Cegah Kekerasan Seksual, Pertemuan Antartendik dan Mahasiswa Harus di Kampus

Sabtu, 13 Juli 2024 10:07
Ade
Ketua Satgas PPKS Helen Intania S SH MH. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Universitas Semarang (USM) membuat kebijakan pertemuan antara tenaga pendidik dengan mahasiswa atau mahasiswi harus di lingkungan universitas. Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) USM, Helen Intania S SH MH, yang mengungkapkan, kebijakan tersebut salah satu upaya untuk mencegah kekerasan seksual di kampus.

''Di Satgas PPKS sering melibatkan mahasiswa untuk membuat konten-konten pencegahan kekerasan seksual. Mereka upload di medianya masing-masing seperti tiktok, instagram, dan kita juga melibatkan UKM di USM,'' ungkap Helen, Jumat (12/7/2024)

Menurutnya, Satgas PPKS USM juga aktif memberikan edukasi untuk menambah pengetahuan mahasiswa terkaut gender melalui program perkuliahan informal yang melibatkan Radio USM Jaya dengan mengundang narasumber dari berbagai sektor.

''Kami mempunyai strategi untuk korban kekerasan seksual yang tidka berani speak up yaitu dengan melibatkan mahasiswa, kita perkenalkan hak mereka, kita jamin kerahasiaan data mereka ketika mereka lapor ke satgas PPKS. Saat proses pemeriksaan, pihak-pihak yang tidak terkait tidak bisa turut serta didalam mekanisme pemeriksaan,'' katanya.

Sanksi

Helen menambahkan, USM memiliki kebijakan tegas terhadap sanksi pelaku kekerasan seksual di lingkungan kampus seperti pencopotan jabatan bagi pegawai atau dosen hingga pengurangan grade nilai bagi mahasiswa.

''Kita selama ini tidak ada pengalaman sanksi rendah atau ringan, tapi yang kita berikan adalah sanksi sedang hingga berat. Salah satunya adalah dengan diminta untuk melepas jabatannya, kemudian yang pernah terjadi pada mahasiswa itu kita minta diturunkan grade nilainya dua tingkat,'' ungkapnya. (ADE)

Berita Terkini