Helo Indonesia

8 Khasiat Luar Biasa Air Nabeez, Infused Water Kurma Minuman Kegemaran Nabi Muhammad SAW

Syahroni - Ragam
Senin, 21 Agustus 2023 20:25
    Bagikan  
Air nabeez.
Tangkapan layar Youtube

Air nabeez. - Manfaat air nabeez untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Sejak beberaoa tahun terakhir, infused water mulai banyak digemari masyarakat karena rasanya yang menyegarkan dan khasiat bagi kesehatan yang dihasilkannya.

Infused water sendiri mengacu pada proses memasukkan rasa, nutrisi, dan aroma ke dalam air biasa dengan menambahkan buah, herbal, atau sayuran. Metode ini dilakukan dengan membiarkan bahan-bahan alami ini terendam dalam air, memberikan esensi dan manfaat kesehatannya.

Konsep infused water sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, dengan peradaban kuno menggunakan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan untuk meningkatkan cita rasa air dan khasiat terapeutik.

Dilansir dari Web MBD, Toby Amidor, MS, pakar nutrisi dan penulis The Greek Yogurt Kitchen melaporkan bahwa air yang diresapi buah menambah rasa tetapi sedikit kalori, menjadikannya pengganti yang baik untuk kalori lainnya.

Baca juga: 4 Jenis Air Rendaman Herbal Ini, Ampuh Mengatasi Diabetes Loh

Dari sekian banyak buah yang digunakan untuk membuat infused water, buah kurma adalah yang paling favorit. Bahkan Nanbi Muhammad SAW saja sangat menyukai infused water kurma yang biasa disebut air nabeez ini.

Biasanya Nabi Muhammad SAW membuat air nabeez dengan cara merendam kurma di dalam air selama 12 jam, kemudian meminum airnya. Sementara kurma yang telah lembut langsung beliau telan tanpa mengunyahnya.

Tidak hanya menyegarkan, air nabeez juga menyehatkan dan memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat air nabeez untuk kesehatan tubuh.

1. Mengontrol gula darah

Meski memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Buah ini justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi seseorang yang ingin membatasi asupan gula. Namun, agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

Baca juga: 14 Manfaat Kesehatan Kurma untuk Wanita Selama Siklus Menstruasi

2. Mencegah penyakit

Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, kurma diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tak hanya itu, kurma juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan, membantu meredakan iritasi di lambung, dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.

3. Sebagai sumber minuman beralkali

Air nabeez adalah minuman yang bersifat alkali. Keberadaan alkali dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Pasalnya, pH asam yang berlebihan pada tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan pengeroposan tulang. Terlebih lagi, selama berpuasa lambung kosong dalam keadaan cukup lama sehingga bersifat asam.

Baca juga: Pantas Dianjurkan Oleh Nabi, Ternyata Ini 7 Manfaat Kesehatan Kurma yang Perlu Anda Ketahui

Minum air rendaman kurma dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh berkat kandungan kandungan alkali di dalamnya

4. Melancarkan sistem pencernaan

Buah kurma adalah salah satu buah yang paling baik untuk sistem pencernaan. Begitu juga dengan air rendaman kurma yang dapat menjaga kesehatan pencernaan saat menjalani puasa.

Secara khusus, rendaman air kurma punya manfaat yang baik untuk lambung. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air nabeez bersifat alkali.

Asam lambung yang naik saat puasa merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang terjadi selama puasa. Sifat alkali pada air rendaman kurma bisa memberi manfaat menetralkan asam lambung.

Air nabeez juga diketahui dapat membantu proses pembuangan sisa metabolisme dari tubuh yang tentunya bisa melancarkan sistem pencernaan.

5. Sumber energi

Air nabeez juga terbukti punya manfaat untuk menambah tenaga saat menjalani aktivitas sehari-hari. Kurma sendiri diketahui mengandung kadar gula yang memadai untuk diolah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itu sebabnya, minum air rendaman kurma pada saat sahur bisa membantu memberikan energi tambahan.

Baca juga: Mengungkap Fakta, Manfaat Rendaman Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Mengatasi konstipasi

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma dapat berguna untuk untuk mengatasi konstipasi alias susah BAB.

Nah, minum air nabeez juga diketahui bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Susah BAB atau sembelit saat puasa adalah hal yang umum terjadi. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh perubahan pola makan dan kurangnya cairan tubuh.

7. Cegah kanker

Suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Physics menyatakan bahwa air rendaman kurma mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan sendiri diketahui sebagai salah satu zat yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa antioksidan berguna untuk menjaga kesehatan.

Selain untuk kanker, kandungan antioksidan seperti yang ada dalam air nabeez dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta membantu menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Konsumsi 10 Jenis Makanan dan Minuman Berikut Dapat Membantu Mengatasi Kanker Paru-paru

8. Membantu proses detoks tubuh

Detoksifikasi adalah salah satu metode diet untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan. Nah, air nabeez ini juga masuk dalam kategori air detoks.

Sebab , manfaat kurma yang direndam air mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, sama seperti fungsi infused water lain yang terbuat dari buah seperti lemon, stroberi, atau timun.

Dengan membuat air rendaman kurma, maka nutrisi dari buah tersebut akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman.

Proses ini disebut dengan proses difusi osmosis. Proses inilah yang membantu memunculkan manfaat air nabeez.Terlebih, kandungan kurma sarat akan nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan tak ketinggalan protein.