam Banyak Dimanfaatkan Industri Parfum

Cara lain untuk mencegah ular masuk ke halaman Anda.

Sementara tanaman dapat membantu menangkal ular, "Jika Anda memiliki masalah terus-menerus dengan ular, mungkin sebaiknya berkonsultasi dengan ahli pengendalian hama untuk memahami tindakan terbaik untuk situasi khusus Anda," saran Clayton.

Dia juga mengatakan bahwa menjaga kebersihan halaman sangat penting. "Pemeliharaan rumput secara teratur, seperti memotong rumput dan memangkas semak-semak, mengurangi tempat persembunyian ular. Membersihkan puing-puing, tumpukan daun, dan kekacauan juga dapat membuat halaman Anda kurang menarik bagi reptil ini."