Helo Indonesia

Peta Kekuatan Dapil Jabar VII, Adu Kuat Petahana vs Caleg Artis Pendatang Baru

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 21 Agustus 2023 20:29
    Bagikan  
Prabowo dan Dedi Mulyadi
Facebook/ Prabowo Subianto

Prabowo dan Dedi Mulyadi - Prabowo Subianti dan Dedi Mulyadi sedang asyik berbincang-bincang.

HELOINDONESIA.COM - Daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta menjadi salah satu Dapil neraka bagi calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI di Pemilu serentak 2024. Pasalnya, sederet nama beken ditambah petahana akan bersaing memperebutkan kursi Parlemen di Senayan. 

Mantan Bupati Purwarta Dedi Mulyadi menjadi unggulan di Dapil Jabar VII. Dedi Mulyadi meraih lebih dari 200 ribu suara pada Pemilu 2019.

Dedi yang sebelumnya merupakan kader Golkar kini pindah ke Gerindra dan menempati urutan ke-1 di dalam daftar caleg sementara (DCS) partai berlambang garuda. 

Nama lain yaitu Politikus Gerindra asal Bekasi yang merupakan petahana, Obon Tabroni. Dalam DCS Gerindra untuk Pemilu 2024, Obon mendapatkan nomor urut 3. Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu mashur di kalangan buruh Indonesia karena dia merupakan pentolan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia. 

Baca juga: 8 Khasiat Luar Biasa Air Nabeez, Infused Water Kurma Minuman Kegemaran Nabi Muhammad SAW

Dua politisi Gerindra, Dedi dan Obon akan mendapatkan lawan sepadan di Dapil Jabar VII. Rieke Diah Pitaloka akan menjadi pesaing kuat lantaran artis tersebut sudah familiar di masyarakat. Nama panggungnya Oneng diserial Bajaj Bajuri sudah akrab di telinga pendukungnya. Riek menempati nomor urut 1 dalam DCS PDI Perjuangan. Rieke juga merupakan petahana karena masih tercatat sebagai anggota DPR RI. 

Masih dari kalangan petahana, Puteri Anetta Komarudin dari Partai Golkar kembali mentas untuk memperebutkan kursi parlemen. Setelah Dedi Mulyadi hengkang ke Gerindra, Puteri mendapatkan nomor urut 1 dalam DCS Golkar. Pada Pemilu 2019, Putri Anetta hanya meraup 70 ribuan suara.

Nama penghuni Dapil VII selanjutnya yakni Saan Mustopa yang merupakan putera asli Karawang, Jawa Barat. Sama seperti Dedi, Obon, Rieke dan Puteri Anetta, Saan Mustopa juga merupakan petahana. Dia mendapatkan nmomor urut 1 dalam DCS NasDem.

Baca juga: Bupati Dendi Terima Kasih Bedah Rumah dari IKAPTK Lampung

Nama berikutnya masih dari kalangan politisi. Menjabat sebagai presiden PKS, Ahmad Syaikhu juga kembali maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil VII Jabar. Politikus asal Bekasi, Jawa Barat itu menempati urutan 1 dalam DCS PKS. 

Beralih dari petahana, Dapil VII Jabar juga dihiasi nama dari kalangan artis, Bupati hingga mantan wartawan senior. Pertama dari kalangan artis berasal dari PAN, Verrell Bramasta menjadi sosok dari kalangan anak muda yang ikut dalam kontestasi Pileg 2024. Bersama PAN, Verrell Bramasta mendapatkan nomor urut 8.

Selain Verrel, terdapat caleg laun dari kalangan pesohor yaitu Aldi Taher. Nama mantan suami Dewi Persik sudah tidak asing lagi karena sering menghiasi acara di TV. Dia mendaftar sebagai caleg DPR RI periode 2024-2029 dari Perindo dan menempati urutan 2 dalam DCS partai besutan Hary Tanoesoedibjo.

Sosok muda selanjutnya, berasal dari kalangan kepala daerah yakni Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Cellica yang juga berprofesi sebagai dokter akan mencoba peruntungan maju ke Senayan bersama Partai Demokrat. Cellica mendapatkan nomor urut 2 dalam DCS partai berlambang bintang mercy. 

Baca juga: Perampok BPR Arta Divonis Lebih Berat dari Tuntutan Jaksa, Ini Alasannya

Selanjutnya ada nama pendatang baru dalam kontestasi Pileg 2024. Sururi Al Faruq yang merupakan kader partai Perindo. 

Sururi Al Faruq merupakan mantan wartawan senior yang juga pernah menempati jabatan Direktur Utama Seputar Indonesia (Sindo) Media di bawah naungan MNC Group. Faruq masuk dalam DCS Perindo dan menempati urutan 1.