Helo Indonesia

Mahasiswa Ilkom USM Beri Pelatihan Public Speaking di SMKN 6 Semarang

Sabtu, 13 Mei 2023 05:59
    Bagikan  
Mahasiswa Ilkom USM Beri Pelatihan Public Speaking di SMKN 6 Semarang

Para siswa SMKN 6 Semarang berpose bersama Tim PkM Ilkom USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) memberikan Pelatihan Public Speaking di SMKN 6 Semarang pada Kamis 11 Mei 2023. Kegiatan yang diikuti 48 siswa itu menghadirkan narasumber penyiar radio dan MC, Grace Cantona.

 

Tim PkM meliputi sembilan mahasiswa yaitu Ketua Debora Pungky Cahyadewi dan anggota Nida Nur Aulawiyah, Raihan Fikri, Shyfa Prahinta Pitaloka, Salsabilla Imani Putri, Tiara Audina, Febriantika Astrid Normalita, Dvina Riska Eka Putri, dan Muhammad Khoirul Huda.

 

Wakil Ketua Kesiswaan SMKN 6 Semarang, Anies Erfan Dinarin Budiarso SPd,Gr mengatakan, pihaknya senang karena kegaiatan tersebut menambah ilmu anak didiknya.

 

“Kalau bisa kegiatan seperti ini sering diadakan di sini agar para siswa banyak pengetahuan tentang public speaking,'' kata Anies.

Aplikasi Ilmu

Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab sosial dan wadah untuk mengaplikasikan ilmu selama berkuliah.

“Pengabdian masyarakat ini adalah bentuk dari tugas mata kuliah komunikasi pembangunan. Dimana mahasiswa ditugaskan untuk terjun ke lapangan menyalurkan ilmu yang mereka dapat saat kuliah,'' ujar Edi.

 

Menurut Edi, tidak hanya diberikan materi, peserta juga dimelakukan praktik pembuatan video promosi jurusan yang diunggah pada instastory masing-masing siswa.

 

Salah satu siswa, Gabriel ini mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Sebab, materinya bagus dan penyajiannya juga menarik.

 

''Saya senang karena pembicaranya yang asyik. Kalau bisa kegiatan sering diadakan di sini,'' kata gadis yang menjabat sebagai ketua OSIS SMKN 6 Semarang.

 

Ketua Tim PkM, Debora Pungky mengatakan, kegiatan ini salah satu bentuk pengabdian mahasiswa supaya dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat. Dia berharap, kegiatan ini menambah percaya diri para siswa SMKN 6 Semarang dalam berbicara. (Aji )