Helo Indonesia

Borong 17 Trofi, SD PTQ Annida Salatiga Kembali Juara Umum Pekan Maulid Mapsi

Kamis, 28 September 2023 19:53
    Bagikan  
Borong 17 Trofi, SD PTQ Annida Salatiga Kembali Juara Umum Pekan Maulid Mapsi

Para juara Pekan Maulid Mapsi dari SD PTQ Annida Salatiga berpose bersama kepala sekolah dan guru. Foto: Ist

SALATIGA, HELOINDONESIA.COM - Salah satu ikhtiar membentuk karakter peserta didik yaitu memberi kesempatan kepada mereka mengikuti kegiatan perlombaan yang diadakan di dalam sekolah ataupun antar sekolah.

Melalui kegiatan tersebut, peserta didik diharapkan memiliki jiwa pejuang untuk berkompetisi sehingga menjadi pribadi yang tangguh serta mampu mewujudkan semangat sportivitas.

Baca juga: Tak Kunjung Padam, Helikopter Water Bombing Semprotkan Air di TPA Darupono Baru

Cara tersebut merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga untuk memupuk semangat juang dari siswa-siswinya untuk berkompetisi dengan siswa-siswi dari sekolah lain.

Sekolah yang berdiri di bawah naungan Yayasan Annida Salatiga ini intens mengirimkan putra-putrinya untuk ikut berbagai lomba, baik yang diselenggarakan secara reguler oleh kedinasan maupun kegiatan perlombaan non-reguler.

Pada hari Sabtu (9/9) lalu, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga kembali meraih predikat sebagai juara umum dalam lomba Pekan Maulid Mapsi (Mata Pelajaran dan Seni Islami) tingkat Kecamatan Argomulyo. Dalam perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD/MI se-Argomulyo ini siswa-siswi SD PTQ Annida meraih 17 trofi.

Peserta yang tampil sebagai juara, yaitu Ja’far Umar Thariq dan Qinar Rabi’a Sambasi meraih juara 1 CCQ putra dan putri, Fakhrie Shihab dan Azza Latifah (juara 1 cabang tilawah putra dan putri), Ali Abbad Aquinukalesa dan Kayyisa Roif Ihda Hasnayaini (juara 1 cabang khot putra dan putri), Fadhil Nailul Huda (juara 1 cabang tahfizh putra), Khurin In Najikha (juara 2 cabang tahfizh putri), dan M Suluh Adibrata (juara 1 cabang macapat islami putra).

Baca juga: Band Serambi Rilis Single Terbaru, Tetap Pertahankan Gaya Bermusik yang Easy Listening

Selanjutnya Aqila Akhsan Aquinukalesa (juara 1 cabang lomba karya tulis ilmiah putra), Areta Grimonia Saputra (juara 2 cabang lomba karya tulis ilmiah putri), Javier Athala Rajendra (juara 1 cabang cerita islami putra), Alsuvy Ivander Dzaky dan Hasna Mahdiyatus Salma (juara 2 cabang kaligrafi putra dan juara 3 cabang kaligrafi putri), M Ivan Maulidan (juara 1 cabang TIKI putra), Latifa Azzahra (juara 2 cabang TIKI putri), serta Zainal Muttaqin Elmakarim (juara 2 cabang pidato putra).

Atas capaian ini, sekolah tersebut berhasil membawa pulang kembali trofi Juara Umum yang diraihkan secara berturut-turut setiap tahun sejak tahun 2017.

Kepala SD PTQ Annida Moh Taijul Mubin MPd, merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya tersebut.
“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh siswa-siswi yang telah berjuang dan berlatih secara serius. Terima kasih juga kepada seluruh bapak dan ibu guru yang telah membimbing sehingga kita bisa kembali membawa pulang trofi juara umum.” tutur Mubin, dalam keterangannya, Kamis 28 September 2023.

Tingkat Kota

Selanjutnya, pada hari Sabtu (16/9) dari 17 siswa yang meraih juara 1, 2, dan 3 di atas melanjutkan perjuangannya untuk mengikuti lomba Pekan Maulid Mapsi di tingkat Kota Salatiga.

Baca juga: Harapan Penyandang Disabilitas untuk Ganjar, Jadi Presiden dan Perluas Akses Pekerjaan

Pada lomba yang diselenggarakan di tingkat Kota Salatiga ini, siswa-siswi SD PTQ Annida meraih empat trofi yaitu Aqila Akhsan Aquinukalesa yang meraih juara 1 cabang karya tulis ilmiah putra dan M Fadhil Nailul Huda (juara 1 cabang tahfizh putra), Azza Latifah (juara 3 cabang tilawah putri), dan Alsuvy Ivander Dzaky (juara harapan 3 cabang kaligrafi putra).

Atas raihan ini, maka SD PTQ Annida juga mengirimkan dua siswanya untuk maju mewakili Kota Salatiga pada lomba MAPSI di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diadakan di Magelang pada akhir bulan September nanti.

Sebagai sekolah yang belum lama berdiri, capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan. Sesuai dengan namanya, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida merupakan sekolah yang memiliki program unggulan yaitu belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Sekolah ini berdiri pada tahun 2013, sehingga pada tahun ini, sekolah tersebut telah melewati 10 tahun pertama dan mulai memasuki babak baru di 10 tahun kedua.

Baca juga: Kemendikbudristek : Guru PPPK Peluang Karirnya Tetap Terbuka, Bisa Jadi Kepala Sekolah

Pada 10 tahun pertama ini, sudah ada banyak prestasi yang diraih oleh siswa-siswi dari SD PTQ Annida ini baik prestasi akademik maupun non akademik. Selain itu, juga banyak pula prestasi capaian akademik yaitu di program hafalan Alquran. Ada banyak siswa yang sudah meraih hafalan 5 juz, 8 juz, dan ada beberapa siswa yang meraih lebih dari target.

Dalam dasawarsa pertama ini, SD PTQ Annida telah meluluskan sebanyak 5 angkatan dan mayoritas alumninya melanjutkan jenjang studinya di pondok pesantren. Sekolah ini juga telah melewati 3 orang kepala sekolah, yaitu M Anas Muttaqin sebagai kepala sekolah pertama dari tahun 2013-2015, Aswad Addu Ali Humad Al-Alim sebagai kepala sekolah kedua dari tahun 2015-2017), serta Ahmad Fikri Sabiq sebagai kepala sekolah ketiga yang menjabat dari tahun 2017-2021.

Kemudian dilanjutkan oleh kepada sekolah saat ini yaitu Moh Taijul Mubin yang menjabat sejak tahun 2021 sampai sekarang.

Selanjutnya atas permintaan orang tua dan masyarakat, sejak 2021, Yayasan Annida Salatiga mendirikan sekolah jenjang selanjutnya, yaitu SMP Tahfizhul Quran Annida. Sekolah ini memiliki program kelanjutan dari SD PTQ Annida, yaitu program hafalan Alquran.

SMP Tahfizhul Quran Annida memiliki 2 program pembelajaran, yaitu program pesantren atau boarding dan program regular atau fullday. Sekolah ini memiliki 2 sistem kurikulum, yaitu kurikulum nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah dan kurikulum pesantren yang meliputi hafalan Alquran dan materi keislaman. (Aji)