Helo Indonesia

Hari Jadi Kalsel ke-74, 24 Kegiatan Spektakuler dengan Penampilan 1.000 Penari, Oma Irama dan Padi Reborn

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
2 jam 59 menit lalu
    Bagikan  
Hari Jadi Kalsel ke-74
Gubernur Kalsel

Hari Jadi Kalsel ke-74 - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyalakan petasan karbit sebagai tanda dimulainya kegiatan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74. (ist/helokalsel)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, secara resmi meluncurkan logo dan tema serta memulai rangkaian perayaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 di Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, pada Selasa (17/7/2024) malam.

"Pada malam yang penuh kebahagiaan ini, dengan bangga kita memperkenalkan logo dan tema hari jadi serta memulai 24 rangkaian kegiatan perayaan ini," ujar Sahbirin Noor.

Ia juga menjelaskan makna dari logo dan tema yang terpilih melalui sayembara. Tema yang diangkat adalah "Niat Diganggam, Barakat Dikatam, Kalsel Babussalam."

"Tema ini mencerminkan keadaan Provinsi Kalsel saat ini dan cita-cita yang ingin diraih. 'Niat diganggam' mencerminkan keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik bagi Banua," jelasnya.

"Barakat dikatam" dimaknai sebagai kerja keras yang didasarkan pada integritas dan nilai-nilai luhur, yang diyakini akan mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Sementara itu, "Kalsel babussalam" yang menjadi bagian dari tema hari jadi, semakin memperkuat identitas yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat.

Gubernur berpesan agar peringatan hari jadi ini menjadi momentum untuk merefleksikan perjalanan pembangunan dan pencapaian selama beberapa tahun terakhir.

Malam peluncuran dan pembukaan perayaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ini diselenggarakan dengan meriah, menampilkan berbagai pertunjukan kesenian dari puluhan pelajar SMAN 5 Banjarmasin.

Beberapa acara yang pasti menarik perhatian pada perayaan Hari Jadi Kalsel antara lain, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, Musik Jazz Diatas Sungai, Gowes Park Meratus, dan Atraksi Pesawat Terbang, Lomba Paralayang Internasional.

Tidak hanya itu, Geopark Meratus Great Culture Carnival juga menjadi sorotan, serta konser musik yang akan menampilkan raja dangdut Rhoma Irama dan grup band Padi Reborn. Balapan Motor Trail dengan menghadirkan pembalap luar negeri, sinoman hadrah dengan menampilkan 1.000 orang penari.