Helo Indonesia

Pemkab Tubaba Bagikan 147 Ekor Kambing dan 15 Sapi Untuk Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 18:59
    Bagikan  
Pemkab Tubaba Bagikan 147 Ekor Kambing dan 15 Sapi Untuk Kurban

Kabag kesra Tubaba, Nurkholis (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung membagikan 147 ekor kambing dan 15 Sapi sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024.

Kepada Helo Indonesia Lampung saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (13/06/2024) Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Tubaba , Nurkholis Majid, mengatakan bahwa sumbangan tersebut merupakan program dari kegiatan Tubaba Berkurban.

"Berdasar data laporan, pada Idul Adha atau Hari Raya Kurban tahun 1445 Hijriah ini, mengalami peningkatan dari Idul Adha tahun sebelum nya, total terdapat 147 kambing dan 15 sapi dari hasil sumbangan Pegawai Pemkab Tubaba," Terangnya.

"Untuk Anggaran nya Rp.700 juta lebih hasil dari sumbangan 239 pejabat eselon II,III dan IV yang ada di pemkab Tubaba,"Terangnya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa mendapatkan hewan kurban juga dari Baznas yakni program pangan nusantara 1 ekor sapi, Bank Lampung 2 ekor Kambing, BPRS tani 2 ekor kambing, RSUD 1 ekor sapi dan dari Puskesmas se Kabupaten dapat 5 ekor sapi.

Sedangkan, lanjutnya. Untuk penyalurannya, 147 ekor Kambing didistribusikan untuk Kelurahan dan Tiyuh (Desa) se - Kabupaten Tubaba melalui masing-masing Camat. Namun pada tahun ini untuk 6 kecamatan yang berada di wilayah utara 1 tiyuh mendapatkan 1 ekor kambing kurban.

"Untuk tiga kecamatan yakni, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Tulangbawang Udik (TBU) dan Tumijajar, masing-masing Tiyuh mendapatkan 2 ekor kambing,"paparnya.

Sedangkan untuk 15 ekor sapi akan kita berikan kepada Pemda 8 ekor, MUI 1 ekor, Polres 1 ekor, Dewan Masjid Indonesia (DMI) 1 ekor, Kajari 1 ekor, Islamic Center 1 ekor dan sisanya 2 ekor Sapi diberikan untuk para awak Media Tubaba melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

"Untuk penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada hari pertama Idul Adha 1445 Hijriah. Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban di Pemkab Tubaba akan dilaksanakan pada hari Tasyrik atau hari ke tiga karena hari pertama dan kedua kita kibur," Imbuhnya (Rohman).